Saat kamu menjadi pencaker alias Pencari Kerja, kamu akan melalui banyak rintangan. Nggak cuma cuaca di luaran aja yang bentar panas dan bentar hujan yang akan kamu hadapin. Tapi banyak juga perusahaan-perusahaan tempat kamu melamar kerja memanfaatkan kamu untuk meraup keuntungan. Kamu harus waspada ya.. harus lebih peka dari mereka. Saat mereka akan melancarkan aksinya, kamu punya jurus jitu untuk menangkalnya.

1. Perhatikan website/ Emailnya.

di cek terlebih dahulu via https://id.techinasia.com

Kamu kadang nggak perhatiin website/ email yang mereka pakai untuk melancarkan aksinya. Logikanya aja, masa perusahaan besar dan punya karir cemerlang memakai email gratis untuk perusaannya (seperti @yahoo.co.id /@gmail.com), kamu perlu perhatikan bahwa Perusahaan besar selalu memakai nama perusahaannya pada emailnya. Contoh : blabla@hipwee.com.

Kamu kadang nggak memperhatikan sampai kesana kan, bawaannya udah senang aja diundang interview oleh perusahaan besar yang selama ini kamu impikan. Tapi jangan sampe kecolongan yaa, ini sangat penting lho! Namun, jika memang ada perusahaan tempat kamu melamar kerja memakai email gratis tersebut, kamu cek website nya dulu ya, apa benar mereka sedang membutuhkan tenaga kerja.

2. Meminta Uang.

beribu cara mereka, satu buat kita jangan mudah percaya yaa via https://kreditgogo.com

Advertisement

Simpelnya sih, kamu tanamin aja pada pikiranmu bahwa “cari uang kok pake uang”? nggak ada yang namanya cari kerja bayar di muka dulu ya, duh itu terang-terangan banget mau menipu kamu.

Perusahaan semacam ini banyak banget di mana-mana, kalau memang kebetulan ada, kamu harus tanya dulu uang itu buat apa, kalau jawaban mereka nggak sepikiran dengan kamu mending tinggalin aja. Apalagi menyuuruh kamu untuk transfer uang ke rekening mereka untuk alasan akomodasi dan transportasi yang nanti akan diganti. Pikirin lagi deh, jika memang perusahaan tersebut membutuhkan pencaker untuk tes di luar kota, pasti mereka akan mendanai pencaker tersebut, dan mengumpulkannya terlebih dahulu di sebuah tempat untuk membicarakan tentang alur kerjanya seperti apa, bukan mengharuskanmu untuk mentransfer uang ke rekening mereka cuma lewat pesan aja atau cuma lewat telepon aja.

Udah banyak lho teman-teman kita yang kena tipu seperti itu, jangan sampai kamu berikutnya ya..

3. Semua Urusan Terlalu Mudah.

peka aja.. via http://ekonovianto.com

Advertisement

Jika kamu diundang Interview oleh sebuah perusahaan besar, namun seleksinya terlalu mudah menurutmu, harusnya kamu bertanya-tanya “jika memang mencari kerja semudah itu, kenapa masih banyak aja pengangguran di luar sana?”

Tahapan seleksi di sebuah Perusahaan besar pasti tidak akan mudah, ada beberapa proses yang akan kamu lalui. Jika tidak, berarti hanya ada 2 hal, yaitu kamu yang terlalu pintar dan sedang beruntung, atau perusahaan tersebut yang sedang punya maksud terselubung.

4. Mencurigakan.

jika sudah terjadi, yaa ikhlasin aja sambil nangis via http://www.sehatraga.com

Jika kamu baru sadar gelagat aneh pada perusahaan tempat kamu melamar kerja , dan kamu sudah terlalu jauh melangkah ke tahapan proses-proses yang mereka buat, lebih baik kamu mundur dari sekarang daripada melangkah satu kali lagi dan kamu menyesal.

Pertama kali kamu disuruh tarnsfer uang, lalu kamu dengan mudahnya melakukan hal tersebut, setelah itu kamu di suruh transfer uang lagi dengan alasan yang nggak logis, jika kamu memilih mundur, kamu akan kehilangan uang pertama. Otomatis kann.. Kamu terjebak dengan pilihan yang mereka buat. Dan kebanyakan dari teman-teman kita yang tertipu memilih untuk metransfer kembali uang ke rekening mereka. lalu begitu seterusnya.

Inilah salah satu cara yang mereka lakukan kepada kita kaum lemah. Hati-hati ya..

5. Hubungi Customer Service.

take by Twitter.com via http://www.searchbyimage

“Setelah jatuh, baru sadar bahwa ada lubang”, mungkin inilah istilah buat teman-teman kita yang sudah tertipu. Seharusnya cara inilah yang pertama kali dilakukan jika mendapatkan balasan email undangan interview, atau sms, atau juga telepon. Kamu harus selektif, dan hubungi CS nya untuk memastikan bahwa benarkah mereka sedang merekrut karyawan baru atau tidak. Daripada menyesal, mendingan rugi pulsa dikit kan buat telepon mba-mba CS yang suaranya lembut itu.

Semoga bermanfaat, dan semoga penipu itu diadili seadil-adilnya ya, ngga cuma di Dunia, di Akhirat juga. Hehee..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya