#MimpiMasaMuda-Selain Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah, Berikut 5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Mencegah Penyakit Anemia Secara Alami

Makanan untuk mencegah penyakit anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Akibatnya kepala terasa pusing, badan lemas dan lesu sepanjang hari. Sebagai orang yang pernah  mengalami anemia, hal tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama untuk saya yang sedang semangat dalam proses meraih mimpi. Jika tiba-tiba anemia menyerang saya biasanya hanya mengkonsumsi TTD saja dan istirahat cukup. Namun ternyata itu hanya menghilangkan pusing saja tidak benar-benar menyembuhkan penyakitnya.

Seperti yang telah di sampikan Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, dalam puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-61tanggal 25 januari 2021. bahwa berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32%, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik.

Pernah dengar slogan “lebih baik mencegah daripada mengobati” ? Menurut saya slogan tersebut sangat tepat untuk pedoman kita dalam hal kesehatan. Karena kesehatan adalah hal yang sangat penting dan tidak ternilai harganya. Oleh karena itu mari kita sama-sama belajar untuk mencegah penyakit anemia dan penyakit-penyakitnya lainya dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan  makanan yang bergizi secara seimbang.

Berikut 5 jenis makanan yang mengandung banyak zat besi sehingga baik dikonsumsi untuk membantu produksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah :

Advertisement

1. Daging Merah

Photo by mali maeder from Pexels

Photo by mali maeder from Pexels via https://www.pexels.com

Selain memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, daging merah bisa menjadin obat alami untuk mencegah anemia. Sebab daging merah mengandung zat besi yang mampu meproduksi kembali sel darah merah dalam tubuh. Daging merah umumnya terdapat pada hewan sapi, kambing, domba dan kuda.

2. Kacang – Kacangan

Photo from google

Photo from google via http://google.com

Kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga bagus untuk mencegah kondisi anemia. Seperti: kacang hijau,kacang tanah, kacang kedelai dan kacang merah.

Advertisement

Salah satu contoh olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai adalah Tahu Dan Tempe. Selain enak tahu dan tempe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena merupakan sumber tiamin, kalsium dan magnesium untuk tubuh. Kalasium ini lah yang berperan penting untuk pembentukan haemoglobin.

3. Buat Bit

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels via https://www.pexels.com

Buah dengan warna merah pekat ini selain mengandung zat besi juga memiliki vitamin C. Kedua vitamin dari buah ini sangat baik untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu regenerasi sel darah merah. Karena tidak semua orang suka dengan baunya yang sangat tajam mengolah buah bit ini bisa di jus dan dicampur dengan buah lainya seperti nanas dan buah lainya.

4. Telur

Photo by Trang Doan from Pexels

Photo by Trang Doan from Pexels via https://www.pexels.com

Telur Ayam merupakan makanan yang sangat mudah dijumpai. selain rasanya yang enak, telur memiliki kandungan protein dan zat besi yang baik untuk menambah sel darah merah. proses mengolah telur juga sangat mudah. bisa digoreng atau direbus untuk sarapan pagi.

Advertisement

5. Sayuran Hijau

Photo from google

Photo from google via http://google.com

Sayur hijau khusunya bayam dan brokoli mengandung banyak zat besi yang baik untuk mengobati anemia secara alami. Bahkan dalam satu cangkir bayam rebus dapat memenuhi kebutuhan zat besi satu orang untuk per harinya.

Selain 5 jenis makanan tersebut, tentu masih banyak makanan lain yang banyak mengandung zat besi baik untuk mencegah dan menggobati anemia. Semoga kita semua terhindar dari penyakit anemia maupun penyakit lainya. Sehingga bisa melakukan banyak aktivitas dalam proses meraih #MimpiMasaMuda dengan maksimal dan mendapatkan hasil terbaik.

 

#MimpiMasaMuda #SehatSamaSama #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE