Hidup yang dijalani setiap orang merupakan pilihan mereka sendiri. Namun, mengerjakan dan menghabiskan waktu dengan suatu aktivitas merupakan pilihan prioritas dari setiap manusia, baik tenaga maupun pikiran. Tapi, apakah kegiatan yang kamu lakukan merupakan kegiatan yang produktif setiap harinya, atau hanya masuk dalam kategori menyibukkan diri? Simak penjelasan berikut ini!

1. Orang produktif memilah kesempatan yang diambil, orang sibuk membuka kesempatan yang ada

Memang saat dalam mengambil setiap kesempatan merupakan hal yang menggiurkan, namun ada saatnya kesempatan itu ditentukan dengan standar kemampuan dan waktu yang kamu butuhkan untuk memperjuangkan kesempatan itu agar mencapai tahap berhasil, dan perlu keseriusan pada satu hal yang akan kamu jadikan hal yang utama. Jangan sampai menyesal apabila kamu tidak mampu mempertanggungjawabkan apa yang sudah kamu ambil alih ya. So, think twice guys!

2. Orang produktif membuat perubahan, orang sibuk membicarakan bagaimana mereka akan berubah

Hal yang direncanakan pastinya sesuatu yang penting untuk dilakukan ke depannya, hal itu akan lebih menakjubkan apabila kita mampu membuat perubahan besar dan berdampak pada sekitar kita. Namun, ada baiknya kamu tidak membuang waktu untuk membicaran rencana kamu, tapi lakukan apa yang seharusnya kamu perbuat.

Advertisement


"Sekedar berubah saja tidak cukup, kamu butuh berubah lebih baik lagi."


3. Orang produktif memiliki misi, orang sibuk ingin terlihat mempunyai misi

Orang yang produktif biasanya membiarkan orang lain melihat mereka diragukan dalam langkah yang diambil karena mereka sudah mempunyai tujuan yang jelas, tapi orang sibuk biasanya sibuk meyakinkan orang lain bahwa mereka tidak patut untuk diragukan dan mereka berpura-pura yakin dalam hal yang mereka ambil. Namun, sebenarnya mereka sendiri ragu terhadap dirinya sendiri.


"Keinginan kita yang paling dalam bukanlah semata-mata keinginan akan kesenangan, melainkan beberapa tujuan utama yang akan menggabungkan semua kekuatan kita dan memberikan kesatuan dan arah bagi kehidupan kita." (Henri J. Golding)


4. Orang produktif sedikit prioritas, orang sibuk banyak prioritas

Pada dasarnya kehidupan merupakan hal yang tidak terlalu sibuk, namun tuntutan itulah yang membuat seseorang akhirnya bergerak untuk mengikuti arus jaman. Apabila keluarga merupakan hal terpenting, itu juga merupakan prioritas dan beberapa hal lain yang membuat anda merasa penting itu sudah bisa disebut prioritas. Tapi, apakah mempunyai 30 prioritas merupakan nilai dari 'prioritas' itu sendiri? tentunya tidak. Anda pastinya akan menemukan kekacuan yang sangat banyak serta menjadikan beban pikiran dan stres yang mengganggu. Jadi, biarkan hal yang menjadi prioritas anda merupakan hal yang juga menuntut hidup anda berpikir dengan sehat.

5. Orang produktif fokus, orang sibuk multitasking

Orang produktif tahu bagaimana mereka fokus pada apa yang mereka kerjakan dan menjadikannya tanggung jawab yang penuh. Karena kemampuan mereka, gangguan dari luar dapat mereka hadapi dengan baik dan benar, dan pandai dalam memberikan kepercayaan pada tugas-tugas penting yang akan dipercayakan kepada kolega mereka. Sementara orang sibuk mengerjakan banyak tugas dan tidak fokus dalam tugas yang dijalankan. Sehingga sering menunda dan menyerahkan tugas tersebut terhadap orang yang tidak terpercaya sehingga tanggung jawab yang diberikan menjadi suatu hal yang merugikan.


"Saya yakin bahwa tujuan paling utama dari hidup kita adalah mencari kebahagiaan. Itu jelas. Apakah seseorang meyakini agama atau tidak, apakah seseorang meyakini agama ini atau agama itu, kita semua sedang mencari sesuatu yang lebih baik dalam hidup. Maka saya pikir, gerakan paling dasar dari hidup kita adalah menuju kebahagiaan."Dalai Lama XIV