Manusia dilahirkan dengan sebuah bakat dan keunikan masing-masing. Dan semua orang pasti memiliki salah satu dari jutaan bakat yang ada. Namun menemukan bakat atau passion itu perkara yang susah-susah gampang . Penahkah dalam benak kalian terbersit sebuah pertanyaan “ kok kayaknya udah umur segini tapi belum bisa menghasilkan apa-apa ya ?”. Pertanyaan yang membuat kalian merasa tidak diberkahi sebuah bakat apapun. Tidak masalah, sekarang mari ketahui apa itu passion . Passion bukan sekedar sebuah pekerjaan dimana kita bagus dalam mengerjakannya, namun sebuah keinginan untuk melakukan hal tersebut terus-menerus dengan seluruh kemampuan dan ‘cinta’ yang ada dalam diri kita.

Penyebab seseorang bingung dalam mengetahui bakatnya biasanya dikarenakan tuntutan. Ingatkah kalian saat berada di bangku sekolah, guru-guru dan orang tua berusaha agar nilai akademik baik disegala bidang? Kalian dituntut untuk selalu baik di semua bidang yang belum tentu kalian sukai, hal hasil kalian tidak memilki waktu untuk menemukan apa kesenangan kalian sebenarnya.

Penyebab lainnya, kalian terlalu terobsesi untuk menjadi terbaik di kelas. Misalnya, seorang mahasiswa jurusan ilmu komputer. Ia selalu ingin memiliki IPK diatas 3.5. Dengan berbagai usaha dia selalu ingin tampil terbaik disetiap mata kuliah. Memang pada akhirnya dia selalu mendapat IPK diatas 3.5 bahkan sampai menyentuh 4.00. Luar biasa bukan? Tapi sayangnya dia telah kehilangan sebuah kesempatan. Kesempatan untuk menemukan kesenangannya yang sebenarnya. Saat ia sedang sibuk membuktikan dialah yang terbaik dikelas dengan obsesi-obsesinya itu, orang-orang dengan ipk yang jauh lebih rendah juga sedang sibuk mencari kesenangannya. Dan menjadi terbaik dibidang yang mereka sukai.

“Seorang teman baik pernah berkata , Kamu tidak perlu selalu ‘baik’ disegala bidang. Jadilah terbaik dalam bidang yang kamu sukai.”

Menemukan passion memang perkara susah-susah gampang, kalau kamu sampai sekarang belum menemukannya belum terlambat kok, karena menemukan passion itu sama seperti mencari jati diri. Mari simak beberapa tips ini

1. Carilah sesuatu yang selalu membuatmu bersemangat

kenali kesenanganmu via https://stocksnap.io

Seseorang pasti memiliki sesuatu yang bahkan saat memikirkannya saja sudah membuat begidik dan senyum-senyum sendiri, dan tidak sabar untuk mengerjakaanya. Kalian harus menemukan sesuatu yang benar-benar mengobarkan semangat dan membuatmu merasa hidup. Sesuatu yang muncul secara utuh dalam benakmu dan tanpa ragu kamu merasa bisa mencurahkan segalanya demi hal ini.

2. Gali banyak informasi yang berkaitan dengan hal yang kamu sukai

gali informasi via https://stocksnap.io

Mengenali bakat sendiri akan membawamu pada fase dimana kamu amat sangat tertarik untuk menggali informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia yang kamu cintai. Misalnya, jika sesorang suka menggambar, ia akan mulai mencari informasi mengenai teknik menggambar, atau segala hal yang berkaitan dengan menggambar. Itu yang seharusnya kamu lakukan, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, akan semakin deras semangat yang menucur untuk berkembang dan menghasilkan sesuatu di bidang yang kamu inginkan.

3. Temukan seseorang yang selalu menginspirasimu. Your Role Model !

role model via https://stocksnap.io

Advertisement

Misalkan, jika kalian suka menulis, kalian pasti memiliki seorang penulis favorite kan? Seseorang yang selalu membuat kalian terpacu dan ingin menjadi lebih baik setiap kali membuat sebuah karya. Find your own role model .

Role Model saya adalah seorang penulis yang juga seorang programmer wanita, namanya Ollie Salsabeela. Saya benar-benar terkesan dengan kecintaannya pada buku dan dunia teknologi. Beliau salah satu penggerak startup yang memberi kesempatan penulis menerbitkan buku-buku secara gratis. Ollie, selalu membuat saya bersemangat untuk lebih banyak menulis. Jadi temukan seseorang yang membuatmu ingin lebih dan lebih lagi dalam bidang kesukaanmu.

4. Mulai Berkarya

do something via http://id.woowals.com

Jika telah siap dengan ketiga tips diatas, mulailah membuat sebuah karya. Tidak perlu yang besar cukup hal-hal sederhana. Misalkan kamu yang suka make-up, bisa memulai dengan membuat tutorial make-up versi kamu sendiri. Yang suka menulis, coba kirimkan satu dua tulisan ke media yang sesuai. Pokoknya mulai berkarya. Jangan terlalu banyak berfikir untuk mendapatkan uang dulu. Lakukan saja yang terbaik, hasilkan karya-karya terbaikmu.

5. Tekuni! Kerja Keras tidak pernah berkhianat

Advertisement

Satu hal yang perlu kalian tanamkan adalah menekuni bidang yang sudah membuat kalian bahagia walaupun banyak yang menentang atau memandang sebelah mata. Itu hal yang wajar kok. Don’t Tell Them, Show Them. selama kalian mau berproses, hal apapun bisa dilewati. Tidak pelu takut gagal dan ditertawakan orang, semua memiliki jatah gagalnya masing-masing. Kerja keras tidak pernah berkhianat.

Menemukan bakat juga perkara kalian mau atau tidak. Berada di zona nyaman belum berarti sudah menemukan passion lho ya. Bisa jadi karena kalian malas mencari tahu, dan sudah terlanjur nyaman dengan keadaan, bakat kalian terkubur begitu saja.

Percayalah, semua orang memiliki bakat! Sesuatu yang unik dari dirinya. Jangan menyerah walaupun badai menghadang sekalipun. Temukan warna di dalam diri kalian. Semoga Berhasil !

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya