Dalam dunia percintaan, selingkuh menjadi hal yang sangat menyebalkan bahkan sangat menyakitkan. Ketika kamu berusaha menjaga komitmen dengan baik, namun pasanganmu justru mengkhianatimu begitu saja. Ada rasa kecewa, marah, benci, dan menyesal. Sewajarnya rasa itu menghampiri kamu ketika orang ketiga merusak kebahagianmu. Semua orang yang pernah dikhianati pasti merasa bimbang untuk memaaafkan pasangan atau tidak. Meskipun sebagian besar kamu mungkin memilih untuk tidak melakukannya.

Seseorang yang bisa memaafkan pasangan yang selingkuh mungkin hanya segelintir orang saja di dunia ini. Itupun jika pasangan yang selingkuh telah meminta maaf dengan tulus dan mengakui bahwa perselingkuhannya disebabkan oleh khilaf semata. Namun, jika seseorang menganggap selingkuh adalah hobi beda lagi ceritanya.

Tidak ada salahnya untuk memaafkannya supaya hatimu bisa terbebas dan tidak dikotori oleh perasaan benci. Sesakit-sakitnya sebuah pengkhianatan, kamu tetap harus memaafkannya. Kamu tidak harus membenarkan perbuatannya, namun kamu dapat menerima kesalahannya. Belajarlah untuk memaafkan agar kamu dapat melanjutkan hidup seperti biasa.

Berikut ini alasan penting kenapa kamu harus tetap memaafkan pasanganmu yang selingkuh:

1. Kebaikan yang pernah ia lakukan untukmu

Kehangatan yang ia berikan menjadi pertimbangan untuk memaafkan via http://pixabay.com

Jika selama menjalani komitmen denganmu, ia selalu memberi kebaikan-kebaikan padamu maka renungkanlah untuk tidak membencinya. Pengorbanan yang pernah ia lakukan untukmu patut dipertimbangkan supaya kamu tidak terlalu membencinya. Misalnya, kamu membayangkan ketulusan-ketulusan yang pernah dia lakukan untukmu.

2. Rasa cinta dan sayang

Genggaman tangan yang erat via http://pixabay.com

Menjalani hubungan yang tidak sebentar membuat rasa cinta dan sayangmu kepada pasangan makin besar. Meskipun ia sudah mengkhianatimu, terkadang rasa cinta dan sayang tidak bisa hilang begitu saja. Tidak mengapa, kamu hanya perlu berdamai dengan rasamu sendiri. Kamu tidak perlu melawan rasamu itu, cukup peluk erat rasa itu dan kamu dekap dalam-dalalm. Supaya kamu mudah memaafkannya.

3. Pengakuan dan penyesalannya

Advertisement

Rasakan penyesalan pasanganmu via http://pixabay.com

Jika ia sudah berusaha menunjukan pengakuan dan penyesalannya bahawa ia pernah selingkuh. Maka kamu tidak perlu menutup hatimu untuk membencinya. Sebab, dengan ia menyadari kesalahannya maka ia akan berusaha memperbaiki kesalahan yang pernah ia lakukan.

4. Tidak ada manusia yang sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna via http://pixabay.com

Kamu perlu tahu, di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Tidak ada salahnya jika ia sudah menyesali perbuatannya lalu kamu beri kesempatan kedua untuknya. Memberi waktu dan kesempatan untuk membuktikan janji-janji kehidupan yang ia buat.

5. Koreksi diri

Koreksi diri, jangan salahkan orang lain via http://pixabay.com

Bisa jadi pasanganmu selingkuh akibat dari perbuatanmu sendiri. Apakah kamu pernah berfikir dan mengkoreksi dirimu? Mungkin ada yang salah dengan dirimu, kamu yang terlalu posesif, atau kamu yang kurang memperhatikannya sehingga ia berpindah ke lain hati. Dengan kamu mengkoreksi kesalahanmu, kamu akan lebih mudah memaafkan pasanganmu yang selingkuh.