Apakah kamu sudah merdeka dengan menjadi dirimu sendiri? Kita buktikan dengan 5 pertanyaan di bawah ini untuk kau ajukan pada dirimu sendiri :

1. Apakah kamu selalu bersyukur?

thankful to make you beautiful

thankful to make you beautiful via https://www.google.co.id

Masihkah kamu merasa belum cantik? Kulitmu belum putih mulus? Pakaianmu tidak modis? Gaji tidak sesuai dengan ekspektasi? Atau bahkan kamu masih merasa kesepian, tak banyak kawan? Coba deh sekilas kita introspeksi diri, renungkan dan rasakan. Jangan memandang sesuatu pada satu titik tapi kita pandang dari berbagai sudut.

Untukmu yang masih belum bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang baik itu fisik maupun lainnya. Cobalah untuk menjadi diri sendiri. Jangan malu mempunyai wajah yang sederhana, jangan malu mempunyai kulit hitam, jangan mengeluh dengan gaji yang tak seberapa, jangan malu kita berasal dari mana ataupun keluarga kita bagaimana.

Advertisement

Karena menurutku seseorang terlihat cantik tidak hanya dari paras, tapi bisa terlihat cantik hanya karena dia percaya diri, karena dia sopan dan anggun, karena dia selalu tersenyum, karena dia berani beda atau bahkan karena dia selalu bersyukur dengan apa yang dia punya sekarang.

Untukmu jangan malu untuk menjadi diri sendiri karena dirimu begitu berharga, jika tidak dimerdekakan.

Advertisement

2. Sudahkah pekerjaanmu sesuai dengan minatmu?

stress, crazy or boring

stress, crazy or boring via https://www.google.co.id

"Jika hobi sudah mulai mengganggu pekerjaanmu maka keluarlah dari pekerjaanmu", sebuah penggalan dari buku Catatan Juang karya Fiersa Besari. Apakah kamu takut tidak lagi mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Atau kamu takut mengecewakan orang tuamu? Dan ketakutan lainnya yang membuatmu semakin berjibaku untuk tetap bertahan pada satu titik.

Hingga akhirnya kamu masih berkutat pada pekerjaan yang membuatmu bosan bahkan stres karena kamu tidak begitu menikmatinya. Sedangkan hobimu semakin menarik perhatian untuk kamu kerjakan.

Tidakkah kamu nantinya penasaran dengan keputusan-keputusan yang sempat tertuang namun kau urungkan? Tua itu pasti, namun dewasa belum tentu pasti. Jangan melihat alasan namun carilah jalan. Buktikan pada mereka bahwa keputusanmu adalah yang terbaik. Karena mereka yang benar-benar mencintaimu dengan tulus tidak akan meninggalkanmu begitu saja apalagi ketika kamu sedang terjatuh.

Jangan takut untuk menelurkan ide meski kadang terlihat gila dan jangan takut mengambil keputusan meski kadang terasa menyakitkan. Percayalah apapun idemu maupun keputusanmu itu, akan selalu ada seseorang yang setia mendukungmu bahkan mendoakanmu kapanpun itu. Jadi maukah kamu merdeka dari deadline pekerjaan yang tiada tara?

3. Masihkah kamu diam dan malu untuk berpendapat?

don't be shy to argue

don't be shy to argue via https://www.google.co.id

Yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang-orang yang bodoh namun pandai berbicara dan orang-orang yang pandai namun bodoh dalam berbicara. Menjadi pendiam itu bukan suatu kesalahan namun pura-pura diam saat kebenaran tenggelam itu adalah ancaman. Aku yakin kita sudah dewasa dan tahu mana yang baik dan benar.

Janganlah kau sembunyikan kebenaran hanya untuk materi apalagi popularitas. Untukmu pemuda keluarkan pendapatmu, pancarkan ide cemerlangmu dan kita lawan secara bersama pembunuh kebenaran. Berani mengutarakan berarti menyelamatkan kebenaran, karena dengan pikiran yang merdeka, kebohongan akan sirna.

4. Sudahkah kamu move on dari masa lalu?

come on move on

come on move on via https://www.google.co.id

Aku tahu move on itu tidaklah mudah, semua itu butuh proses. Kamu tidak harus melupakan kok, kamu hanya butuh sedikit ruang kebebasan agar pikiranmu tidak tersudut pada satu titik. Buatlah ruangan lainnya yang menyenangkan bahkan bermanfaat sekalipun.

Karena secara perlahan kamu akan disibukan dengan beberapa ruangan kebebasan yang membuat waktumu tersita hingga akhirnya ruangan satu titik itu secara perlahan sudah kamu tinggalkan.

Mungkin kamu suka menangis semalaman namun saatnya kamu harus bisa tertidur nyenyak karena kelelahan menikmati hari yang menyenangkan. Awalnya menyapa pagi pun enggan sekarang mentari pun selalu rindu akan senyumanmu.

Sebelumnya kemana-mana sendirian namun setelah itu kamu merasa bebas tertawa bersama orang tercinta. Dulu selalu menatap nanar kebahagiaan orang lain dan sekarang justru kamu yang menciptakan kebahagiaan itu.

Masa depan yang sukses adalah berkat pembelajaran dari masa lalu. Merdekalah dari masa lalu untuk berdamai dengan masa depan.

5. Masihkah kamu ingin menjadi orang lain?

you're unique

you're unique via https://www.google.co.id

Menurutku sungguh miris ketika ada orang ingin menjadi orang lain hingga operasi plastik. Padahal menjadi diri sendiri itu sangatlah menyenangkan. Memang sih ada kalanya menjadi orang lain itu menyenangkan, akan tetapi ketika kamu menjadi orang lain sesungguhnya kamu hanya berdamai dengan orang lain, tidak dengan dirimu sendiri.

Bukankah ketika dirimu ingin menjadi orang lain itu, berarti orang lain itu sedang menjajah dirimu sendiri?

Untukmu, kamu cantik dengan kamu menjadi diri sendiri. Kamu hebat dengan kamu tidak malu menjadi diri sendiri. Kamu begitu berharga untuk dirimu sendiri. Kamu berhak menjadi diri sendiri karena kamu berhak merdeka.

Jangan takut tak ada cinta yang menyapa karena kekuranganmu. Karena suatu saat akan datang dia yang mampu membuatmu tersenyum setiap harinya dan dia mencintaimu karena dirimu yang berbeda yang tak dimiliki oleh orang lain. Come on merdeka dari pikiran yang sempit guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya