Jika ada orang yang bertanya kepadaku siapakah sosok yang paling menginspirasi dalam hidupku? Trust me, guys. Jawabanku nggak akan pernah berubah dan aku akan selalu menjawab dengan keyakinan penuh bahwa 'Ibuku' adalah inspirasiku sampai akhir hayatku. Inspirasi yang selalu datang dari hati, yang mengubah dunia putrinya dengan cinta dan ketulusan yang hakiki.

Bicara tentang sosok ibu, tidak ada yang lebih istimewa darinya di hidupku, Tak ada yang memiliki kasih sayang setulus ibu, sebaik dan sebesar ibu kepada anak - anaknya. Bahkan tak ada yang lebih nyaman selain 'ngedusel di keetiak ibu'. Aromanya beda, guys. Aroma kasih sayang.

Sejauh apapun kamu pergi mencai kebahagiaan, ibu lah sebaik-baiknya tempat untuk pulang, melabuhkan keluh kesah stlah seharian beraktivitas dan sosoknya adalah sumber kebahagiaan sederhana yang selalu membuat tenang.

Ibu buatku adalah sosok yang sangat istimewa dan tak pernah tergantikan. Sosoknya selalu menjadi inspirasiku dalam setiap langkahku. Dan nasehatnya selalu menjadi pengingat untukku. Inilah alasan kenapa ibuku adalah sosok inspirasiku. Ibuku sumber inspirasi tiada henti.

1. Ibu Sebagai Inspirasi yang Membuatku Mengerti Arti Kesabaran

ibu gendong anak

ibu gendong anak via https://www.google.co.id

Ibuku adalah seorang pribadi yang memiliki tingkat kesabaran tinggi. Beliau tetap berjuang dan berusaha dalam menjalani hidupnya yang teramat keras. Kala itu aku masih berusia 6 tahun, tetapi ibuku menjalani pernikahan long distance.

Bahkan ketika kami telah berkumpul bersama sama dengan ayah, ada perihal yang mengguncang pernikahan ke dua orang tuaku. Bahkan di fase dimana aku duduk di bangku kuliah, ibuku berusaha cukup keras untuk membiayai biaya kuliahku walaupun ayahku ada.

Advertisement

Bahkan ditengah prahara pernikahannya dengan ayahku, ibuku berusaha cukup keras untuk selalu tersenyum dan tertawa didepanku seolah tak ada apa -apa meskipun aku tahu bahwa ibuku hatinya tengah terluka. Hampir lebih 6 tahun ibuku harus menjalani hidup yang begitu keras.

Namun berkat kesabaran tinggi yang dimiliki ibu, ia tetap bertahan dan berusaha walaupun terbelit dalam kondisi keluarga yang amat sulit. Tak ada kata mengeluh dalam dirinya. Baginya, bersabar, iklas dan terus berusahan adalah cara terbaik untuk menjalani hidup yang amat keras ini.

2. Ibu Sebagai Inspirasi yang Membuatku Mengerti Tentang Arti Tanggung Jawab

ibu bekerja

ibu bekerja via https://www.google.co.id

Ibuku tak pernah menuntut apa -aapa dari ayahku, ataupun dariku. Ibuku selalu membebaskan diriku untuk memilih. Akan tetapi, walaupun ibu memberikanku kebebasan tetap saja beliau menuntut aku untuk mampu mempertanggung jawabkan pilihanku.

Advertisement

Kala itu aku masih duduk dibangku 2 SMA, aku ngotot aku ingin mengikuti audisi penyiar radio di salah satu radio swasta terkenal di kotaku, Jember kala itu. Aku merengek menangis agar ibu merestuiku, dan ibuku merestui sekaligus mendukungku. Sampai akhirnya aku terpilih menjadi penyiar, dan hidupku mulai berubah. Aku mulai mengenal jam malam, karena sering kali aku menerima job MC hingga pulang larut malam.

Ibuku tak memarahiku, ibuku tetap tersenyum padaku dan sesekali memberiku masukan bahwa juga tidak terlalu baik seorang wanita sering pulang larut malam sekalipun aku sedang ada event. Ibuku tahu, bahwa terkadang aku mengeluh lelah tetapi berulang kali beliau mengingatkanku bahwa aku harus tanggung jawab terhadap apa yang telah aku pilih.

Ibuku hanya berharap semoga keinginanku ini mampu memberikan manfaat bagiku dan juga ibu. Cukup lama aku mengalami kondisi ini dan hal ini membuatku menjadi yakin pada diriku sendiri, tidak merasa terpaksa dalam melakukan sesuatu dan selalu berusaha memberikan yang terbaik sebagai bentuk pertanggung jawabanku atas apa yang telah menjadi pilihanku. Terima kasih ibu.

3. Ibu Sebagai Inspirasi yang Membuatku Mengerti Tentang Arti Ketaatan Beribadah

potrait ibu anak

potrait ibu anak via https://www.google.co.id

Satu hal yang membuat ibuku tetap tegar menghadapi segala kesulitan – kesulitannya adalah karena ibuku selalu percaya bahwa semua yang dilakukannya di dunia adalah bentuk ibadah kepada Tuhan. Oleh karena itu ibuku selalu tulus dalam menjalani hidup.

Ibuku selalu sadar bahwa Tuhan selalu senantiasa mengawasi dan mengetahui setiap detail dari apa yang kita lakukan di dunia ini. Oleh karena itu Ibuku selalu taat beribadah. Entah selelah apaun ia steelah bekerja seharian sebagai ibu rumah tangga, namun ibuku tidak pernah lupa untuk bangun tengah malam dan memanjatkan do'a.

4. Ibu Sebagai Inspirasi yang Membuatku Mengerti Tentang Pentingnya Arti Tolong Menolong

Ibuku selalu mengajarkanku untuk senantiasa meenolong mereka yang lebih membutuhkan daripda kita, sekalipun kita dalam situasi tidak lebih. Ibuku selalu mengajarkanku untuk menolong siapapun dan dalam bentuk apapun.

Tidak harus dalam bentuk materi. Menolong dapat berupa tenaga, ide, pikiran dan lain sebagainya. Dan hal ini bukan hanya berhenti dalam ucapan. Ibuku selalu menunjukan arti tolong menolon di dalam kehidupan sehari – hari. Walaupun aku tahu, bahwa ibuku sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja dikala itu.

Aku masih ingat betul disaat aku masih duduk dibangku #SMP, ada anak tetanggaku yang saat itu tidak mampu membayar uang SPP, dan seragamnya pun lusuh. Bahkan anak tetanggaku saat itu bekerja paruh waktu sebagai pembuang sampah di wilayah tempat kami tinggal.

Saat itu ibuku trenyuh, kemudian ibuku membantu anak tetanggaku untuk membantunya agar sekolahnya tetap jalan. Bahkan mulai saat itu, ibuku sudah menganggapnya seperti anak sendiri. Tak jarang ibuku juga mengajaknya makan bersama-sama dengan keluarga kami, denganku dan ayahku. Bahkan ibuku pernah merawat saudara ipar yang menjahatinya,dengan merawatnya tanpa meminta imbalan sepeserpun.

Yang pada akhirnya kutahu, bahwa ucapan terima kasihpun tak ibuku dapatkan melainkan perlakuan kurang menyeenangkan yang ia dapatkan. Dari sini aku tahu bahwa ibuku, betul – betul mngajarkanku apa arti tolong menolong tanpa meminta imbalan sepeser pun. Ia rela dan tulus karena ia tahu bahwa inilah cara dirinya untuk mnolong orang lain. Ibuku selalu bilang bahwa menolong orang lain adalah tabungan untuk diri sendiri di masa depan.

5. Ibu Sebagai Inspirasi yang Membuatku Mengerti Tentang Arti Tegar, Tangguh dan Kuat, Mandiri Sebagai Seorang Wanita

ibu - anak

ibu – anak via https://www.google.co.id

Ibuku, adalah wanita yang begitu kuat, tangguh dan tegar. Untuk setiap persoalan hidup yang dialaminya, tak pernah sedikitpun dia menyalahkan Tuhan. Dan tak pernah sekalipun dia mmpertanyakan "kenapa harus dia?" Tidak. Darinya aku belajar bahwa apa yang terjadi adalah ketatapan Tuhan, darinya aku belajar bahwa dalam hidup tak hanya sekedar ikhlas dalam menjalankan kehidupan ini.

Dan darinya aku belajar untuk tegar dan kuat dari setiap persoalan yang ia hadapi khususnya dalam berumah tangga. Darinya aku belajar bahwa untuk menjadi tangguh dan kuat dalam kehidupan tak harus seperti pria. Dan untuk menjadi mandiri tak harus lari dari kenyataan hidup.

Sungguh luar biasa diriu wahai ibuku, terimkasih telah menjadi sumber inspirasiku tiada henti. Dari putri tunggalmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya