#MudaBerkarya – Buat Dirimu Lebih Baik Lagi dengan 6 Cara Ini!

Langkah Sederhana Memulihkan Diri dari Bad Mood

Siapapun pasti pernah merasa bahwa dirinya belum mampu untuk melakukan yang terbaik. Bisa jadi karna kamu sedang tidak mood, tertekan, stress, atau sedang kehilangan motivasi. Tentu saja semua hal itu, membuatmu semakin sulit kembali merasa baik. Ketika kamu sedang terpuruk atau stress mungkin kamu bisa mencari atau melakukan sesuatu yang dapat mengembalikan mood-mu.

Nah, ini adalah beberapa cara simpel yang jika kamu terapkan dapat membuat dirimu merasa lebih baik.

Advertisement

1. Rehatlah Sejenak

freepik.com

freepik.com via https://www.freepik.com

Terkadang meninggalkan begitu saja beberapa hal selama beberapa menit bisa membantumu saat sedang merasa stress, tertekan, atau penat. Tinggalkan saja yang sedang kamu kerjakan (tapi kalau yang lagi masak, tolong dimatikan dulu ya kompor di dapur). Beri dirimu sejenak waktu untuk memikirkan sesuatu yang lain

Riset membuktikan bahwa mengambil sedikit waktu untuk istirahat sejenak dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus.

Advertisement

Salah satu penelitian membuat perbandingan sebelum dan sesudah terhadap orang-orang yang biasanya tidak mengambil waktu untuk rehat. Mereka diberi waktu sekitar 5 menit untuk melakukan beberapa aktivitas diluar pekerjaannya seperti mendengarkan musik atau hanya sekedar duduk diam seraya memikirkan sesuatu. Dan hasilnya menunjukkan bahwa setelah mereka mengambil waktu untuk rehat selama 5 menit tadi membuat kinerja mereka dalam bekerja menjadi lebih meningkat dan fokus.

2. Cobalah Untuk Berjalan-jalan Santai

freepik.com

freepik.com via http://https

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menyarankan untuk orang dewasa diatas usia 18 tahun berolahraga sekitar 150 menit dalam satu minggu. Berjalan-jalan atau bergerak setidaknya setidaknya lebih dari 20 menit sehari tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga mampu untuk mengurangi depresi dan meningkatkan mood.

Advertisement

Jalan kaki/berjalan cepat disekitar rumahmu bisa menjadi cara baik untuk memulai harimu.

Selain mendapat keuntungan dari olahraga, berada diluar rumah di antara alam yang alami bisa menciptakan kesehatan mental karena bisa terhindar dari kebiasaan merenungi hal negatif yang bisa membuatmu down. 

Jadi, jika kamu ingin pikiran yang cerah dan perasaan yang baik. Sisihkan waktumu untuk berjalan-jalan menghirup udara segar di pagi hari.

3. Nyalakan musikmu

freepik.com

freepik.com via http://https

Mendengarkan musik adalah kegiatan yang menyenangkan. Mendengar musik juga terbukti memiliki keuntungan bagi psikologis sehingga mampu memperbaiki mood.

Penelitian juga membuktikan bahwa memdengarkan lagu-lagu yang ceria dapat meningkatkan kebahagiaan dan mood dengan cepat.

Lain kali, saat kamu merasa down. Putar saja musik favoritmu!

4. Lakukanlah sesuatu yang baik untuk orang lain

freepik.com

freepik.com via http://https

Membantu orang lain adalah kebiasaan kita dalam kehidupan bersosial. Tentu saja hal ini bisa memunculkan mood yang baik dalam diri kita. Entah itu pada keluarga, tetangga, teman, atau menjadi sukarelawan untuk sebuah kegiatan. Melakukan hal yang baik untuk orang lain, bisa meninggalkan kesan positif untuk emosimu.

Jika kamu bingung memikirkan kira-kira apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu teman, keluarga, tetangga, atau komunitas. Mungkin beberapa cara ini bisa membantumu, misalnya :
– Membawakan makanan untuk teman yang membutuhkan.
– Berpartisipasi saat ada tetangga yang sedang menyiapkan acara atau yang sedang kerja dihalaman rumahnya.
– Membuat donasi online untuk penggalangan dana.

Tentu saja semua contoh di atas, bisa membuat kita menjalin ikatan sosial yang sudah pasti bagus untuk sehatan mental dan meningkatkan moralitas.

5. Bercerita Bersama Teman Dekatmu

freepik.com

freepik.com via http://https

Ketika dirimu terjebak dalam pikiran yang negatif. Meluangkan waktu untuk menghubungi atau bercerita langsung dengan teman baikmu  sudah cukup untuk membuat perasaanmu lebih baik. Dukungan sosial juga adalah kunci untuk emosional yang baik dan dapat menghindarkan dirimu dari pikiran negatif dan perasaan kesepian.

Dukungan sosial adalah tentang kualitas bukan dari seberapa banyak temanmu. Karna selama kamu merasa nyaman dan senang denganorang terdekatmu, maka kamu sangat beruntung memiliki dukungan sosial seperti itu.

Jika kamu ingin segera merasa baik. Segeralah hubungi teman dekat/orang tercintamu yang selalu bisa mendengarkanmu, memberinasihat, atau sekedar berbagi tawa denganmu.

6. Rencanakanlah sesuatu

freepik.com

freepik.com via https://www.freepik.com

Penelitian menyimpulkan bahwa orang  yang memiliki kehidupan yang seimbang, dan selalu membuat rencana untuk kedepannya. Maka dia akan lebih tahan terhadap bad mood. Ada cara untuk mengurangi stress yaitu, menjadi lebih teliti dan perhatian tapi tetap menikmati moment.

Buatlah rencana yang sebisa mungkin bisa menghindarkanmu dari stress di masa depan!

Memikirkan tentang apa yang bisa dilakukan untuk melewati masa yang membuatmu stress. Ini juga ada beberapa cara akan
membantumu, seperti :
– Membuat kue
Dance
– Yoga
– Menikmati Makanan yang Sehat atau Makan yang menurutmu sangat enak
– Bermain dengan hewan peliharaan
– Lakukan Hobimu
– Membaca Buku
– Mandi dengan air hangat
– Menonton video lucu/favoritmu
– Menulis sebuah Jurnal.

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kesempatan berkecimpung dalam dunia jurnalistik sekaligus fotografi jurnalistik selama beberapa tahun terakhir menjadikan saya bertemu banyak orang dengan beragam latar belakang. Rasa penasaran akan cerita di balik sebuah peristiwa telah mendorong saya untuk memberikan pelayanan akan informasi yang terpercaya kepada publik. Melalui jurnalisme dan fotografi saya menemukan cara terbaik bagaimana bercerita dan menemukan ketertarikan.

CLOSE