Nggak Bikin Nuansa Bosen, Berikut 5 Desain Rumah Serba Putih yang Bisa Jaid Inspirasimu~

Ide interior warna putih

Memanggil para pecinta warna putih, mana, nih? Ayo, coba merapat. Putih dilambangkan sebagai warna yang bersih, suci, murni, lembut, tulus, dan konotasi-konotasi positif lainnya. Putih emang selalu jadi warna dasar karena fleksibilitas dan estetika yang dihasilkan. Lihat aja tembok rumah, banyak yang pakai warna putih, 'kan?

Dalam desain interior, putih itu selalu jadi pilihan pertama untuk mewarnai rumah. Daripada bingung dan takut nggak cocok, pakai warna putih aja. Pemakaian warna putih juga bikin bagian dalam rumah jadi terasa lebih luas, terang, dan bersih. Dari situ, warna putih jadi banyak dipakai pada desain interior bergaya minimalis dan turunannya. Mulai dari kontemporer, industrial, scandinavian, sampai Japandi—perpaduan japanese-scandinavian yang jadi tren desain interior masa kini.

Banyak yang bilang interior yang banyak warna putihnya itu ngebosenin, terlalu “bersih” atau steril kayak rumah sakit. Eits! Jangan salah, dengan penataan dan dekorasi yang sesuai, kamu tetap bisa punya rumah yang didominasi warna putih, tapi tetap menarik. Obsesi orang sama putih juga bisa kelihatan dari bagaimana mereka mendekorasi rumahnya. Ada orang yang bener-bener bikin rumahnya serba putih, bahkan sampai detail-detail terkecil. 

Cuma, warna serba putih itu akan lebih tegas dan berbobot justru kalau ada aksen-aksen warna atau material lain yang selaras sama nuansa putih. Nah, Dekoruma mau kasih lima inspirasi desain serba putih yang tepat guna, nih.

Advertisement

1. Cara terbaik memamerkan interior serba putih? Cahaya matahari yang melimpah. Ruangan jadi terang dan dramatis

Photo by My Domaine

Photo by My Domaine via https://www.mydomaine.com

Di rumah, kamu udah mendekorasi semuanya serba putih. Sofa minimalis warna putih, dinding bata ekspos warna putih, coffee table warna putih, sampai rak TV warna putih. Eh, tapi ruangan itu nggak dapet cahaya matahari yang banyak, bahkan cukup. Tampilan ruangan serba putih pun jadi nggak maksimal.

Warna putih itu warna yang cocok banget sama cahaya matahari. Sifatnya yang memantulkan cahaya bakal bikin efek yang lebih dramatis dan kadang-kadang berkilauan di dalam rumah, apalagi kalau kena kaca atau benda-benda yang permukaannya licin. Jadi, sebisa mungkin siapkan minimal satu sumber cahaya bisa masuk ke dalam ruangan dan kamu akan lihat gimana penerangan alami bisa bikin ruangan serba putih memesona.

Advertisement

2. Kesan sederhana, bersih, dan rapi. Bawa sentuhan kemewahan dengan duo putih-emas

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Waktu berdiri sendiri pada furnitur, putih itu cenderung kasih kesan yang bersih, rapi, dan nggak neko-neko. Minimalis dan tegas. Kamu pengin sentuhan yang lebih mewah, nih di dalam rumah. Caranya adalah dengan nambahin aksen warna emas ke dalam interior yang dominan putih.

Tren ini sering dipakai buat kitchen set. Warma emas dimasukkan ke dalam detail-detail kecil interior dapur. Di keran bak cuci piring atau kadang bak cuci piring itu sendiri, pegangan pintu kabinet atau tarikan laci dapur, atau aksesoris tambahan seperti mangkuk dekorasi. Nambahin aksen emas atau rose gold buat tampilan yang lebih feminin salah satu cara paling gampang buat upgrade interior serba putih di rumahmu.

3. Ruang keluarga serba putih yang artsty. Interior putih sebagai bingkai supaya koleksi karya senimu stand out

Photo by Architectural Digest

Photo by Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Ibarat kanvas lukis yang warnanya putih juga, rumah kalian yang serba putih juga bisa jadi “bingkai” atau latar belakang buat nunjukin koleksi seni kalian. Buat kalian pecinta seni yang baru mau mulai atau udah punya koleksi, ruangan serba putih bisa disulap jadi artsy dengan koleksi kalian, misalnya di ruang keluarga.

Lukisan atau ornamen seni yang kalian punya ini bisa jadi focal point dari ruang keluarga yang serba putih. Ini berarti ada elemen desain lain yang bisa menarik mata kalian di ruangan itu.

4. Peralatan elektronik yang selalu ada di rumah. Siapa sangka bisa jadi aksen yang menarik buat interior serba putih

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dalam ruangan-ruangan seperti dapur atau ruang keluarga, ada beberapa barang elektronik yang biasanya enggak pernah absen. Ambil contoh di kitchen set yang lengkap. Ada kompor tanam, oven dinding, kulkas, atau mesin pencuci piring yang punya tampilan sleek.

Warna-warna elektronik ini juga biasanya hitam atau abu-abu dengan finishing yang mengilap. Nah, tanpa disadari peralatan-peralatan ini bisa mempertegas dapur yang serba putih, lho. Jadi, waktu mendekorasi dapur atau ruangan lain yang ada peralatan elektroniknya, jangan asal pilih karena warna dan bentuk peralatan-peralatan ini juga bisa mempengaruhi keselarasan desain ruangan serba putih.

5. Bermain dengan tekstur dan elemen alami. Interior serba putih anti bosan karena kayu dan tanaman

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selain aksen warna, cara pintar dan mudah buat ningkatin tampilan ruangan serba putih adalah dengan pemilihan tekstur yang pas. Salah satu yang paling sering dipakai adalah kayu dan rotan buat material yang lebih alami dan teksturnya distingtif. Bahan kayu sendiri pun juga bisa dikasih warna putih.

Lantai kayu putih bakal jadi alternatif material lantai warna putih yang lebih menarik dan hangat buat ruangan serba putih. Selebihnya, kamu bisa masukkan beberapa furnitur atau ornamen dalam material kayu alami. Jangan lupa juga tanaman indoor supaya suasana alaminya makin lebih berasa. 

Gimana? Kalau ada yang masih bilang kalau interior yang serba putih itu ngebosenin, tunjukkin aja poin-poin di atas. Meskipun kembali lagi ke selera masing-masing, kemampuan warna putih untuk mentransformasi ruangan dan berbaur sama warna, material, atau tekstur lain adalah karakteristik warna putih yang bikin putih jadi warna favorit banyak orang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE