Ada chat nggak ya dari pacar?

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, keberadaan ponsel nggak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari pagi sampai pagi lagi, ponsel harus dalam genggaman. Dampak baik dari keberadaan ponsel memang mempermudah kehidupan sehari-hari. Namun dampak buruknya, kamu jadi ketergantungan setengah mati. Bahkan saat baru membuka mata, kamu segera mencari ponsel sebelum memulai segala aktivitas yang lebih penting. Adakalanya kamu kebingungan saat tak menemukan ponselmu yang ternyata terselip di bawah bantalmu.

Advertisement

Membuka ponsel saat baru bangun tidur memang wajar, tapi akan lebih baik lagi jika kamu mulai menguranginya. Berikut Hipwee berikan beberapa alasan biar kamu nggak langsung buka ponselmu ketika baru membuka mata. Hayo yang nggak bisa lepas dari ponsel dibaca baik-baik ya.

1. Daripada sibuk dengan ponsel selepas membuka mata, bukankah lebih baik sempatkan bersyukur dan berdoa?

Sempatkan untuk bersyukur via www.unsplash.com

Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi sering kali kamu lewatkan setiap pagi. Kamu lebih memilih mencari ponselmu dan mengecek apakah ada pesan dari pacar atau email pekerjaan. Padahal selagi kamu membuka mata, ada baiknya sempatkan untuk mengucap syukur dan berdoa atas kesempatan yang diberikan Tuhan hari ini. Kedua hal tersebut bahkan bisa kamu lakukan saat masih di dalam selimut. Mulai besok sudah siap ‘kan meninggalkan sejenak ponselmu untuk mengucap syukur kala baru membuka mata?

2. Mood selama satu hari bisa ditentukan dari hal pertama yang kamu lihat di ponselmu. Siapa tahu ada hal tak baik yang dapat merusaknya

Mood-mu bisa terpengaruhi via www.unsplash.com

Lancarnya kegiatan sehari-harimu biasanya bergantung dengan mood-mu kala itu. Kalau dari pagi sudah rusak, bisa sepanjang harimu bisa saja terasa seperti neraka. Bukan cuma kamu yang rugi, tapi orang-orang di sekitarmu pun akan merasakan dampaknya. Mood yang rusak dari pagi itu bisa karena pesan dari pacar yang hanya dibaca tanpa dibalas, email ke klien yang salah nulis subjeknya, pokoknya apa saja yang berpotensi merusak mood-mu. Jadi kamu perlu berpikir berulang kali saat ingin membuka ponselmu di pagi hari. Sebab nggak ada jaminan, mood-mu akan baik-baik saja atau sebaliknya.

3. Tak ada yang tahu godaan apa saja yang ada di ponselmu. Bisa saja kamu tergoda scroll media sosial hingga menunda aktivitasmu yang lainnya

Godaan ponsel via www.unsplash.com

Advertisement

Pernah kah kamu nggak melakukan apa-apa dan hanya berkutat pada ponselmu saja?

Kalau jawabannya iya, berarti kamu sudah masuk tahap ketergantungan. Untuk itu kamu perlu mengubahnya dari sekarang, salah satunya dengan nggak membuka ponsel saat bangun tidur. Sebab kamu nggak pernah tahu apa saja godaan yang ada di dalamnya. Bisa jadi ada kiriman di grup Whatsapp yang buatmu penasaran, sampai akhirnya kamu scroll-scroll dan menunda aktivitas yang lainnya. Niat awal hanya lima menit, tapi saat tersadar, ternyata sudah satu jam kamu tertahan di atas kasur. Kamu jadi nggak produktif, padahal hari masih pagi.

4. Waktu pagi harimu nggak berlangsung lama. Langsung buka ponsel saat bangun tidur membuatmu harus rela waktu pagi terbuang begitu saja

Mau menyia-nyiakan pagimu? via www.unsplash.com

Pagi hari merupakan momen yang pas untuk mengumpulkan semangat dan energi. Sayangya, momen tersebut nggak berlangsung lama. Paling hanya berlangsung dalam hitungan jam saja, yaitu dari kamu membuka mata hingga sudah siap melatukan aktivitas. Namun waktu pagi yang singkat itu sering kamu gunakan untuk hal-hal yang bisa dilakukan nanti. Misalnya seperti membuka ponsel ini. Sebenarnya kamu bisa membuka ponselmu nanti setelah mandi atau bahkan setelah kamu turun dari tempat tidurmu. Sayang rasanya jika waktu yang sebentar ini kamu habiskan untuk buka-buka ponsel saja.

5. Kalau cuma ingin tahu apakah ada pesan dari pacar bukankah masih ada nanti? Pagi hari harusnya jadi momen untuk menumbuhkan motivasi diri

Harusnya jadi momen memotivasi diri via www.unsplash.com

Salah satu alasan yang membuatmu buru-buru membuka ponsel saat baru bangun adalah rasa penasaran apakah ada chat dari pacar atau tidak. Bahkan sebelum kesadaranmu terkumpul penuh, kamu memilih untuk mencari dimana posisi ponselmu berada. Sampai akhirnya beberapa kali kamu kejatuhan ponselmu sendiri karena keinginan untuk membuka ponsel tapi kesadaran belum terkumpul penuh. Sebenarnya rasa penasaranmu itu bisa sejenak ditunda. Lalu melakukan hal-hal lain yang sekiranya lebih kamu butuhkan, seperti menumbuhkan motivasi untuk dirimu sendiri misalnya.

6. Pikiranmu jadi terbatas pada layar kaca. Padahal kalau dari bangun tidur kamu membuka jendela, ada hal-hal baru yang menunggumu di luar sana

Terbatas di layar kaca via www.unsplash.com

Dengan benda sekecil ponsel, kamu memang bisa melakukan banyak hal. Selain itu kamu juga bisa mengetahui apapun yang buatmu penasaran. Tapi dengan memilih langsung buka ponsel saat baru saja terbangun akan membuat pikiranmu jadi terbatas pada layar kaca. Padahal kalau kamu membuka jendela, ada banyak hal yang nyata dan buatmu menambah semangat baru. Kebiasaan inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara pikirmu. Kamu jadi mengandalkan layar kaca sebelum benar-benar mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

7. Karena ponselmu bukan segala-galanya. Justru turun dari kasur dan menyapa anggota keluarga yang lainnya bisa jadi kenikmatan yang tak terkira

Menyapa keluarga via www.tumblr.com

Dengan ponselmu itu kamu memang bisa melakukan banyak hal. Tapi bukan berarti ponselmu merupakan segalanya. Masih ada ayah, ibu, serta kakak adikmu untuk disapa begitu kamu terbangun dari tidurmu. Bukan kah menyapa yang lebih dekat denganmu lebih punya makna daripada menyapa mereka yang ada di kumpulan grup media sosialmu? Kedekatanmu dengan anggota keluarga itu juga mampu bertambah dengan tak sering-sering membuka ponsel saat baru membuka mata. Kelak kamu akan merindukan masa-masa menyapa anggota keluargamu ini saat mereka tak lagi lengkap adanya.

Secara tertulis, memang nggak ada larangan untukmu langsung membuka ponsel saat baru bangun tidur. Sebab kamu punya pilihan sendiri untuk menentukan apa yang ingin dilakukan setiap harinya. Semoga dengan artikel ini kamu jadi lebih terbuka bahwa masih ada hal-hal baik yang bisa dilakukan selain membuka ponsel saat kamu baru bangun tidur. Agar kelak kamu bisa mengawali hari dengan lebih lebih produktif lagi. Meski hanya dengan melakukan hal-hal kecil selama beberapa menit.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya