Assalamu'alaikum sahabat Hipwee, apa kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala yah. Aamiin :). Wah, nggak kerasa bulan Ramadan udah ngetuk pintu aja nih, sahabat Hipwee pastinya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya untuk tamu mulia ini. Nah, selain mempersiapkan jasmani dan rohani yang mumpuni, ada hal yang tak kalah penting untuk kita siapkan di bulan ramadhan ini.

Tak lain tak bukan ialah menu berbuka puasa. Yah, hampir semua orang akan sibuk mempersiapkan menu terbaiknya. Menu terbaik yang kaya gimana sih yang cocok untuk berbuka puasa?

Nah, mengantisipasi kebingungan sahabat Hipwee, untuk itu di sini akan saya beberkan rahasia resep masakan yang paling terkenal nan lezat di kawasan Indonesia Timur. Menu ini telah lama ada dan diwariskan secara turun temurun. Dan terbukti, rasanya cocok untuk seluruh penjuru indera pengecap seantero Indonesia. Bonusnya, menu ini bukan hanya cocok untuk buka puasa saja, tetapi juga dapat disajikan di saat hari raya idul fitri. Penasarankan? Yuk disimak:)

1. Lezatnya berbuka puasa dengan gigitan manis Kue Katirisala khas Bugis!

Gigitan manis yang mengenyangkan!

Gigitan manis yang mengenyangkan! via https://www.picmog.com

Katirisala merupakan penganan khas suku Bugis Makassar. Ciri khas kue-kue dari Bugis adalah manis kaya sahabat hipwee 🙂 Bagi yang suka manis dan gurih. Ini mantap banget apalagi kalau pake beras ketan kualitas bagus. Baru di kukus wanginya udah kemana-mana. Yuk…Di coba….

Bahan-bahan

Advertisement

Bahan 1 :



  • 500 gram Beras ketan (hitam/putih 3:2)




  • 1 gelas santan kental



Bahan 2 :

Advertisement



  • 7 butir telur




  • 1 gelas gula merah serut




  • 1 sdm santan kental



Cara buatnya gampang kok. Yang susah itu pas kuenya udah jadi. Iya, susah buat berenti ngunyah!



  1. Campur ketan putih dan hitam dengan perbandingan 3:2. 300 gram putih, 200 gram ketan hitam




  2. Cuci dan rendam 1 jam, begitu lunak. Remas2 berasnya hingga berasnya patah (jangan sampai hancur banget yah)




  3. Kukus setengah matang




  4. Angkat dan masukkan dalam wadah, tuangi santan 1 gelas, sambil diaduk hingga santan meresap




  5. Kukus kembali sebentar saja. Biar santannya meresap mantap




  6. Siapkan wadah cetakan tidak perlu diolesi minyak karena kan ketannya sudah mengandung santan ( biar hemat juga sih)




  7. Tuangkan ketan dalam cetakan, lalu di tekan-tekan hingga padat. Perlu kesabaran disini. Semakin lama di tekan semakin rapat dan lapisan keduanya nggak mungkin meleber ke bawah. Cara penekanan dimulai dari tepi. Seperti diusap-usap ke arah tengah, yg di tengah diusap melingkar, sambil sedikit di tekan. Begitu seterusnya sampai dirasa cukup padat dan rapat




  8. Kocok bahan kedua hingga berbuka




  9. Ketan dikukus kembali sampai uapnya naik, lalu masukin kocokan bahan 2 diatasnya. Lalu kukus deh hingga matang.



Jadi deh, mudah kan? nggak perlu jauh-jauh ke Makassar yah buat nyobain betapa manis dan gurihnya nih kue.

Resep ini diolah dari aplikasi cookpad by Samya Miskad

https://cookpad.com/id/resep/3280454-si-manis-legit-katiri-sala?via=search#

2. Berlayar cita Rasa bersama kue Tetu ( Kue Perahu) khas Sulawesi!

Lembut + Manis = Lezat

Lembut + Manis = Lezat via http://tunawisma.com

Kue tetu merupakan kue khas Sulawesi yang keberadaanya selalu ada di setiap bulan Ramadan. kue tetu kerap juga disebut kue perahu karena wadahnya yang berbentuk perahu. Wadah kue tetu terbuat dari daun pandan yang memberikan aroma khas nan menggugah selera. Masih dengan rasa penasaranmu kan? Yuk dicoba!

Bahan-bahan



  • 300 gram Tepung terigu




  • 1450 ml Santan cair sedang




  • Gula pasir Secukupnya




  • Daun pandan di bentuk perahu sebagai wadah




  • Bahan saos atasan :




  • 400 ml Santan kental




  • 4 sdm Tepung beras




  • 1/2 sdt Garam



Langkah



  1. Buat dua adonan dari tepung terigu dan santan. Adonan inti terbuat dari campuran tepung terigu dan santan lalu adonan saos siraman atas tetu terbuat dari campuran tepung, garam serta santan kental. Setelah kedua adonan selesai dicampur dengan rata dan tak bergerindil. Sisihkan.




  2. Panaskan panci kukusan. Lalu ambil saringan kukusan, tata cup daun pandan, beri 1 sdt gula pasir atau gula merah pada dasar cup lalu beri adonan dasar secukupnya kemudian kukus sekitar 3-5 menit lalu beri 1-2 sdm adonan saos atasan pada kukusan kue tetu kemudian kukus kembali sekitar 2-3 menit hingga matang. Jaga kestabilan api dan kadar air pada kukusan agar kukusan kue tetu tidak pecah 😃




  3. Setelah matang, angkat dan sajikan kue Tetu nya. Mudah dan sederhana cara membuatnya dengan rasa manis gurih dan wangi pandannya bikin nagih. 😊



Resep ini diolah dari aplikasi cookpad by Dapur Fitriyani

https://cookpad.com/id/resep/3908078-%F0%9F%8C%B3-kue-tetu-sederhana-ala-dapur-fitri-%F0%9F%8C%B3?via=search#

3. Tantang lidahmu dengan pedas mantap bebek atau ayam palekko bumbu khas bugis dan tingkat kepedasan yang mantappp!

Pedasnya Bikin nagih! Jangan lupa sajikan dengan nasi pulen hangat yah!

Pedasnya Bikin nagih! Jangan lupa sajikan dengan nasi pulen hangat yah! via https://makassarkuliner.com

Nah, buat sahabat Hipwee yang merindukan makanan berat tak perlu berisau-risau hati. Di sini saya akan nge share resep masakan yang kesohor seantero dunia cita rasa. Namanya bebek palekko, kalau pakai ayam disebut ayam palekko, jangan tanya kalau pakai kambing disebut apa? ( bercanda yah). bebek palekko ini merupakan makanan yang terbuat dari bebek atau ayam yang empuk berbalut bumbu-bumbu khas Bugis.

Biasanya disajikan dengan cita rasa pedas, tapi buat yang nggak suka pedas bisa disesuaikan kok. kabar baiknya resep ini bukan hanya cocok disajikan sebagai hidangan berbuka puasa, tetapi juga dapat disajikan di hari raya Idul Fitri. penasaran lagi kan? Jangan menyiksa dirimu, yuk dicoba!

Bahan-bahan



  • 1 ekor bebek (atau bisa diganti dengan ayam kampung)




  • garam atau bumbu penyedap rasa




  • secukupnya vetsin




  • 3 bks merica bubuk




  • 2 sdm kunyit bubuk




  • secukupnya asam jawa




  • bumbu halus




  • 10 siung bawang merah




  • 6 siung bawang putih




  • 20-30 biji cabe rawit (boleh ditambah jika suka.dan pisahkan dari bawang merah dan bawang putih)



Langkah



  1. Bersihkan bebek atau ayam dari kulitnya. Cuci hingga bersih dan potong kecil-kecil. Masukkan kedalam wadah tambahkan kunyit, asam jawa dan air. Sisihkan.




  2. Panaskan minyak,masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian tambahkan sereh yang telah digeprek.




  3. Masukkan merica bubuk. Aduk perlahan. Setelah harum dan agak matang masukkan cabe rawit yang telah dihaluskan.




  4. Tambahkan garam,vetsin dan penyedap rasa jika suka. Icip rasa dan aduk perlahan.




  5. Tambahkan bebek atau ayam yang telah direndam didalam campuran kunyit,air dan asam jawa. Masak hingga benar-benar matang dan empuk. Sajikan dengan nasi hangat



Resep ini diolah dari aplikasi cookpad by hardianti Wahyudi

https://cookpad.com/id/resep/831956-bebek-rica-rica-bebek-palekko-khas-bugis?via=search#

4. Perpaduan lembutnya tekstur kue bikang khas Bugis diguyur kentalnya toping gula merah!

Topingnya nyerap sampe kedalam. Pecahhh!

Topingnya nyerap sampe kedalam. Pecahhh! via https://smkn1majene.sch.id

Kue bikang merupakan kue yang hampir dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kue bikang sudah ada di mana-mana, di pulau Jawa, di Ambon dan beberapa wilayah Indonesia yang lain. Tiap wilayah punya ciri khas masing-masing, nah khusus sesi ini aku bakalan bagiin resep kue bikang khas Sulawesi Barat.

Ini tuh kue favoritnya aku, karena rasanya tuh balance, manisnya toping gula merah kental berimbang dengan rasa tawar nan lembut dari kue bikangnya. Selain itu tekstur kue bikang yang memiliki lubang kecil seperti pori, menjadi pintu masuk meresapnya seluruh toping. cara buatnya mudah banget kok, yuk disimak!

Bahan-bahan:


  • 350 gram Tepung Beras

  • 2 sendok makan Tepung Terigu

  • 900 ml Santan

  • 125 gram Gula Pasir

  • Garam secukupnya

  • Pewarna Kue secukupnya ( jika diperlukan)

  • 50 gram Areh / Santan Kental (direbus)

Cara Pembuatan:


  1. Ambil 200 ml santan, campur dengan 2 sdm tepung beras hingga larut. Masak di api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih, lalu angkat.

  2. Tuang ke dalam mangkok besar, tambahkan gula, garam, terigu, pewarna kue, dan sisa tepung beras. Aduk hingga rata sambil tuangi sisa santan hingga menjadi adonan yang licin

  3. Pukul-pukul adonan dengan telapak tangan selama sekitar 30 menit hingga adonan mulur dan ringan.

  4. Tuangi sisa santan, aduk hingga rata. Istirahatkan adonan selama 1 jam.

  5. Panaskan cetakan bikang di atas api sedang, tuang adonan ke dalam tiap lubang cetakan hingga hampir penuh. Tetesi sedikit adonan berwarna. Masak hingga matang.

  6. Angkat kue dengan mencungkil bagian bawah hingga kue merekah, lalu angkat.

  7. Susun di piring yang cantik dan Bikang Mandar siap disajikan.

Resep diolah dari blog Ngetren

https://www.ngetren.co.id/kuliner/resep-kue-bikang-mandar

5. Segarnya berbuka puasa dengan Binte Biluhuta khas Palu. Rasa lapar dan dahaga terobati sekaligus!

Kelezatan tiada tara dalam semangkuk yang kaya akan cita rasa

Kelezatan tiada tara dalam semangkuk yang kaya akan cita rasa via http://www.dapoeryuyu.com

Menu satu ini emang spesial, sangat cocok untuk dihidangkan disaat berbuka puasa. binte terbuat dari jagung manis, jadi udah ada karbohidratnya yang mengenyangkan, selain itu kuahnya yang segar bakalan cocok banget ditambahin perasan air jeruk nipis yang bisa melepas dahaga sahabat hipwee. Apalagi pas musim hujan, tak diragukan lagi betapa anda menghargai cuaca dengan menyajikan binte buluhuta ini.

Buat yang di luar kota Palu nggak perlu repot-repot buat bertandang yah, disini resepnya akan dibagikan secara gratis. yuk disimak !

Bahan-bahan



  • 100 gram Ayam suwir




  • 50 gram Jagung manis pipil




  • 10 gram Kelapa parut




  • 5 lembar Daun kemangi




  • Sereh




  • 1 biji Cabe rawit




  • 2 buah Jeruk lemon




  • 1 biji Bawang merah




  • 1/2 biji Bawang putih




  • Garam




  • Gula




  • Kaldu bubuk



Langkah



  1. Cincang bawang merah dan bawang putih sampai halus, tumis bawang merah, bawang putih, masukan sereh sampai tercium aroma harum.




  2. Masukan air 200 ml, tambah jagung pipil, ayam suwir, tunggu sampai mendidih, masukan bumbu secukupnya, tambahkan perasan jeruk lemon sampai terasa asam, tambahkan lagi gula, tambahkan kelapa parut.




  3. Setelah seleasi kasih toping dengan daun kemangi yg di potong sliced panjang. Dan selamat menikmati. Mudah kan:)



Resep diolah dari aplikasi cookpad

https://cookpad.com/id/resep/4757760-binte-bille-hutta?via=search#

Nah, Mudah kan sahabat Hipwee cara buatnya. Bahannya juga tradisional punya, jadi gampang banget buat dicoba. Selamat menikmati masakan khas Indonesia Timur. Bagiin ke teman-temanmu yah. Selamat Mencoba :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya