Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Gunung dengan ketinggian puncak 2.968 mdpl ini seringkali dikaitkan dengan cerita rakyat atau mitologi Jawa yang bahkan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini. . Lereng selatan Gunung Merapi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan lereng lainnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Magelang (sisi barat), Boyolali (utara dan timur), serta Klaten (tenggara).

Pasca terjadinya erupsi Merapi pada tahun 2010, sektor pariwisata di Kabupaten Sleman justru meningkat dengan adanya Lava/Volcano Tour yang merupakan destinasi wisata dimana para wisatawan diajak menyusuri sisa-sisa keganasan Merapi menggunakan mobil jeep ataupun motor trail. Saat tour itulah wisatawan akan melewati warung kopi merapi yang merupakan jalur utama dari lava tour tersebut.

Warung Kopi Merapi terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kopi ini awalnya diberi nama kopi Petung sesuai nama daerahnya. Namun, lama-kelamaan kopi khas Petung ini dikenal sebagai Kopi Merapi hingga saat ini.

Di warung ini, pengunjung dapat menikmati seduhan biji kopi yang ditanam langsung di tanah vulkanik lereng Gunung Merapi sambil menikmati sejuknya udara dengan pemandangan gagahnya gunung Merapi yang menjulang tinggi. Jenis kopi yang ditawarkan hanya 2 macam yaitu robusta dan arabica dengan makanan pendamping aneka gorengan dan mie instan.

Dulunya, pemilik warung ini bekerja di bidang perkebunan kopi. Namun, erupsi Merapi mengakibatkan perkebunan kopi miliknya hancur hingga akhirnya ia memiliki ide untuk membuat usaha warung kopi Merapi dengan menggunakan material-material bekas erupsi merapi yang ada di sekitar dengan tujuan menghemat biaya pembangunan.

Akhirnya, pada bulan November 2012, warung Kopi Merapi resmi beroperasi dengan mengusung konsep tradisional. Dalam hal ini, pengolahan biji kopi masih sangat tradisional yakni menggunakan wajan dari tanah liat dan kayu bakar untuk menyangrai kopi tersebut.

Suasana di Warung Kopi Merapi ini cukup sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin ngopi dengan suasana yang berbeda ataupun hanya sekedar melepas kepenatan dan ingin merasakan sejuknya udara pegunungan. Harga menu yang ditawarkan pun sangat terjangkau sehingga sampai saat ini, Warung Kopi Merapi masih menjadi tempat favorit untuk dikunjungi.

Jangan khawatir, tempat ini sudah ada di google maps! Tinggal ketik dengan keyword “Warung Kopi Merapi” dijamin untuk kalian yang ingin berkunjung ke warung ini tidak akan nyasar. Jadi, tunggu apalagi! Yuk cobain keseruan dan kesejukan ngopi di kaki Gunung Merapi.

 

1. Nongkrong Asik di kaki Gunung Merapi

Kopi Merapi

Kopi Merapi via https://insta-stalker.com

foto warung kopi merapi

2. Bangunan Warung Kopi Merapi

KOPI MERAPI

KOPI MERAPI via https://insta-stalker.com

Advertisement

Suasana malam di kopi merapi

3. Ngopi Sembari Bersantai

Kopi Merapi

Kopi Merapi via https://insta-stalker.com

Ngopi sambil melihat gagahnya gunung Merapi

4. Cocok untuk kumpul bersama keluarga ataupun kerabat

Kopi Merapi

Kopi Merapi via https://insta-stalker.com

Tempatnya sangat cocok untuk rame-rame

5. Menu di Kopi Merapi

Kopi Merapi

Kopi Merapi via https://insta-stalker.com

Advertisement

Menu di Kopi Merapi kurang lebih seperti ini nih~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya