Jika Anda jenuh dengan rutinitas harian dan ingin merencanakan liburan singkat (one day trip), Yogyakarta mungkin bisa menjadi salah satu pilihan kota yang wajib dikunjungi. Simak ide perjalanan sehari di Yogya ini.

Tak hanya terkenal dengan keistimewaan daerahnya yang kental dengan adat Jawa, Yogya juga menghadirkan wisata alam yang sangat indah dan mempesona. Perjalanan di mulai dari stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa langsung menuju daerah Bantul untuk melihat matahari terbit dari atas bukit nan hijau.

1. Menjelajah daerah Dlingo, Bantul

dokumentasi pribadi via http://instagram.com

Daerah Kecamatan Dlingo di Bantul belakangan mulai diserbu para wisatawan karena kawasan ini memiliki banyak sekali wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, berikut kami rangkum beberapa tempat yang sangat instagramable;

1. Puncak Panguk

Salah satu tempat yang menyuguhkan pemandangan matahari terbit di pagi hari adalah Puncak Panguk. Destinasi ini sendiri merupakan kawasan perbukitan, lokasinya sendiri berada di Kediwung Dlingo, Bantul Yogyakarta. Bila anda cukup beruntung, Anda akan mendapatkan pemandangan bukit nan hijau dengan hamparan awan yang indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah dari pukul 05.00-07.00 bila anda ingin menyaksikan keindahan matahari terbit.

Advertisement

2. Jurang Tembelan

Masih berada di daerah yang sama, Jurang Tembelan merupakan lokasi yang wajib dikunjungi bila Anda suka berfoto ria. Pemandangan di tempat ini tak kalah indahnya, ada beberapa gardu pandang yang unik dan menjadi incaran wisatawan untuk berfoto. Salah satu contohnya adalah gardu pandang berbentuk Kapal Titanic, gardu pandang ini menjadi incaran utama untuk berfoto karena terletaknya di bibir bukit dan pemandangan indah perbukitan dan Sungai Oyo, sehingga foto yang dihasilkan akan mempesona.

3. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu destinasi di kawasan hutan pinus yang ada di Dlingo. Tempat wisata yang satu ini sangat populer dikalangan wisatawan, selain menghadirkan pesona pohon pinus yang berjejer rapi, tempat ini juga memberikan hawa yang sejuk nan asri. Selain itu, terdapat kebun bunga yang berwarna-warni di dalam hutan. Ada beberapa hutan pinus lainnya, yaitu; Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Pengger dan Puncak Pinus Becici.

2. Merasakan sensasi Off Road

Datang ke Yogya, jangan lewatkan keseruan mengendarai mobil Jeep dengan menjajal Lavatour. Anda akan dibawa menyusuri jalanan berbatu bekas erupsi Merapi menggunakan mobil Jeep, medan yang menantang dan sulit akan memacu adrenalin Anda. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak mampir ke beberapa destinasi pasca letusan seperti Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem dan Rumah mendiang Mbah Marijan tergantung jarak rute yang akan Anda ambil. Pada akhir perjalanan, wisatawan akan diajak bermain air di Kali Kuning, hal ini akan menambah keseruan perjalanan Anda!

3. Menikmati senja di Borobudur

dokumentasi pribadi via http://instagram.com

Siapa yang tidak tahu dengan kepopuleran Borobudur yang merupakan salah satu warisan dunia, destinasi wisata ini sangat popular di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Keindahannya pun makin memukau saat senja tiba, jika beruntung Anda akan menyaksikan awan berarak di atas langit Borobudur menjelang matahari terbenam sambil melihat perbukitan di sekitarnya. Suasana hening yang terasa semakin menambah perasaan tenang dan nyaman setelah seharian penuh bertamasya.

4. Menutup perjalanan dengan secangkir Kopi Joss (Kopi Arang)

Jalan-jalan di Yogya belum lengkap sebelum menjajal angkringan khasnya. Anda dapat menemukan angkringan di setiap sudut kota, salah satunya yang berada disamping stasiun Tugu. Menu yang ditawarkan tidaklah terlalu beragam dan kelihatan mewah. Namun Anda dapat merasakan suasana hiruk pikuk kota sambil bersantai dan melihat Yogya dari sudut pandang yang berbeda. Tempat ini cukup diminati oleh segala kalangan dan tempat yang asik untuk mengobrol menghabiskan waktu, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan pulang.

5. Sunrise di Puncak Panguk menantimu!

dokumentasi pribadi via http://instagram.com

Sekiranya itinerary perjalanan sehari keliling Yogya ini bisa menjadi ide menarik yang dapat membantu traveler untuk merencanakan liburannya.