Mini Menggemaskan dan Ramah Lingkungan, Ayo Kita Kenalan dengan Mobil Wuling Air Ev 2022!

Perubahan iklim semakin meresahkan dan emisi karbon menjadi salah satu penyebab utamanya. Kita pasti pernah kepikiran tentang isu lingkungan yang kian hari makin ramai diperbincangkan. Ternyata nggak hanya kita saja yang juga peduli tentang isu lingkungan, tetapi PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia juga peduli. Perusahaan asal Tiongkok ini meluncurkan mobil listrik Air Ev dibulan Agustus 2022. Kabar baiknya lagi, Wuling juga memiliki pabrik di kota Bekasi.

Kata orang nggak kenal maka nggak sayang, ayok kita kenalan dengan mobol Wuling Air EV 2022.

ADVERTISEMENT

1. Ukuran Mini

wuling air ev

wuling air ev via https://www.kompas.com

Pertama kali melihat tampilan Wuling Air Ev ini pasti kita akan terkagum-kagum dengan ukurannya yang mini dan menggemaskan untuk sebuah mobil. Desain yang compact ini sengaja dibuat agar lebih gesit saat dijalanan. Memiliki tinggi 1.621mm, lebar 1.493 mm, dan panjang 2.917 mm akan memudahkan kita untuk memarkir kendaraan.

Selain itu dengan bentuk yang ramping juga memungkinkan kita untuk melakukan zig-zag di jalanan yang macet. Kabar baiknya lagi, dengan ukuran mini maka biaya operasional dan biaya perawatan akan lebih murah jika dibandingkan dengan mobil berukuran besar. Terlebih untuk bahan bakar memakai listrik.

ADVERTISEMENT

2. Dilengkapi Smart Start System

wuling air ev

wuling air ev via https://www.tempo.co

Selain memiliki ukuran yang menggemaskan, Wuling Air Ev 2022 juga memiliki fitur Smart Start System yang akan memudahkan kita untuk menyalakan mobil tanpa harus memutar anak kunci. Cukup membawa kunci mobil lalu membuka pintu dan menginjak rem. Lalu kita tunggu pemberitahuan pada layar meter cluster yang bertuliskan ready.

Kemudian kita bisa memutar knop tranmisi ke Drive (tranmisi yang digunakan untuk jalanan landai) atau Reverse (membuat mobil bergerak mundur), lalu pastikan fitur Electric Parking Brake tidak aktif, dan mobil siap untuk melaju.

ADVERTISEMENT

3. Memiliki Fitur Easy Charging

wuling air ev

wuling air ev via https://www.liputan6.com

Sebagai mobil listrik tentu sangat penting untuk memperhatikan pengisian daya baterai. Wuling Air Ev memiliki fitur Easy Charging yang akan memudahkan kita untuk mengisi daya baterai dengan cepat. Selain itu  kita juga dapat mengisi daya baterai di rumah dengan catatan daya listrik yang kita miliki minimal 2.200 watt.

Pasalnya Wuling Air Ev membutuhkan daya sebesar 2200 watt dengan kisaran waktu 7 sampai 8 jam. Tetapi jika diisi dengan daya 3.300 watt maka hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Penggunaan bahan bakar listrik sangat membantu kita untuk mengurangi jejak karbon hingga 50 persen.

Jika kita memakai 1 liter bensin maka kita akan mengeluarkan 2,4 kilogram CO2. Dan 2,4 kilogram CO2 ini setara dengan 1,2 kwh listrik. Jatuhnya lebih murah dengan bahan bakar listrik dari segi biaya dan ramah lingkungan untuk bumi kita.

ADVERTISEMENT

4. Terdapat Fitur Pintar IoV dan WIND

wuling air ev

wuling air ev via https://autoride.co.id

Mobil listrik satu ini juga dilengkapi dengan IoV atau Internet of Vehicle yang mendukung Wuling Indonesian Command (WIND). Dengan adanya fitur IoV, kita dapat mengakses dan mengontrol mobil lewat aplikasi MyWuling+ dari smartphone kita.

Pastikan menginstal aplikasi MyWuling+ terlebih dulu. Melalui aplikasi kita dapat menyalakan dan menghidupkan AC mobil dari hp, memutar musik, dan juga mengetahui poisisi kendaraan kita. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan fitur WIND untuk mengakses musik, membuka jendela, mengtaur volume, atau bahkan menelepon dengan perintah suara kita.

ADVERTISEMENT

5. Dibekali Fitur Keselamatan ABS dan EBD

Fitur keselamatan juga menjadi bagian penting yang harus kita perhatikan sebelum membeli mobil untuk itu pula Wuling Air Ev melengkapi mobil dengan ABS atau  Anti Lock Brake System yang berfungsi untuk meningkatkan kemanan dan keselamatan saat berkendara terlebih saat kita melakukan pengereman mendadak atau saat jalanan licin agar mobil tidak ngepot atau selip.

Selain ABS, Wuling Air Ev juga dilengkapi dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang berguna untuk mengatur tekanan rem agar tekanan merata dan sesuai dengan beban kendaraan. Dengan begitu keselamatan kita mengendarai mobil akan lebih terjamin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Live a life, no drama