Tak bisa dipungkiri bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang digemari banyak orang. Tak hanya nampak imut dan menggemaskan, binatang peliharaan satu ini juga memiliki banyak kelebihan. Misalnya bisa menjadi teman bagi tuan rumah dan menghibur pemiliknya. Selain itu, kucing juga termasuk salah satu hewan yang tergolong bersih, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Penasaran sebersih apa hewan berbulu yang lucu ini? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut! Setelah membacanya, semoga kamu jadi semakin sayang dengan si imut ini, ya!

1. Berbeda dengan hewan lainnya, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar anggota tubuh kucing terbukti tak berkuman

Kucing Tak Berkuman

Kucing Tak Berkuman via https://unsplash.com

Buat kamu yang merasa jijik saat didekati kucing, baca baik-baik fakta satu ini. Para ilmuwan telah melakukan penelitian pada beberapa kucing yang memiliki perbedaan usia, jenis kulit, telapak kaki, punggung, pelindung mulut dan ekor.

Advertisement

Pengambilan sampel dilakukan dengan usapan, kemudian ditanamkan pula sejumlah kuman pada sebagian besar tubuh kucing.

Peneliti tersebut juga mengambil cairan yang terletak pada dinding mulut dan lidah dari hewan imut ini. Hasilnya, sampel yang diambil dari kulit bagian luar ternyata tak berkuman walaupun percobaan telah dilakukan berulang kali.

Sedangkan anggota tubuh yang ditanamkan kuman menunjukkan hasil negatif sekitar 80%. Untuk cairan yang diambil dari lidah dan dinding mulut juga menunjukkan hasil negatif.

2. Lidah kucing yang permukaannya terlihat kasar ternyata berfungsi sebagai alat pembersih

Lidah Kucing

Lidah Kucing via https://unsplash.com

Advertisement

Mungkin kamu sering melihat kucing menjilati tubuhnya sendiri. Itu artinya, hewan menggemaskan ini sedang membersihkan diri.

Permukaan lidah kucing yang kasar tertutup oleh berbagai benjolan kecil berbentuk runcing dan bengkok. Fungsinya adalah mengangkat bulu-bulu mati serta membersihkan kulit dan bulu-bulu yang masih melekat di tubuhnya.

Meski hanya terlihat seperti menjilat-jilat, aktivitas itu setara dengan mandi bagi manusia.

3. Kucing senang menjilati tubuhnya sendiri karena air liurnya bersifat membersihkan

Cat Sweet Kitty

Cat Sweet Kitty via https://pixabay.com

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tubuh kucing tidak mengandung kuman dan mikroba, bahkan air liurnya bersih dan memiliki sifat membersihkan.

Ketua laboratorium Rumah Sakit Hewan Baitharah, Dr. George Maqshud, berkata bahwa kuman jarang ditemukan di lidah kucing maupun air liurnya. Kalau pun kuman itu ada, kemungkinan besar hewan lucu itu akan sakit.

4. Permukaan kulit kucing terdapat otot yang bermanfaat menolak telur bakteri

Kucing Lucu

Kucing Lucu via https://www.posbagus.com

Kulit kucing memiliki otot yang berfungsi menolak telur bakteri yang hendak menempel pada tubuhnya. Otot tersebut juga mudah menyesuaikan diri dengan sentuhan tangan manusia.

Sehingga, jika sebelum menyentuh kucing tanganmu mengandung bakteri, kemungkinan kulit dari binatang mungil ini akan dengan mudah mendeteksinya.

5. Bahkan, sebuah riset membuktikan bahwa tubuh kucing lebih bersih dari manusia

Tubuh kucing lebih bersih dari manusia

Tubuh kucing lebih bersih dari manusia via https://unsplash.com

Fakta mengejutkan lainnya dari kucing yaitu tubuhnya lebih bersih dari manusia.

Sebuah riset kedokteran dan percobaan telah dilakukan di laboratorium hewan. Hasilnya, secara keseluruhan badan kucing bersih. Disebutkan pula bahwa hewan berbulu ini lebih bersih dari manusia. Bagaimana menurutmu?

6. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa kucing adalah hewan suci dan tidak najis

Photo by Japheth Mast from Pexels

Photo by Japheth Mast from Pexels via https://www.pexels.com

Bukti kucing termasuk hewan terbersih tak hanya dibuktikan dalam dunia ilmiah dan kedokteran, tetapi juga melalui hadis.

Suatu ketika, Rasulullah SAW berkata kepada Anas bin Malik bahwa kucing merupakan bagian dari perhiasan rumah tangga, tidak kotor, dan bahkan tidak najis.

Jadi, tak perlu takut kotor ketika bersentuhan dengan kucing lantaran badan, liur, keringat, kaki, dan sisa makanannya tergolong bersih.

Nah, itulah 6 alasan kenapa kucing dikategorikan salah satu hewan paling bersih yang melebihi bersihnya manusia.

Bagi kamu yang sudah memiliki kucing, jadi semakin sayang deh dengan hewan imut satu ini.

Well, bagaimana nih buat yang belum memeliharanya? Apakah kamu berniat menjadikan kucing sebagai salah satu anggota keluargamu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya