Minum Susu Itu Menyehatkan Sekaligus Membawa Petaka #MimpiMasaMuda

Tak selamanya minum susu itu sehat

Katakan TIDAK pada ANEMIA!

Di era yang serba modern ini negara Indonesia mendapat sumbangan angka sebesar 26% dari remaja putri yang menderita anemia dan 17% dari remaja putra. Mungkin saya termasuk salah satu remaja putri yang menyumbang angka anemia pada masanya. Sungguh tidak enak, jangankan berlari untuk mengejar mimpi, berdiri lama saat upacara bendera, saat mandi, bahkan berdiri saat memasak bisa membuat saya pusing dan terduduk lemas.

Lambat laun saya mulai mengerti apa yang salah pada tubuh ini, kemudian saya pelajari sampai kondisi tersebut tidak pernah terjadi lagi pada tubuh saya. Bukan lagi sekedar berdiri saat upacara bendera, mimpi untuk berada dialam indah yang tak terjamah, melihat langsung negeri diatas awan, dan lembutnya angin malam dipuncak gunung akhirnya dapat saya rasakan.

Bayangkan bila anemia itu tidak secepat mungkin saya atasi, pasti saya belum bisa mendaki gunung melewati lembah untuk meraih mimpi. Oleh karena itu, anemia sudah menjadi salah satu faktor penghambat bagi kaum millenial dalam meraih mimpi atau cita-cita mereka, sehingga anemia ini harus dicegah dari usia remaja.

Advertisement

1. Hah, separah itu, kok bisa?! Emang anemia itu apaan sih?

thinking

thinking via http://pixabay.com

Anemia adalah suatu keadaan di mana kadar hemoglobin (Hb) didalam darah seseorang lebih rendah dari nilai normalnya yang berbeda sesuai umur dan jenis kelamin. Dengan bahasa sederhananya bahwa anemia itu adalah kondisi ketika tubuh seseorang dalam keadaan kekurangan darah. Sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang ringan hingga berat.

2. Bagaimana bisa darah dalam tubuh berkurang?

drink milk

drink milk via http://pixabay.com

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh kehilangan darah seperti penyebab langsung diantaranya kecelakaan berdarah, pendarahaan hebat, menstruasi, peradangan akut dan kronis, infeksi parasit, dan kelainan bawaan yang mempengaruhi sintesis hemoglobin.

Advertisement

Serta penyebab tak langsung yaitu tidak peduli terhadap kesehatan tubuh, kurangnya pengetahuan tentang anemia, kurangnya asupan makanan yang bergizi terutama asupan zat gizi besi, dan kebiasaan makan yang salah.

3. Lalu bagaimana cara mengetahui tubuh kita kekurangan darah?

pelajar sedang pusing

pelajar sedang pusing via http://pexels-andrea-piacquadio-3808016

Nah, kalau kita mengalami anemia maka secara spontan tubuh kita akan mengeluarkan tanda-tanda seperti sering pusing, mata berkunang-kunang, badan mudah letih, lesu, lunglai, lemah, dan wajah, kelopak mata, bibir, telapak tangan, hingga kulit terlihat pucat.

Namun, untuk lebih memastikannya kita bisa mendatangi klinik kesehatan untuk melakukan tes laboraturium yaitu tes hemoglobin (Hb) pada darah. Dimana kadar normal Hb yaitu 12-15gr/dl untuk wanita remaja, 13-17gr/dl untuk remaja pria, dan ≤ 11 gr/dl untuk wanita hamil.

Advertisement

4. Lantas apa hubungannya anemia dengan susah meraih mimpi?

Anemia dengan sangat jelas menyusahkan kita dalam meraih mimpi, bahkan pada titik tertinggi bisa menguburkan mimpi kita. Alih – alih untuk meraih prestasi pendidikan hingga bermimpi menjadi pilot, dokter, pengusaha, hingga sederet mimpi lainnya, untuk belajar dengan konsentrasi saja tidak bisa, sering pingsan, dan bahkan ada yang rutin masuk rumah sakit tiap bulan untuk tambah darah. Bagaimana mau meraih mimpi bila kondisinya sudah seperti ini? Menyedihkan bukan?

5. Bisa nggak anemia disembuhkan?

Bisa. Anemia sangat bisa diatasi bahkan bisa dicegah sebelum dia menyerang kita dengan melakukan beberapa cara berikut ini :

Peduli terhadap kesehatan tubuh sendiri.

Dengan peduli terhadap tubuh sendiri sehingga kita dapat mengetahui hal-hal atau perubahan yang terjadi pada tubuh termasuk untuk merasakan dan mendeteksi gejala awal dari anemia. Sehingga kita dapat mencegah anemia sebelum menimbulkan risiko yang besar.

Konsumsi tablet tambah darah.

Ini adalah jalan alternatif instan pada penderita anemia untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuhnya namun, tidak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi oleh siapa saja sebagai penjaga kadar hemoglobin tubuhnya untuk tetap normal. Sesuai anjuran pemerintah remaja putri diharuskan mengkonsumsi satu tablet tambah darah setiap minggu dan ibu hamil wajib mengkonsumsi minimal 90 tablet tambah darah selama kehamilannya.

Menggali pengetahuan gizi terkait anemia dan menerapkannya.

Ini menjadi poin terpenting dalam mengatasi dan mencegah anemia. Sebab gizi sangat berperan dalam anemia, mulai dari produksi hemoglobin darah oleh zat gizi besi, hingga penyerapan zat gizi besi yang dapat meningkat atau bahkan dapat dihambat oleh zat gizi lainnya. Oleh karena itu, anemia disebabkan karena kekurangan zat gizi mikro. Dengan kata lain, anemia merupakan suatu masalah gizi. Zat gizi besi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi pangan yang mengandung tinggi zat besi seperti hati sapi, daging sapi, daging ayam, ikan, kacang merah, kacang polong, kacang tanah, tempe, serta sayuran hijau seperti daun singkong, brokoli, bayam dan sawi hijau.

Namun, harus SoHip ketahui jangan pernah mengkonsumsi tablet tambah darah atau memakan makanan yang mengandung zat gizi besi bersamaan dengan minum teh, kopi, susu, atau konsumsi coklat sebab bahan makanan ini mengandung zat yang akan menghambat penyerapan zat besi, alhasil PERCUMA dong!

Alangkah lebih baik SoHip mengkonsumsi tablet tambah darah atau memakan makanan yang mengandung zat gizi besi, dibarengi dengan konsumsi sumber Vitamin C seperti buah jeruk, pepaya, jambu biji, dan sumber Vitamin C lainnya karena Vitamin C akan meningkatkan proses penyerapan zat besi tersebut

Jangan seperti saya, alih-alih ingin tubuh yang sehat jadi mau makan apapun dan dimanapun minumnya tetap susu atau setidaknya yang mengandung susu. Yaaa hasilnya secara tak kasat mata tubuhpun kekurangan hemoglobin, tapi itu dulu, sebelum punya pengetahuan tentang gizi.

Yoook SoHip kita ubah kebiasaan makan yang selama ini memicu anemia. Mulai dari sekarang jangan lagi pesan es teh saat makan bakso atau mie ayam lebih baik pesan es jeruk. Jangan lagi pesan milkshake atau capuccino saat makan steak, lebih baik pesan jus jambu biji.

Anemia Pergi Prestasi Datang!

#MimpiMasaMuda #SehatSamaSama #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang perempuan yang terlahir berdarah Minang, tumbuh dan besar mengikuti alur yang terbentang hingga menggeluti profesi sebagai tenaga kesehatan namun, tidak melupakan perjalanan menuju keabadian.

CLOSE