5 Pekerjaan Paling Menjanjikan untuk Fresh Graduate dari Semua Jurusan

5 pekerjaan ini nggak pandang jurusan, cocok untuk fresh graduate

Lulus dari bangku kuliah/sekolah bukanlah akhir dari proses, justru perjalanan hidup sebenarnya tuh baru dimulai. Yap, tahap selanjutnya adalah mencari pekerjaan, tentu bukan perkara yang mudah apalagi buat fresh graduate yang sama sekali belum punya pengalaman.

Galau memang menentukan pekerjaan pertama, harus ngikutin passion atau ambil peluang baru yang ada di depan mata. Tapi sebagai fresh grad sebenarnya nggak jadi masalah besar kalau menjatuhkan pilihan pertama pada bidang kerja yang bukan passion kita. Setidaknya kamu paham dulu gimana kondisi dunia kerja yang sesungguhnya.

Nah, untuk membekalimu dengan pengalaman kerja, kamu bisa memilih beberapa pekerjaan yang biasanya menerima kandidat dari semua jurusan.

Advertisement

1. Sebagai salah divisi terpenting dari perusahaan, karyawan sales biasanya berasal dari berbagai latar belakang pendidikan

Photo by yanalya via freepik

Photo by yanalya via freepik via http://freepik.com

Profesi yang satu ini masih sering dipandang sebelah mata, padahal banyak perusahaan yang menawarkan jenjang karir yang menjanjikan lho. Jadi sales itu nggak perlu punya latar belakang pendidikan khusus.

Asalkan kamu punya kemampuan komunikasi, negosiasi, bisa bekerja dengan target, ulet, dan punya pendekatan emosi yang baik, kamu bisa memilih bidang karir ini. Selain itu, kamu juga dituntut punya cara kreatif untuk mempromosikan produk/jasa agar lebih menarik calon konsumen/klien.

Advertisement

2. Jangan diremehkan, jadi staf administrasi juga butuh beberapa keterampilan dasar, fokus dan ketelitian jadi kunci utamanya

Photo by senivpetro via freepik

Photo by senivpetro via freepik via http://freepik.com

Staf administrasi jadi profesi berikutnya yang bisa kamu pilih sebagai batu loncatan dalam berkarir. Meskipun banyak yang bilang pekerjaan sebagai staf admin ini gampang, nyatanya nggak sesederhana itu.

Kamu tetap perlu beberapa keterampilan untuk mendukung pekerjaanmu, kamu harus punya ketelitian, cermat, rapi, juga daya ingat yang tinggi.

Sebagai admin umumnya kamu ditugaskan menyusun dokumen, mencatat, menyimpan, dan kegiatan pengarsipan lainnya.

Advertisement

3. Customer service harus piawai menjaga moodnya biar pelanggan merasa nyaman dan loyal

Photo by pressfoto via freepik

Photo by pressfoto via freepik via http://freepik.com

Selain sales dan staf admin, customer service juga jadi profesi yang populer di kalangan fresh graduate. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan posisi ini, mulai dari perusahaan telekomunikasi, perbankan, sampai start-up yang pertumbuhan dan jumlahnya semakin meningkat.

CS merupakan salah satu garda terdepan dan representasi sebuah perusahaan. Profesi ini menuntutmu punya keahlian komunikasi yang baik, kesabaran, dan kecerdasan emosional yang tinggi. 

4. Jadi pegawai bank nggak harus dari jurusan perbankan, akuntansi, dan keuangan aja lho, semua jurusan punya peluang

Photo by katemangostar via freepik

Photo by katemangostar via freepik via http://freepik.com

Buat jadi seorang bankir yang selalu berurusan dengan uang, nggak melulu lulusan akuntansi, bisnis atau perbankan kok.

Posisi teller atau customer service di bank juga banyak diisi oleh lulusan dari luar jurusan keuangan atau perbankan. Umumnya bank mencari pegawai dengan kualifikasi seperti usia maksimal, tinggi badan, berat dan tinggi badan proporsional, dan penampilan yang menarik. Yang terpenting kamu punya skill komunikasi yang baik, ulet, dan mau belajar.

5. Era media sosial gini, keberadaan content creator lagi banyak dicari, modal kreativitas bisa jadi creator papan atas!

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Pasti ada deh diantara kenalanmu yang sekarang ini sudah jadi seleb di media sosial. Selebgram, selebtwit, seleb tik tok, kamu pun bisa asalkan rajin membuat konten yang menghibur atau bermanfaat bagi banyak orang.

Intinya sih kreativitas, konsisten menyajikan konten secara rutin, bisa melihat tren, kebutuhan audiens, dan perkembangan informasi yang ada.

Temukan informasi lowongan kerja ter-update dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE