Tahukah kamu, bahwa minyak yang kerap digunakan dalam berbagai produk kecantikan ini berasal dari Pohon Argan yang hanya bisa ditemukan di bagian barat daya Maroko, Afrika? Argan oil adalah minyak yang sangat langka yang hanya bisa diperoleh sekitar 1 liter dari 100 kilogram biji argan, setelah melalui proses yang sangat sulit. Tidak hanya itu saja, pohon argan baru akan berbuah setelah berusia di atas 30 tahun, lho! Nah, buah argan mengandung minyak yang memiliki kadar vitamin E yang tinggi.

Tentu kamu sudah sering mendengar, dong, khasiat vit E untuk kecantikan? Kini, terdapat beragam brand yang dapat kamu manfaatkan untuk perawatan kulit sehari-hari, termasuk juga minyak argan.

Minyak argan atau Madre Argan Oil disebut sebagai Liquid of Gold karena kandungan madre argan oil ini sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit wajah. Hal yang bisa dilakukan oleh madre argan oil dibidang perawatan kulit adalah, mengobati jerawat, flek hitam, jaringan parut, menormalkan kulit yang kusam, kulit berminyak dan kulit kering. 

Jika kamu penasaran berikut 5 manfaat dan cara menggunakan minyak argan untuk kecantikan, yuk, simak di bawah!

1. Melembapkan Wajah

Wajah cantik

Wajah cantik via https://goo.gl

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering dan kerap bermasalah dengan kulit pecah-pecah atau dry patch, minyak argan dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut. Karena merupakan bahan alami, minyak argan akan melembapkan kulit kamu secara lembut.

Advertisement

Selain melembapkan, minyak inipun memiliki kandungan yang dapat membantu memperlambat penuaan alias anti-aging serta membantu menyamarkan bekas jerawat. Bahkan sejak zaman kuno di Maroko, terdapat rekam jejak yang menunjukkan penggunaan argan oil sebagai obat untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

Cara menggunakan: Bersihkan kulit secara menyeluruh lalu tunggu hingga kering. Tuangkan 2-3 tetes minyak argan ke telapak tangan, lalu hangatkan dengan cara menggosok kedua telapak tangan.

Setelahnya, pijat dengan lembut pada kulit yang bermasalah agar minyak dapat meresap dan merata.

2. Merawat Kelembapan dan Kesehatan Bibir

Merawat kesehatan bibir

Merawat kesehatan bibir via https://goo.gl

Advertisement

Jika kamu menghabiskan banyak waktu dalam ruangan ber-AC, bukan hanya kulit kamu yang akan menjadi kering, namun juga bibir. Apalagi, kalau kamu adalah pengguna setia liquid lipstick sehari-harinya.

Nah, untuk merawat agar bibir kamu tetap lembap dan sehat, kamu dapat menggunakan minyak argan yang kaya akan vitamin E. Selain bibir kering, minyak argan pun dapat membantu merawat, melembapkan, dan menyembuhkan kondisi bibir yang pecah-pecah akibat suhu dingin.

Cara menggunakan: Aplikasikan 1-2 tetes minyak argan pada bibir, pijat lembut hingga merata. Gunakan setiap malam sebelum tidur atau sehari-hari sebagai pengganti lip balm.

3. Merawat Kuku

Merawat kuku

Merawat kuku via https://goo.gl

Vitamin E sepertinya sudah merupakan kandungan wajib yang terdapat di dalam hand and body lotionmaupun produk perawatan kulit lainnya. Nah, vitamin E juga efektif menutrisi kuku dan kutikula agar semakin kuat dan sehat.

Jika Anda kerap melakukan manicure yang dapat memiliki beberapa risiko seperti kuku kering, tipis, dan rapuh. Tidak perlu repot-repot mencari produk perawatan kuku, yuk gunakan minyak argan saja!

Cara menggunakan: Tuangkan beberapa tetes minyak argan pada jari, kemudian oleskan dan pijat ke area kuku dan jari kamu.

4. Mencegah Stretch Marks

Lakukan sejak dini

Lakukan sejak dini via https://goo.gl

Jauh lebih mudah untuk mencegah munculnya stretch marks dibandingkan dengan menyamarkannya setelah muncul. Karenanya, jika kamu ingin menghindari stretch marks, kamu perlu merawat kulit secara rutin.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan minyak argan pada area yang berpotensi menjadi stretch marks. Misalnya, area paha, bokong, maupun perut, terutama jika kamu sedang mengandung.

Kandungannya yang tinggi akan omega, vitamin E, serta antioksidan akan membantu merawat kulit dan menstimulasi produksi kolagen agar kulit terhindar dari stretch marks.

Cara menggunakan: Tuangkan minyak argan secukupkan pada tangan, hangatkan dengan menggosokkan kedua telapak tangan. Lalu, usapkan dan pijat lembut minyak argan pada area bermasalah hingga minyak argan merata dan meresap.

5. Untuk Rambut Kering

Rambut alami

Rambut alami via https://goo.gl

Selain kaya akan vitamin E, minyak argan juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk melembapkan. Hal ini membuat minyak argan adalah conditioner yang tepat untuk rambut yang kering dan susah diatur.

Selain itu, kamu pun dapat menggunakannya secara rutin, terutama untuk bagian ujung rambut untuk membuatnya tampak lebih berkilau sekaligus mencegah rambut bercabang.

Cara menggunakan: Tuangkan beberapa tetes minyak argan pada telapak tangan, hangatkan dengan cara menggosok kedua telapak tangan. Lalu, sisir rambut menggunakan jari untuk meratakan minyak argan pada rambut. kamu bisa mengaplikasikan minyak argan pada rambut setelah mengeringkan rambut, atau saat rambut kamu berantakan dan sulit diatur.

Saat Anda mengoleskan argan oil, Anda mungkin khawatir dengan risiko terjadinya apa yang disebut “kulit terbakar akibat penggunaan minyak”. Namun, argan oil memiliki karakteristik phototoxicity yang rendah terhadap sinar ultraviolet sehingga minyak ini dapat digunakan di seluruh bagian tubuh dengan aman.

Nah, minyak argan inipun saat ini memiliki banyak varian produk seperti berbentuk cream, lotion, minyak rambut dan shampoo. Untuk menekan harga agar tidak terlalu mahal mereka banyak mencampurkan bahan-bahan lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya