Pasti Dilirik Tetangga, Ini 5 Desain Carport Mewah yang Bikin Mobil Makin Berkelas

Inspirasi Desain Carport Mobil Mewah

Carport atau tempat parkir kendaraan di rumah biasanya jadi alternatif atau pengganti garasi. Apalagi buat rumah yang luas tanahnya terbatas, pemilik rumah atau pengembang properti mengorbankan garasi untuk jadi ruangan yang lebih fungsional kayak kamar tidur, powder room, atau ruang kerja. Jadinya, garasi digantikan sama carport, deh.

Salah satu kekurangan carport dibanding garasi emang penyimpanan mobil jadi kurang terlindungi. Walaupun ada atapnya, mobil masih berpotensi lebih banyak terkena sinar matahari dan hujan dibandingkan kalau disimpan di dalam garasi.

Cuma, kalau lahan terbatas atau punya banyak kendaraan, carport tetep bisa melindungi mobil atau motor dari hujan dan panas yang bisa merusak cat dan interior kendaraan. Lebih lanjut, carport yang didesain dengan serius bisa jadi tambahan elemen eksterior dan fasad rumah yang cantik dan menarik juga, loh.

Salah satu indikator carport yang keren dan mewah adalah carport yang enggak kerasa cuma tempelan doang. Bukan cuma sebatas pasang kanopi aja, tapi gimana merancang carport buat jadi bagian yang selaras sama fasad hunian.

Buat kamu yang lagi rencana mau bangun atau renovasi carport di rumah, Dekoruma udah nyiapin lima inspirasi carport yang mewah, fungsional, mampu melindungi kendaraan kesayanganmu, bahkan multifungsi dan berteknologi mutakhir, loh. Penasaran, kan?

Advertisement

1. Memanfaatkan Struktur Bangunan yang Melayang Buat Jadi Carport. Tampilan Tanpa Pilar yang Keren dan Mewah

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Ilustrasi di atas salah satu contoh yang pas tentang gimana struktur dan fasad rumah bisa dimanfaatkan jadi carport yang keren dan mewah. Eksterior rumah didesain dengan elemen melayang atau floating. Bagian rumah yang melayang tanpa pilar kasih tampilan yang kontemporer dan keren.

Bagian yang menjorok ke luar ini membentuk area beratap yang bisa dimanfaatkan sebagai carport kayak gini. Posisinya di pintu depan juga berarti akses penghuni rumah ke mobil yang terparkir di carport ini bakal lebih gampang. Terlindungi dari panas dan hujan tanpa perlu menambah kanopi, aksesoris rumah, atau struktur lain.

Advertisement

2. Carport dengan Struktur dan Gaya yang Mengikuti Keseluruhan Eksterior Rumah. Enggak Berasa Cuma Tempelan Doang, Deh!

Sumber: Mr Verandah

Sumber: Mr Verandah via https://mrverandah.com.au

Cara lain buat bikin carport terasa jadi bagian rumah seutuhnya adalah dengan bangun carport yang struktur dan gayanya senada sama eksterior hunian. Carport memakai struktur dan kolom yang sama dengan bangunan utama rumah. Tampak lebih kokoh dan selaras sama keseluruhan desain eksterior rumah.

Enggak sampai di situ aja, genteng pun juga dibuat sama dengan rumah utama. Atap pelana pakai genteng tanah liat yang sama dengan genteng di bangunan utama. Carport akan jauh lebih awet daripada cuma memakai kanopi dan membuat kendaraan lebih terlindungi.

3. Pemilihan Kanopi yang Punya Tampilan Mulus dan Menawan. Cocok Sama Garasi dan Tampilan Keseluruhan Rumah Modern Minimalis

Advertisement
Sumber: Renson Outdoor

Sumber: Renson Outdoor via https://www.renson-outdoor.com

Kalau kamu memutuskan pakai kanopi, pilihlah kanopi yang kualitasnya mumpuni dan desainnya senada sama desain keseluruhan rumah. Kanopi yang sering dipakai sekarang ini adalah kanopi baja ringan yang tahan karat dan awet. Desain kanopi pun perlu diatur sedemikian rupa supaya cocok.

Seperti kanopi yang satu ini. Finishing-nya mulus berwarna hitam untuk menyesuaikan sama pintu garasi. Panel atapnya dibuat minimalis dan minim ruas-ruas khas kanopi baja ringan. Berpadu sama panel kayu di dinding garasi dan lantai beton, carport jadi kelihatan elegan.

4. Tambahkan Aksen Panel Kayu Pada Plafon dan Dinding Carport. Beri Privasi dan Perlindungan Lebih Buat Kendaraan

Sumber: bsq Landscape Architects

Sumber: bsq Landscape Architects via https://www.bsqdesign.com

Selain panel baja ringan konvensional, kalian juga bisa berkreasi pakai panel kayu untuk aksen atap dan dinding carport kayak gini. Jadinya, carport jadi lebih tertutup mirip kayak garasi tanpa pintu. Kendaraan pun jadi lebih terlindungi bukan cuma dari atas, tapi juga dari samping.

Penggunaan panel kayu pun menambah tekstur yang alami dan warna yang kontras sama kanopi baja ringan hitam. Pemilik rumah juga menambahkan lampu hiasan gantung yang memberikan penerangan dan suasana yang hangat dan elegan pada carport di malam hari.

5. Futuristik, Canggih, dan Hemat BIaya Listrik Buat Jangka Panjang. Investasi Masa Depan dengan Atap Carport Berpanel Surya

Sumber: TOPCAR

Sumber: TOPCAR via https://www.topcarnews.co.uk

Merespon biaya listrik yang semakin mahal, beberapa orang udah mulai pasang panel surya buat menghidupkan rumah mereka. Baik untuk daya listrik sebagian atau penuh, panel surya bisa jadi alternatif dan investasi masa depan yang lebih hemat biaya untuk jangka panjang.

Panel surya biasanya dipasang di atap bangunan rumah utama. Nah, kenapa enggak pasang panel surya di atap carport kayak gini? Carport yang lokasinya di depan atau samping rumah dapat banyak sinar matahari di siang hari. Panel surya juga jadi alternatif yang lebih multifungsi dan bermanfaat daripada atap kanopi baja ringan biasa atau kaca, 'kan. 

Karena carport yang akan dibangun enggak cuma sekadar pasang kanopi aja, ada baiknya kalian konsultasi dan menggunakan jasa desain interior. Di kota-kota besar, seperti jasa desain interior Jakarta, desain interior Bandung, atau Surabaya, mampu untuk mendesain carport yang mewah, fungsional, dan menyatu dengan rumah utama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE