Sebagaimana layaknya perempuan normal, gue sebagai perempuan juga punya sebuah keinginan. Keinginan gue ini berawal karena gue teracuni oleh para beauty influencer, yaitu resolusi untuk memiliki kulit flawless. Resolusi ini tercetus baru dua bulan terakhir. Kenapa gue mencetuskan #menujuflawless2018? Karena gue sadar, makeup mahal sekalipun nggak menjamin kalian bisa dapetin wajah yang bener-bener flawless kalo nggak dibarengi dengan ngerawat kulit.

Badewai, apa sih flawless?

Belakangan ini, banyak terlontar istilah baru dalam dunia perkosmetikan. Di antaranya flawless dan glowing. Jadi, flawless adalah keadaan kulit wajah yang mulus bebas noda. Kalo glowing, keadaan kulit yang lebih cerah, bersih dan sehat. Kenapa gue lebih memilih resolusi untuk menjadi flawless dan bukan glowing? Karena gue punya banyak bekas jerawat. Kalo gue meresolusikan untuk flawless dan glowing di saat yang bersamaan, itu membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Gue fokusin dulu satu-satu.

Hasil makeup yang oke, bisa didapetin dengan dempul. Tapi akan lebih oke kalo kita ngerawat kulit wajah lebih dulu. Makeup itu ibarat seni melukis dan kulit wajah adalah medianya. Kalo medianya udah bagus, ‘warna’ yang diaplikasiin di atasnya juga bakal hidup. Kalo kulit wajah udah mulus, nggak perlu yang namanya makeup dempul. Tips yang gue kasih adalah basicnya. Karena gue juga belom expert banget masalah ginian.

Desclaimer: ini berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Kenali jenis kulit wajah

Ini basic banget. Kalo mau pake kosmetik, kenali dulu jenis kulit wajah kalian. Jenis kulit beda ya sama masalah kulit. Kalo jenis kulit itu normal, berminyak, kering atau kombinasi. Kalo kusam, jerawat, bruntusan atau komedo itu termasuk masalah kulit.

2. Kenali kandungan produk

Kandungan produk

Kandungan produk via http://www.colistaskincare.com

Setelah kalian tau jenis kulit dan masalah kulit wajah kalian, langkah selanjutnya adalah menentukan kandungan produk yang akan kalian gunakan. Contoh umumnya, kalo kulit kalian kering, gunakan produk yang mengandung atau berbahan dasar minyak. Karena minyak akan menghidrasi kulit kering kalian. Sebaliknya, jika kulit kalian berminyak, hindari produk yang mengandung atau berbahan dasar minyak. Melainkan gunakan yang mengandung atau berbahan dasar air. Biasanya, ada kalimat oil free atau water base di wadahnya. Beda jenis kulit, beda juga bahan dalam produk yang digunakan.

3. Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan

Sesuaikan budget

Sesuaikan budget via https://imgflip.com

Advertisement

Yap! Ini penting banget. Jangan cuma karena mau ngikutin trend, trus kalian jadi kebawa arus buat beli produk yang nggak kalian butuhin. Dan sesuaikan juga sama kemampuan beli. Nggak perlulah beli yang mahal. Kayak kosmetik dari Korea yang lagi hype sekaranh ini. Gue akui, produk mereka rata-rata mengusung tema back to nature karena menggunakan bahan alami. Dan kalo baca review dari penggunanya, jarang banget ada yang nggak cocok. Tapi harganya cukup menguras kantong. Apalagi kalo kalian masih pelajar atau mahasiswi. Sesuaikan aja sama budget kalian. Beli merk lokal yang harganya terjangkau. Banyak juga kok merk lokal yang punya produk oke tapi harganya nggak bikin kantong kalian langsung tipis. Soalnya gue yakin, pasti ada di antara kalian yang pengen beli ini-itu karena tergiur promo dari beauty influencer. Sementara kalian sebenernya nggak butuh-butuh banget. Kalo kalian masih pelajar atau mahasiswi, beli skin care yang dasar aja. Kalo kalian udah kerja, baru deh beli yang buat langkah selanjutnya.

4. Lakukan langkah dasar skin care routine

Yang gue maksud skin care dasar adalah penggunaan cleansing, washing, exfoloiating, toning, moisturizing dan sunscreening.


  • Cleansing, langkah awal membersihkan kulit wajah. Bisa pake milk cleanser atau micellar water. Kalo lagi pake makeup yang agak tebel, pake makeup remover dulu, baru pake milk cleanser atau micellar water.

  • Washing, langkah kedua untuk menghapus keseluruhan sisa kotoran dan bekas milk cleanser atau micellar water.

  • Exfoliating atau membersihkan sel kulit mati. Tapi step ini bisa diskip karena menurut gue, step ini termasuk ke step routine lebih lanjut

  • Setelah washing atau exfoliating, biasanya kulit wajah akan terasa kencang kayak ketarik. Untuk menghilangkan rasa ketarik itu, diperlukan toner untuk menetralkan pH kulit.

  • Setelah itu, gunakan moistuirizer untuk menjaga kelembaban kulit.

  • Step skin care terakhir adalah penggunaan sunscreen atau sunblock. Penggunaan sunscreen atau sunblock ini harus disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Kalo aktivitas kalian lebih sering di luar ruangan, gunakan sunscreen atau sunblock dengan spf minimal 30.

Advertisement

Sunscreen atau sunblock ini penting banget buat kulit terutama buat yg sering aktivitas di luar ruangan. Tapi tetep harus reapply ya. Baru deh abis itu lajut pake makeup.

5. Memahami langkah produk skin care lebih lanjut

Langkah selanjutnya

Langkah selanjutnya via http://evydraws.blogspot.co.id

Kalo kalian udah khatam di langkah dasar, baru deh naik ke langkah selanjutnya. Yaitu dengan menambahkan langkah yang lebih rumit. Seperti exfoliating, scrubbing, serum, essence, eye cream, dan berbagai jenis mask antara lain sleep mask, sleep mask, clay mask, mud mask atau sheet mask. Tapi itu nanti aja. Kalo udah beneran mampu buat beli semuanya hehehe.

6. Menjaga kebersihan dan asupan makanan

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah via https://www.boldsky.com

Hal selanjutnya yang juga penting banget tapi sering terabaikan adalah menjaga kebersihan dan asupan makanan. Contoh sederhananya, rutin mengganti sarung bantal dan handuk paling sedikitnya dua minggu sekali. Karena saat kita tidur, wajah bagian kanan dan kiri akan menempel pada bantal. Jika sarung bantal kotor, kotoran akan menempel pada kulit wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Menjaga asupan makanan juga nggak kalah penting. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman berlemak seperti susu dan olahannya serta makanan yang digoreng, termasuk junk food. Makanan dengan rasa pedas memang menggoda untuk dicicipi. Tapi makanan pedas juga memicu timbulnya jerawat. Pilihlah mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak.

7. Telaten

Jangan malas melakukan rutinitas ini

Jangan malas melakukan rutinitas ini via http://www.webmd.com

Kunci dari semuanya adalah telaten. Percuma banget kalo kalian pake merk mahal sekalipun tapi kalian males makenya.

Jadi buat para perempuan yang baca ini, yuk mulai belajar merawat kulit wajah. Mungkin efeknya nggak langsung keliatan tapi ini bisa jadi investasi kita 10-20 taun lagi. See you!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya