Dari sekian banyak destinasi wisata menarik di Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu yang paling dituju oleh para wisatawan. Bukan sekedar wisatawan lokal saja, Yogyakarta sendiri sudah mendunia, banyak sekali turis asing yang sengaja mampir ke Yogya hanya untuk berlibur. Hal ini dikarenakan Jogja tak hanya unik dengan budayanya saja yang kental, tapi memang ada banyak sekali tempat wisata yang eksotis mulai dari pantai, pegunungan dan berbagai tempat wisata unik lainnya yang dijamin membuat banyak orang ingin sekali mengunjungi Kota Gudeg ini.

Namun ada 1 hal yang cukup meresahkan bagi para wisatawan yang akan pergi berlibur ke Jogja, yakni masalah transportasi yang mungkin banyak yang mengira perlu budget yang tak sedikit untuk hanya keperluan transport saja, namun itu salah besar, karena dengan budget minim sekalipun, kamu tetap bisa have fun di Jogja dengan mengunjungi berbagai tempat wisata berbeda tanpa pusing biaya transportasi yang membengkak. Berikut ini ada beberapa tips transportasi saat liburan ke Jogjakarta.

1. Liburan ke Jogja, Tidak Lengkap Rasanya Kalau Kamu Belum Jalan Kaki ke Sana-Kemari

Siapa bilang menikmati indahnya kota Jogja harus pakai transportasi kendaraan? Jalan kaki pun tak masalah, Saat liburan di Jogja, kamu wajib ngerasain yang namanya jalan kaki kesana kemari, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat terkenal di Jogja mulai dari keraton, Alun-alun Kidul, Museum Sonobudoyo sampai Benteng Vredeburg dan masih banyak lagi, tentunya dengan jalan kaki. Jadi irit kan?

2. Kalau Malas Jalan Kaki atau Tempat Cukup Jauh, Kamu Bisa Pakai Trans Jogja dan Bus Kota.

Trans Jogja dan Bus Kota.

Trans Jogja dan Bus Kota. via http://wikipedia.org

Kalau dirasa dengan berjalan kaki tidaklah mungkin karena jaraknya cukup jauh, kamu bisa naik Trans Jogja ataupun Bus Kota. Biayanya pun cukup murah, yakni tak sampai 10 Ribu kamu sudah bisa berkeliling di Jogja dan banyak lokasi wisata yang bisa kunjungi dengan transportasi ini seperti Pantai Parangtritis, Malioboro dan Borobudur.

Advertisement

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi, jalur trans Jogja atau bus kota itu cukup sulit di mengerti, maka dari itu sering seringlah tanya ke petugas untuk informasi jalur tersebut.

3. Sewa Sepeda, Trik Irit Transportasi di Jogja

Sewa Sepeda

Sewa Sepeda via http://hipwee.com

Ada lagi alternatif lain transportasi di Jogja yakni dengan menyewa sepeda, selain irit, kamu juga bakal lebih sehat kalau menggunakan sepeda sebagai kendaraan andalan kamu untuk mengelilingi Kota Jogja. untuk biaya sewa sepeda per hari, paling tidak sampai 20 ribu Rupiah. Sangat murah karena kamu bisa bersepeda kemanapun kamu mau.

4. Kalau Kamu berlibur Bareng kerabat, Patungan Untuk Sewa Mobil Atau Motor Adalah Ide Bagus!

sewa kendaraan pribadi?patungan saja..

sewa kendaraan pribadi?patungan saja.. via http://www.djogjatransport.com

Jika jalan kaki dan bersepeda apalagi naik kendaraan umum seperti bus kota tidak membuat kamu nyaman. Maka solusi yang terbaik adalah dengan menyewa saja kendaraan di Jogja baik itu motor atapun mobil. Kalau kamu berramai rami lebih dari 5 orang, biaya sewa mobil bakal terasa lebih murah dan kamu bakal lebih enjoy liburan di Jogja.

5. Hitchhiking, Cara Gokil hemat Transportasi di jogja

HitchHiking

HitchHiking via http://yukpiknik.com

Advertisement

Terakhir, tips untuk menghemat transportasi di Jogja adalah dengan cara hitchhiking. Ini merupakan cara di mana kamu mendapatkan transportasi dengan menumpang orang lain. Memang cara ini tergolong ekstrim, tapi kalau kamu benar-benar kehabisan biaya dan budget liburan di Jogja benar benar pas untuk makan dan balik ke kotamu. Maka tidak ada cara lain kalau kamu masih ingin menikmati indahnya kota Jogja dengan mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya.

Caranya juga mudah, cukup acungkan jempol ke atas ke arah kendaraan yang lewat, dengan tas ransel dan baju yang lusuh, kamu bisa jadi dapat transport gratis dari tumpangan orang lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya