Nilai A, Siapa Takut? 6 Cara ini Bikin Kamu Konsiten dapat Nilai Maksimal!

Jangan persempit usahamu dengan ketakutanmu sendiri

“Kok kamu enak banget sih, bisa dapat nilai A terus, kelihatannya gitu gitu aja tapi kok setiap nilai keluar selalu dapet A?”

Bagi sebagian orang, dapat nilai A adalah pencapaian yang luar biasa, melihat nilai A gagah bertengger dilembar penilaian membuat kita bahagia sekaligus bersyukur, bisa menyelesaikan satu semester dengan hasil yang memuaskan. Walaupun nilai bukan segalanya, tapi tidak bisa dipungkiri, kalau kita dapet nilai bagus, pasti seneng juga kan, apalagi kalau dapet reward dari orang tua. Sebenarnya dapat nilai A diperkuliahan itu nggak sulit kok, coba deh terapin 6 cara ini agar nilai yang maksimal nggak cuma jadi impian semata

Advertisement

1. 1. Stay focus saat perkuliahan dan jauhi semua distraksi yang ada

Photo by Lum3n from Pexels

Photo by Lum3n from Pexels via http://www.pexels.com

Saat kamu sedang ada didalam kelas, usahakan kamu benar benar berkonsentrasi dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosenmu, catat dulu poin poin pentingnya, baru nanti dirapihin, dilengkapi dan dipercantik catatannya dirumah. Jauhi sejenak setiap gangguan yang ada.

Misalnya, matikan HP saat kelas sedang berlangsung agar kamu tidak tergoda untuk bermain sosmed maupun game selama kelas, atau jangan ngobrol cantik ya sama temen disampingmu, ngobrolnya nanti aja kalau udah selesai kelas.

Advertisement

2. 2. Memahami materi bukan menghafal materi

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via http://www.pexels.com

Banyak orang yang kadang belajar hanya sekedar menghafal materi luarnya saja tanpa tahu esensi apa yang dipelajari dan konsep dari materinya itu sendiri, ini yang terkadang buat kamu suka kesulitan saat dihadapkan dengan case study yang lebih mengendepankan pemikiran konsep secara analisis. Supaya kamu bisa paham suatu materi. 

Kamu bisa catat poin pentingnya, dan coba jabarkan dengan bahasa kamu sendiri, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengingat suatu materi pembelajaran.

3. 3. Buat target belajar harianmu dan konsistenlah

Advertisement
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Photo by Startup Stock Photos from Pexels via http://www.pexels.com

Membuat target belajar harian ini lebih difungsikan untuk melihat progresmu, sejauh mana kamu memahami materi dari suatu subject. Misalnya, hari ini kamu mau belajar grammar bahasa inggris, spesifiknya hari ini harus paham present perfect tense. Maka waktu belajar mu hari ini kamu alokasikan untuk memahami semua tentang present perfect tense. 

Mulai dari belajar formula nya, memahami bentuk kalimatnya, coba nulis contoh kalimatnya, sampai coba kerjain soal soal tentang present perfect tense, setelah itu lihatlah sejauh apa progress mu, jangan beralih ke materi yang lainnya sebelum kamu benar benar paham tentang materi yang sedang kamu pelajari. konsistenlah dalam melakukan cara yang sama untuk materi yang berbeda setiap harinya

4. 4. Kerjakan tugas sebaik mungkin dan kumpulkan tepat waktu

Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Photo by JESHOOTS.com from Pexels via http://www.pexels.com

Kadang nilai tugas memberikan persentase yang cukup besar dalam akumulasi nilai akhir, maka dari itu jangan sepelekan tugas yang diberikan oleh dosenmu, segera kerjakan dengan baik, jangan menunda nunda agar bisa dikumpulkan tepat waktu ya!

5. 5. Selalu hadir disetiap kelas

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via http://www.pexels.com

Selain agar tidak rugi untuk selalu mendapatkan materi baru disetiap pertemuan, sebagian univeristas juga memasukkan persentase kehadiran sebagai pertimbangan untuk bisa mengikuti ujian. Kan ngga lucu kalau kamu ngga bisa ikut ujian cuma gara gara sering bolos kuliah. Kalau nggak bisa ikut ujian otomatis nilainya ngga bakal keluar kan, jadinya ngga mungkin bisa dapat nilai A oke, mulai sekarang rajin kuliah ya!

6. 6. Perbanyak ibadah dan berdoa

Photo by Maurício Mascaro from Pexels

Photo by Maurício Mascaro from Pexels via http://www.pexels.com

Tak bisa dipungkiri bahwa Yang Maha Kuasalah yang menentukan segalanya, setelah semua ikhtiar yang telah kamu lakukan jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, selain itu kamu juga bisa nih perbanyak ibadah, misalnya jika kamu seorang muslim, kamu bisa perbanyak baca Al-Qur’an, shalat Rawatib, atau bahkan puasa sunnah. Bangun hubungan baikmu dengan Yang Maha Kuasa, agar kamu dipermudah dalam menjalani proses belajar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE