Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas sebagian ulasan tentang “Apa yang perlu para cewek ketahui tentang cara berpikir cowok” menurut buku For Young Women Only karya Shaunti Feldhahn & Lisa A. Rice. Buku ini sekaligus saya rekomendasikan buat semua cewek yang lagi kebingungan menghadapi sikap cowok atau pun yang sedang berada dalam pergumulan khusus baik tentang dirinya atau bahkan relationshipnya.

Shaunti dan Lisa sudah melakukan riset yang cukup mendalam untuk menulis buku ini. Riset ini dilakukan dengan mengadakan survei, wawancara, dan menyewa jasa beberapa ahli untuk menguji apakah semua informasi yang mereka peroleh dari semua responden (kaum cowok dari beberapa kalangan) itu benar atau tidak. Tujuan penulisan buku ini bukan untuk membuat para cewek mengubah para cowok dalam hidup mereka, tetapi agar para cewek mengubah dan meningkatkan kualitas diri mereka sendiri.

Sedari awal Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan itu unik sesuai dengan kehendak-Nya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kekurangan itu ada agar mereka hidup saling melengkapi satu sama lainnya. Karena diciptakan berbeda, seringkali para cewek tidak mengerti bahwa hal sepele dapat menjadi hal yang besar buat cowok.

 

1. Cowok lebih suka merasa kesepian dan tidak dicintai daripada merasa tidak mampu dan tidak dihargai

Para Cowok Juga Ingin Dihargai

Para Cowok Juga Ingin Dihargai via http://www.google.com

Cukup mengherankan ya, ladies. Tapi inilah yang dirasakan para cowok umumnya. Betapa pentingnya sebuah rasa hormat dan penghargaan bagi hidup mereka. Bahkan berdasarkan survei, para cowok mengatakan bahwa dicintai cewek itu tidak terlalu penting bahkan dibenci pun tak apa, yang paling penting adalah mereka ingin dihargai dan dihormati para cewek.

 

Yang dibutuhkan cowok adalah rasa hormat yang tanpa syarat-dihargai seperti apa adanya mereka, tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka lakukan. -Shaunti&Lisa

 

Bagi para cowok, mereka berharap para cewek dapat melihat sesuatu yang dapat dihargai tentang diri mereka. Sesuatu yang akan membuat para cowok merasa kuat dan layak dipercaya. Mereka akan sangat tertarik dengan cewek yang membuat mereka merasa lebih dihargai. Bahkan dalam Alkitab pun, Tuhan mengajarkan suami untuk mengasihi istrinya, dan mengajarkan istri untuk menghormati suaminya.

Hal ini memberikan gamabaran jelas buat para cewek bahwa perempuan butuh kasih sayang sedangkan laki-laki butuh rasa hormat. Kalau semua cewek dan cowok memahami hal ini dan dapat mempraktekannya dalam hidup mereka, mungkin konflik yang sia-sia dapat dihindari.

Seorang cowok dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa ego cowok adalah sesuatu yang paling mudah pecah di planet ini. Cowok terlahir sebagai makhluk yang paling sulit mengekspreksikan perasaan mereka seperti para cewek umumnya yang lebih mudah menangis dan mengatakan segalanya. Percaya atau tidak, Tuhan memberikan para cewek kemampuan untuk meruntuhkan seorang cowok atau membangunnya.

Dan para cewek harus menggunakan kemampuan itu dengan bijaksana. Bahkan seringkali kita mendengar

Di balik kesuksesan seorang pria, ada seorang wanita hebat yang selalu mendukungnya.

2. Cowok Sering Merasa Tidak Percaya Diri

Kadang Mereka Merasa Tidak Aman

Kadang Mereka Merasa Tidak Aman via http://www.google.com

Yap. Para cowok juga bisa merasa kurang percaya diri sehingga seringkali mereka harus berjuang menekan perasaan mereka dan berusaha agar orang lain tidak mengetahuinya. Kebayang kan gimana beratnya penderitaan mereka, ladies?

Para cowok selalu memikirkan tentang apa yang orang lain pikirkan tentang mereka. Kadang mereka mencoba untuk terlihat seolah-olah mereka tahu apa yang harus dilakukan, meskipun sebenarnya mereka tidak tahu. Para cowok memang tidak sekuat yang kita pikirkan, ladies. Sungguh, butuh hati yang besar untuk memahami itu.

 

Pria ingin menaklukkan Everest, tetapi mereka juga tahu bahwa mereka juga menanggung resiko gagal yang memalukan jika mereka nekad melakukan itu. -Shaunti&Lisa

 

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa para cowok sangat membutuhkan seorang cewek yang benar-benar dapat membuat mereka merasa begitu berharga dan berarti di mata cewek. Lalu apa kata Tuhan tentang hal ini? Tuhan berfirman dalam kitab Kejadian bahwa tidaklah baik jika laki-laki itu sendirian. Tuhan tahu bahwa laki-laki tidak sempurna tanpa perempuan- meskipun Tuhan juga ada di sana. Kerinduan untuk “disempurnakan” oleh perempuan memang diberikan Tuhan dalam hati setiap laki-laki.

3. Hati Mereka Rapuh

Para Cowok Juga Memiliki Yati Yang Lembut

Para Cowok Juga Memiliki Yati Yang Lembut via http://www.google.com

Yang membuat para cowok mudah terluka adalah banyaknya emosi yang mereka pendam namun tidak tahu bagaimana cara mengungkapkannya. Bahkan dalam survei, para cowok pun menyadari bahwa mereka sewaktu-waktu dapat menjadi sama sensitifnya seperti cewek.

Para cowok mengakui bahwa mereka benci dihakimi secara negatif oleh cewek, bertengkar dengan cewek, dibohongi dan menjadi bahan gosip cewek, mereka benci saat pacar mereka cemburuan dan pendendam, dan yang terakhir yaitu sifat yang keji seperti: menghancurkan reputasi cowok dan perkataan menusuk sampai ke hati mereka.

4. Menjadi Cewek Yang Membuat Cowok Ingin Berteman Dengannya

Jadilah

Jadilah "Aman" via http://www.google.com

Berdasarkan hasil survei Shaunti dan Lisa terhadap beberapa kalangan cowok, umumnya mereka menghargai cewek yang bersifat "aman", karena mereka tidak hanya menjadi teman yang baik, tetapi juga benar-benar luar biasa di hati cowok. Dan mereka bersedia meruntuhkan benteng pertahanan mereka bagi cewek-cewek yang mereka tahu aman.

Lalu, bagaimana para cewek bisa menjadi cewek-cewek "aman" seperti itu? Menurut para cowok yang telah diwawancarai, hal-hal yang luar biasa dari cewek yang mereka percayai adalah: "Mendengarkan, mengenal, dan mengerti apa yang sedang dialami seorang cowok", dan juga "Membuat para cowok merasa luar biasa dengan diri mereka sendiri".

5. Kekuatan yang besar = Tanggung jawab yang besar

The Power Of Giving

The Power Of Giving via http://www.google.com

Dalam buku ini, Shaunti dan Lisa mengingatkan kita para cewek bahwa meskipun cowok-cowok di sekitar kita mungkin tampak besar dan tegar, ingatlah bahwa ada bocah kecil dalam diri setiap mereka, yang mudah terluka dan mencari tempat yang aman di mana dia bisa menjadi nyata. Dan Aturan Emasnya adalah:

Lakukan kepada orang lain seperti yang kamu ingin agar orang lain lakukan kepadamu.”

Kamu ingin seorang sahabat? Maka jadilah seorang sahabat. Kamu ingin suatu tempat yang aman untuk rahasia-rahasiamu? Maka jadilah orang yang bisa menyimpan rahasia. Apakah kamu ingin dibangun dan diakui? Maka lakukan yang sama kepada orang-orang yang kamu kasihi.

 

Apa yang sekarang kamu pelajari tentang bagaimana berhubungan baik dengan cowok itu akan kamu bawa hingga ke semua hubunganmu pada masa depan. -Shaunti&Lisa

 

So, ladies, sudah siap untuk lebih menghargai kaum cowok mulai hari ini? Hargailah mereka, sebagaimana dirimu juga ingin dihargai.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya