Kalian pasti sudah tak asing dengan Hipertensi atau darah tinggi bukan? Benar, Hipertensi atau darah tinggi adalah satu keadaan kritis di mana tekanan darah pada arteri bertambah, bahkan juga penyakit yang satu ini juga dikatakan sebagai silent killer karna bisa membunuh dengan diam-diam karna tidak sering mempunyai tanda yang pasti.

Pasien hipertensi diatas umur 18 th. sudah menjangkau sampai 25, 8% dari jumlah masyarakat Indonesia pada th. 2013. Dari angka itu, pasien hipertensi pada wanita semakin banyak 6% dari pada lelaki. Sinyal serta tanda hipertensi krisis biasanya diikuti dengan sakit kepala kronis, dada berdebar, masalah pandangan, sulit bernafas dan detak jantung tidak teratur.

Pemicu Darah Tinggi

Sebagian aspek penyebab terjadinya penambahan resiko hipertensi :

1. Usia

Faktor Usia

Faktor Usia via https://google.com

Resiko hipertensi makin bertambah bersamaan dengan menambahnya umur seseorang.

2. Keturunan

Keturunan atau genetik

Keturunan atau genetik via https://google.com

Mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit hipertensi bisa tingkatkan resiko untuk alami keadaan yang sama.

3. Rutinitas Merokok

Advertisement

Kerap merokok bisa mengakibatkan meningkatnya resiko hipertensi lantaran rokok tersebut bisa tingkatkan tekanan darah dan mempersempit dinding arteri.

4. Kelebihan berat badan

Obesitas

Obesitas via https://google.com

Kandungan oksigen serta nutrisi yang mengalir lewat darah sesuai sama berat tubuh. Bila berat tubuh berlebihan jadi juga akan diperlukan oksigen serta nutrisi semakin banyak hingga diperlukan juga volume darah semakin banyak. Serta sewaktu volume darah bertambah jadi tekanan darah juga juga akan turut bertambah.

5. Sering konsumsi garam serta gula

Garam dan Gula

Garam dan Gula via https://google.com

Terus-terusan konsumsi garam serta gula terlalu berlebih pada makanan dapat juga menyebabkan berlangsung resiko hipertensi karna jika kandungan garam atau gula berlebihan pada badan jadi juga akan berlangsung penimbunan cairan pada badan yang nanti juga akan tingkatkan tekanan darah pada badan.

6. Jarang berolahraga

Malas beraktivitas

Malas beraktivitas via https://google.com

Advertisement

Orang yang jarang sekali olahraga relatif mempunyai detak jantung yang lebih cepat, hingga jantung jadi bekerja lebih keras. Jantung yang bekerja lebih keras juga akan mengakibatkan meningkatnya tekanan darah.

7. Konsumsi minuman keras

Minuman Keras

Minuman Keras via https://google.com

Kandungan alkohol pada minuman keras bisa menyebabkan rusaknya pada organ jantung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya