Selamat Hari Kemerdekaan untuk Republik Indonesia yang ke-73, sebagai generasi penerus bangsa kita harus tetap menghormati dan memperjuangkan kerja keras para pahlawan Indonesia terdahulu, ya. #GenggamSemangatMerahPutih. Sehari setelah merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Indonesia mendapat kesempatan emas menjadi Tuan Rumah untuk Pesta Perlombaan Terbesar di Asia yaitu Asian Games yang ke 18 . Sungguh suatu kehormatan dan kebanggaan luar biasa bagi negara kita tercinta. Ini merupakan hadiah teristimewa bagi Indonesia yang sedang merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke 73. Terlebih sudah 6 hari dimulainya pertandingan Asian Games yang ke 18 untuk semua cabang olahraga dan Indonesia saat ini menempati posisi ke 5 yang artinya #MerdekaTapiPastiIndonesiaBisa.

Ayo dukung terus para atlet Indonesia untuk mengharumkan bangsa Indonesia dan merebut medali. Indonesia Pasti Bisa. Tahukah kamu makna dari kata “MERDEKA” itu bisa diartikan berbagai macam makna. Makna merdeka yang pertama adalah Merdeka untuk bangsa Indonesia yaitu terbebas dari penjajahan. Yang artinya Indonesia harus tetap bersatu Bhineka Tunggal Ika dan berjaya serta jangan lupakan dan tetap berpegang teguh dengan nilai-nilai adat ketimuran.

Dahulu, Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun lamanya dan dijajah kembali oleh Jepang selama 3.5 tahun. Pada 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dari penjajahan berkat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan Indonesia yang tak henti-hentinya berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Makna yang kedua adalah merdeka untuk diri sendiri dan keluarga. Ini sangat penting namun seringkali banyak dilupakan. Maksudnya adalah kita harus bangkit dan jangan dengarkan cemohan-cemohan yang bisa membuat diri sendiri semakin terpuruk, kita harus lawan dan berubah menjadi lebih baik serta menepis semua cemoohan yang datang dan buatlah bangga kedua orang tua kamu. Sudah sepatutnya kita harus terus menanamkan semangat patriotisme dan semangat pantang menyerah dalam diri untuk Indonesia Jaya dan Keluarga Sejahtera. 

1. Tetap Bersabar dan Jangan Dengarkan Cemoohan-Cemoohan Orang

Sabar Cobaan Pasti Akan Berlalu

Sabar Cobaan Pasti Akan Berlalu via https://www.google.co.id

Terkadang ada kalanya kita juga membutuhkan saran yang membangun dari orang lain untuk membangkitkan semangat dalam diri kita. Namun sebagian orang ada saja yang sering mencibir, menghina, bahkan mengganggap dirimu rendah. Tidak perlu kamu hiraukan, yang kamu perlukan adalah bersabarlah, kobarkan semangat, bangkit, lakukan yang terbaik, hadapi rintangan, dan jangan mengeluh apapun yang akan terjadi.

Advertisement

Jangan sampai cemohan tersebut malah membuatmu terpuruk tak berdaya sehingga kamu gagal untuk bangkit dan membuat diri dan jiwamu semakin tertekan. Ingatlah bahwa Sang Pencipta tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuanmu. Jadi, tetap jalani, yakini, dan selalu berpikir positif bahwa skenario yang telah Sang Pencipta buat adalah skenario terbaik untuk dirimu serta ada hikmah yang bisa kamu dapatkan di balik semua ujian yang telah diberikan-Nya. #KeepSpiritbeStrong

2. Jangan Takut Bermimpi, Tantang Dirimu

Tantang Dirimu

Tantang Dirimu via https://www.google.co.id

Raihlah cita-citamu setinggi langit itu adalah peribahasa yang bisa memotivasi diri untuk tetap semangat menggapai impian.Terkesan klise namun mempunyai makna tersirat yang memang benar adanya. Selagi diberikan kesehatan, punya banyak waktu dan kesempatan tak ada salahnya untuk selalu semangat meraih impian. Walaupun mungkin banyak rintangan yang menghadangmu namun jika tidak kamu kejar maka impian itu hanya akan menjadi ilusi semata.

Memang terkadang takdir berkata lain dan tidak sesuai dengan ekspetasimu namun tidak ada salahnya untuk tetap mencoba dan terus mencoba jika kamu tidak mencoba maka kamu tidak akan tahu rasanya berjuang meraih impian dan menikmati hasil dari jerih payahmu.

Advertisement

Di balik kamu mencoba ada jalan untukmu menuju impianmu. Jika kamu berhasil, maka kamu telah memberikan kebahagiaan untuk dirimu sendiri dan orang-orang yang telah menyayangimu serta berjasa untuk dirimu yaitu kedua orang tuamu. Selagi orang tuamu diberikan kesehatan dan umur panjang oleh Sang Pencipta buatlah beliau bangga dan berikan kebahagiaan yang tak ternilai harganya untuk beliau. #YouCanDoIt

3. Belajarlah dari orang-orang yang telah menginspirasi hidupmu

Kesuksesan tidak didapatkan dengan cara yang instan

Kesuksesan tidak didapatkan dengan cara yang instan via https://www.google.co.id

Ilmu bisa kamu dapatkan dari mana saja, bisa dari pelajaran yang telah diberikan guru di sekolah ataupun materi dari dosen yang telah diberikan di perkuliahan, buku-buku yang telah kamu baca, dan lain-lain. Namun yang lebih menyentuh hati adalah belajar dari pengalaman diri sendiri agar dirimu lebih berintropeksi diri akan kekurangan yang ada dalam diri yang tentunya harus diperbaiki agar tidak terulang kembali di masa yang akan datang selain belajar dari pengalaman diri sendiri kamu juga bisa belajar dari pengalaman dan pelajaran hidup seseorang yang telah membuatmu terinspirasi untuk melakukan perubahan sehingga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi kehidupan agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan termotivasi untuk berkembang menjadi dirimu sendiri.

Satu yang terpenting adalah sebanyak apapun quotes yang telah kamu baca ataupun banyaknya pengalaman hidup seseorang telah kamu dapatkan tanpa adanya dorongan dari hati nurani dan dirimu sendiri untuk berubah menjadi lebih baik, perubahan pun tidak akan bisa kamu dapatkan. Perubahan nyata menuju pribadi yang lebih baik harus dimulai dari dirimu sendiri dan kamulah yang harus menciptakannya.

4. Ingatlah Perjuanganmu Itu Atas Ridho Sang Pencipta

Do'a bisa mengubah hidupmu

Do'a bisa mengubah hidupmu via https://www.google.co.id

Jika kamu sudah sukses meraih impianmu yang selama ini kamu idam-idamkan, ingatlah karena semua hasil kerja keras, do'amu dan do'a keluargamu itu jika tidak diridhoi oleh Sang Pencipta itu semua tidak akan berhasil. Sombong tidak ada manfaatnya untuk dirimu, karena tidak akan ada yang ingin menghormatimu jika kamu pun tidak bisa menghormati orang lain. Tetap ingat Sang Pencipta di mana pun kamu berada, baik saat kamu sedang bahagia maupun saat kamu sedang sedih. Karena sebaik-baik rencana adalah rencana dari Sang Pencipta.

5. Keluarga adalah harta terbaik yang ada di dunia

Keluarga tetaplah yang utama

Keluarga tetaplah yang utama via https://www.google.co.id

Sebanyak apapun prestasi yang kamu peroleh, sekeras apapun kamu berusaha mengejar mimpi, setinggi apapun jabatanmu, sesukses apapun hidupmu tetaplah harta yang terbaik di dunia ini adalah keluarga. Keluarga yang telah mendukungmu. Bersyukurlah jika anggota keluargamu lengkap dan luangkanlah waktumu untuk menikmati keceriaan bersama keluarga. Karena mungkin sebagian orang telah kehilangan anggota keluarganya dan ingin memiliki anggota keluarga yang lengkap. Tanpa Bapak, kamu akan kehilangan sosok panutan dalam hidupmu. Tanpa Ibu, kamu akan kehilangan curahan kasih sayang yang tulus dalam hidupmu. Tanpa adik, kakak, saudara, hidupmu pasti akan terasa sepi dan tidak berwarna. Selagi ada anggota keluargamu di rumah, ayo sayangi dan cintailah mereka. Jika bukan kita yang peduli siapa lagi sebelum kamu menyesal di kemudian hari. Keluarga adalah harta yang tak bisa kamu cari dan beli dimanapun juga dan tidak ada gantinya karena #MerdekaTapiItuadalahKeluarga.

6. Yuk Ikut Kompetisi Menulis #MerdekaTapi dari Hipwee

Kompetisi Menulis #MerdekaTapi

Kompetisi Menulis #MerdekaTapi via https://www.google.co.id

Buat teman-teman yang punya passion menulis, hobi menulis, ataupun yang baru mulai menggeluti dunia menulis. Yuk ikutan kompetisi menulis #MerdekaTapi (Merdeka Tanpa Kompromi). Kamu bisa berbagai pengetahuan arti dari kemerdekaan dalam hubungan keluarga, pertemanan dan asmara kamu bisa pilih salah satu ya. Jika kamu beruntung kamu bisa dapatkan hadiah jutaan rupiah dan smartphone, lho. Yuk coba siapa tahu kamulah pemenangnya

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya