Masih bernuansa merayakan HUT RI yang ke 73, tentu saja kita masih hangat-hangatnya memperbincangkan tentang negara tercinta, baik itu dari terbentuknya sampai ke hal-hal unik lainnya. Kita ketahui bersama bahwa Negara Indonesia ini resmi diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh bapak proklamator kita, yaitu Ir Soekarno.

Tapi taukah sobat Hipwee, jika tanggal kemerdekaan Indonesia juga ada yang sama dengan negara lain. Nah kira-kira negara mana saja, ya? Selain memiliki kesamaan pada tanggal kemerdekaan, ternyata masih ada berbagai hal lainnya yang mirip sekali negara lain dengan negara kita. Mau tahu apa saja? Nah, untuk lebih jelasnya simak kesamaan negara lain dengan negara Indonesia berikut ini, ya!

1. Ada Negara Gabon yang memiliki kesamaan dengan Negara Indonesia, tepatnya memiliki tanggal dan bulan kemerdekaan yang sama

Sama-sama 17 an lho merdeka

Sama-sama 17 an lho merdeka via http://gelut.com

Tanggal 17 Agustus bukan cuma hari penting bagi Indonesia saja, melainkan Negara Gadon juga menandai tanggal tersebut sebagai hari penting. Apabila negara Indonesia diproklamirkan tepat di tanggal 17 Agustus 1945, hal ini juga sama terjadi di Negara Gabon, namun yang membedakan hanya pada tahunnya saja. Tahun kemerdekaan Indonesia lebih awal daripada Negara Gabon, di mana negara ini berdiri di tahun 1960. Sekilas info, Negara Gabon merupakan negara yang terletak di Pantai Barat, Afrika.

2. Kalau Korea Selatan, punya bulan kemerdekaan yang sama dengan kita. Wih, negaranya para Oppa nih!

Kembaran nih sama oppa-oppa

Kembaran nih sama oppa-oppa via http://tribunnews.com

Advertisement

Tidak menyangka, negara oppa-oppa ini atau lebih dikenal Korea Selatan memiliki kesamaan dengan Negara kita tercinta Indonesia. Dimanakah letak kesamaannya? Jika Korea Selatan resmi diakui sebagai negara pada tanggal 15 Agustus 1948, sedangkan Indonesia telah diakui pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam hal ini, perayaan hari lahir negara Korea Selatan dirayakan lebih awal dua hari dengan Indonesia. Sama halnya dengan Indonesia, Korea Selatan juga merayakan hari lahir negaranya dengan cukup meriah melalui tradisi-tradisi yang tentu bernuansa Korea Selatan.

3. Monaco, negara yang punya warna bendera super mirip dengan Indonesia. Waduh, kok bisa?

Nggak bisa bedain kan?

Nggak bisa bedain kan? via http://smastyaaction.blogspot.com

Ternyata selama ini bendera Negara Indonesia memiliki warna yang mirip sekali dengan negara lain. Negara itu adalah Monaco. Monaco memiliki warna bendera dengan bagian atas berwarna merah dan untuk bagian bawahnya berwarna putih. Hampir sama bukan dengan Indonesia?

Ya dari segi warna memang sama, namun tetap saja antara bendera Indonesia dengan bendera Monaco ada perbedaannya. Di manakah perbedaannya? Terletak pada skala atau ukuran panjang lebarnya bendera. Bendera Indonesia memiliki skala lebih kecil dibandingkan dengan Negara Monaco. Jika dihitung dengan menggunakan skala, bendera Indonesia memiliki ukuran 2:3, sedangkan bendera Monaco memiliki ukuran 4:5.

Advertisement

Nah, maka dari itu membuat bendera Indonesia tidak boleh sembarangan atau asal-asalan sobat Hipwee, karena pembuatannya harus ikuti hitungan skala yang ada selama ini.

4. Maladewa, adalah negara berikutnya yang memiliki kesamaan dengan Indonesia, yakni terletak pada nama mata uangnya

Rupiah versi Maladewa

Rupiah versi Maladewa via http://www.wikiwand.com

Maladewa yang terkenal dengan pulau eksotisnya ini ternyata memiliki nama mata uang yang sama dengan negara kita (Indonesia) yaitu rupiah. Ejaan rupiah di Maladewa adalah rufiyaa. Rufiyaa menjadi mata uang resmi Maladewa sejak tahun 1960. Pengambilan nama mata uang rufiyaa didasari dari bahasa Sanskerta, yang juga memiliki kesamaan dengan Indonesia. Untuk penyingkatan nama mata uang, rupiah Indonesia disingkat dengan tulisan Rp, sedangkan rufiyaa Maladewa disingkat menjadi Rf.

5. Negara terakhir yang memiliki kesamaan dengan Indonesia yaitu Negara Jepang. Apa saja persamaannya, ya?

Dahsyatnya tsunami dan gempa bumi Jepang

Dahsyatnya tsunami dan gempa bumi Jepang via http://www.allyoucan.share

Salah satu kesamaan Negara Indonesia dengan Negara Jepang adalah terletak pada geografisnya. Ada apa dengan geografis Indonesia dan Jepang? Secara geografis, Indonesia dan Jepang masuk ke dalam satu benua, yaitu Asia, namun selain itu Indonesia dan Jepang juga menjadi negara yang sama-sama berada di wilayah cincin Asia Pasifik yang di mana menjadi tempat bertemunya tiga lempeng tektonik yang sangatlah aktif, sehingga kedua negara ini mau tidak mau akan mendapatkan musibah dalam bentuk bencana alam yang hampir sama.

Ada tiga bencana alam yang sama, seperti: gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Ya walaupun bencana alam Indonesia dan Jepang dapat dikatakan sama, semoga pemerintah Indonesia dapat juga memberikan solusi dan mitigasi bencana sama seperti di Jepang.

Ternyata 5 negara di atas memiliki kesamaan dengan negara kita selama ini, tanpa kita ketahui sebelumnya. Tapi tetap di balik kesamaan yang ada di antara negara lain dengan Negara Indonesia tentu saja masing-masingnya mempunyai khasnya sendiri. Terlebih dengan kelahiran Negara Indonesia yang ke 73 di tahun ini, semakin menambah kekhasan Negara Indonesia menjadi negara Bhineka Tunggal Ika dan semoga kearifan lokal yang ada selama ini tetap lestari di hati rakyatnya. Sekali lagi, Dirgahayu RI Ke 73!!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya