Umat Muslim mana yang nggak pengin mengunjungi Tanah Suci minimal sekali seumur hidup? Semua pasti mempunyai keinginan itu!  Mewujudkan keinginan itu sekarang ini mudah saja. Apalagi kalau bukan dengan umrah, karena untuk haji, kamu harus menunggu sekitar 5-8 tahun bahkan belasan tahun demi nomor antrian.

Umrah sekarang ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Kemudahan yang ditawarkan umroh untuk berkunjung ke Tanah Suci, melakukan ibadah, ziarah hingga wisata membuat banyak orang tertarik melakukannya. Tak jarang ditemui ada yang melakukan umrah rutin tiga tahun sekali bahkan setahun sekali! Warbiyasak!

Melaksanakan umrah pun nggak mesti nunggu sudah tua, selagi masih muda kenapa nggak melakukannya? Mau pergi bareng teman, keluarga, sendiri atau dengan kekasih halal pun bisa dilakukan kapan saja, yang diperlukan adalah rencana yang matang, kesiapan finansial serta fisik.

Nah, bagaimana kalau ini kali pertama kamu umrah? Mendebarkan sekaligus exciting pastinya! Apalagi jika kamu diminta oleh keluarga, teman atau si dia untuk mengurus segala persiapan umrah, duh harus mulai dari mana?

Jangan panik dulu dan lakukan 7 langkah ini agar perjalanan umrah kamu yang pertama ini nyaman dan berjalan lancar.

1. Berapa banyak orang yang akan melakukan umrah

Berapa banyak yang akan umroh

Berapa banyak yang akan umroh via http://google.com

Ini adalah hal yang paling mendasar karena setelah tahu jumlah orang yang akan berangkat, kamu akan lebih mudah lanjut ke langkah berikut. Tentunya jumlah orang yang akan umrah akan sangat memengaruhi bujet dan pilihan jenis paket umrah.

2. Kenali dulu jenis paket umrah, biar kamu nggak salah pilih

Kenali dulu jenis paket umroh

Kenali dulu jenis paket umroh via https://www.pexels.com

Ternyata ada 3 jenis paket umrah yang mesti kamu tau agar rencanamu bisa teroganisir dengan baik.

Advertisement
  • Jenis paket umrah berdasarkan kapasitas kamar hotel
  • Jenis paket umrah berdasarkan waktu keberangkatan
  • Jenis paket umrah berdasarkan biaya

3. Pilihlah agen travel terpercaya dan jangan mudah terlena dengan harga murah

Pilih agen travel umroh

Pilih agen travel umroh via https://www.pexels.com

Sejak kasus First travel dan Abu tour travel, kamu harus lebih jeli lagi dalam memilih agen travel untuk perjalanan umrah. Rata-rata untuk harga termurah ada di angka 19 juta, nah kalau kamu menemukan di bawah itu, mending hati-hati.

Memilih agen travel ini memang sedikit membingungkan. Karena sekarang ini banyak banget agen travel yang menawarkan perjalanan umrah dengan berbagai macam paket dan fasilitas. Dua hal yang penting dalam memilih agen travel, kamu harus ngecek apakah agen travel tersebut sudah terdaftar di kementrian agama dan perhatikan track record mereka.

Advertisement

Untuk referensi agen travel umrah kamu bisa bertanya ke teman atau saudara yang sudah pernah umrah, googling, searching di media sosial seperti di Instagram dengan hestek #travelumroh ataupun ke beberapa marketplace umrah yang menawarkan beragam kemudahan bagi jamaah.

Dari beberapa referensi di atas, kamu akan punya perbandingan untuk memilih dan menyesuaikan dengan bujet tentunya.

4. Bujet untuk umrah

Susun bujet umroh

Susun bujet umroh via https://www.pexels.com

Bagian ini yang paling penting. Jika kamu tau berapa banyak yang akan berangkat, juga pilihan paket maka akan dengan mudah menentukan jumlah yang harus dibayarkan. Kalau belum punya uang sekarang, nggak masalah! Sisihkan tiap bulan dari gaji semampumu atau minimal 10%. Atau ada juga lho agen travel umroh yang menawarkan cicilan per bulan dan dibayarkan via bank syariah.

Atau kamu bisa nabung emas untuk umroh yang lagi hits belakangan ini. Beberapa institusi seperti Pegadaian, bank syariah menawarkan pilihan ini demi memudahkan melaksanakan umrah. Selain itu, kamu juga harus bujeting uang pegangan selama umrah. Seperti uang untuk beli oleh-oleh, makanan, atau ada biaya tambahan yang mendadak.

5. Melengkapi persyaratan administrasi

Urus paspor segera mungkin untuk kelancaran umrah

Urus paspor segera mungkin untuk kelancaran umrah via https://www.pexels.com

Persyaratan administrasi yang wajib itu memiliki paspor dan visa.

Sekarang ini, mengurus paspor dimudahkan dengan sistem online. Kamu hanya perlu mendaftar, melengkapi surat-surat lalu datang ke kantor imigrasi untuk penyerahan kelengkapan surat, pembayaran dan foto. Yang sedikit ribet itu mengurus visa, nah ini bisa kamu hubungi agen travel untuk mengurusnya.

6. Perlu kamu tahu hal-hal yang nggak boleh dilakukan selama berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Masjidil Haram

Masjidil Haram via http://www.google.com

Beberapa waktu lalu pemerintah Arab Saudi mengeluarkan surat edaran ke seluruh negara yang isinya melarang jamaah untuk mengambil swafoto di area Masjid Haram. Alasannya adalah demi kenyamanan jamaah lain untuk beribadah.

Ini penting banget yes untuk kamu tahu. Ada baiknya selama di Masjid, ponselnya disimpan dulu dan konsentrasi untuk beribadah. Toh, foto-foto bisa kamu lakukan di area di luar masjid. Jangan hanya karena konten Instagram atau Facebook kamu mengganggu orang lain yang tengah beribadah, ya.

Selain larangan swafoto, dilarang juga untuk bersenda gurau selama berada di dua tempat suci ini. Kalaupun kamu harus terpaksa untuk berbicara, usahakan dengan volume kecil.

7. Jaga kesehatan, karena di sana fisik kamu harus fit agar ibadahnya berjalan lancar

Jaga kesehatan

Jaga kesehatan via https://www.pexels.com

Bagian ini penting banget, karena ketika kamu sudah siap untuk berangkat tapi kondisi fisik lemah, sudah pasti nggak akan diizinkan. Oleh karena itu, jaga terus kesehatan agar bisa fit saat akan melakukan umrah. Ingat, di Mekah dan Madinah kamu akan menjalani serangkaian ibadah yang cukup menguras tenaga. Ditambah lagi cuaca di Arab Saudi sangat terik jadi dibutuhkan kondisi fisik yang prima saat akan melakukan umrah.

Mulai sekarang perhatikan pola makan kamu. Kurangi junk food, perbanyak makan buah, sayuran dengan porsi seimbang, dan lakukan olahraga agar ketahanan tubuh kamu bisa kuat!

Gimana, nggak khawatir lagi kan untuk merencanakan umroh pertama kali? Yakin deh bahwa kamu bisa and let’s God do the rest!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya