Pengaruh Sosial Media: Bikin Semakin Insecure atau Malah Bersyukur?

Pengaruh sosial media

Hampir semua orang yang membaca tulisan ini pasti memiliki dan menggunakan media sosial. Hasil riset yang dilakukan oleh Wearesosial Hootsuite menyatakan bahwa pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2019 mencapai 150 juta pengguna atau setara 56% dari total populasi penduduk Indonesia, dan hingga saat ini mungkin saja angka tersebut terus mengalami peningkatan.

Media Sosial

Kini, media sosial terus berkembang di Indonesia bahkan seluruh dunia. Perkembangan ini ternyata ikut mempengaruhi para pengguna-nya loh, contohnya seperti; Semakin sering merasa cemas, semakin insecure, menganggu jam tidur, sulit berkonsentrasi dan beberapa gejala psikologis lainnya. Nah, Satu Persen kali ini akan membahas tentang penggunaan media sosial, simak terus hingga akhir ya.

Media sosial membuat kita secara pribadi menjadi sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain, hal ini bisa juga disebut dengan Self Comparison. Media sosial juga sangat berdampak pada Self Esteem atau dalam bahasa Indonesia berarti “Harga Diri” dalam hidup. Kecanduan bermain media sosial ternyata dapat membuat Self Esteem kalian menjadi lebih rendah, ditambah ketika kalian bermain media sosial saat situasi hati sedang tidak stabil, maka hanya energi negatiflah yang akan kalian konsumsi saat itu. Self Esteem sendiri menurut Santrock (2007) adalah hasil evaluasi kita terhadap diri sendiri, hal ini termasuk dalam penilaian kita terhadap sesuatu yang kita kuasai dan  sesuatu yang kurang kita kuasai.

Kenapa media sosial bisa menyebabkan self esteem menjadi rendah? Karena dengan menghabiskan banyak waktu untuk bermain media sosial membuat semakin besar pula peluang kamu untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain atau biasa disebut self comparison. Sebenarnya, Self Comparison tidak selamanya berdampak buruk tetapi faktanya menyatakan bahwa semakin sering bermain media sosial membuat seseorang akan semakin mudah terkena beragai macam gejala psikologis. 

Memiliki tingkat self-esteem yang rendah dapat memicu rasa insecure yang semakin tinggi dalam diri, Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain sehingga kita merasa tidak aman. Rasa tidak aman atau insecure sendiri bisa terjadi pada dirimu disaat kamu sedang merasa kekurangan, malu, bersalah, bahkan sampai rasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu dan ketika rasa tidak aman menguasai dirimu maka akan memicu perasaan semakin tidak percaya diri yang ada pada dirimu.

Selain menyebabkan sef esteem menjadi rendah pemakaian media sosial yang berlebihan juga dapat menyebabkan susah tidur yang berdampak pada kesehatan. Menurut penelitian, cahaya biru yang dihasilkan oleh ponsel atau benda elektronik lainnya dapat menurunkan kurang lebih 20% kadar hormon melatonin dalam tubuh, dimana melatonin ini adalah zat alami yang dihasilkan tubuh yang membantu seseorang untuk tidur. Menurut penelitian dari national geographic orang yang membuka ponsel pada saat hendak tidur, maka sleep cycle nya akan tertunda selama kurang lebih 59 menit akibat terpapar cahaya biru

Manfaat Menggunakan Media Sosial

Selain fakta seputar dampak buruk yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya media sosial juga memiliki segudang manfaat dan kelebihan loh, apalagi di era digital seperti saat ini. Berikut manfaat yang dihadirkan media sosial:

Advertisement

1. Memudahkan kita untuk terhubung dengan orang terdekat

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Media sosial dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang berada jauh di luar sana, memudahkan komunikasi, dan berinteraksi hingga bisa menjalin sebuah relasi karena jangkauannya yang luas. Hal ini juga semakin memudahkan kalian yang saat ini sedang work from home (WFH), atau mungkin kalian yang sedang rindu dengan sanak keluarga yang berada jauh di sana. Dengan adanya media sosial, komunikasi menjadi lebih mudah bukan?

2. Sebagai media informasi

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Selain untuk alat komunikasi, media sosial juga kerap memudahkan kita dalam mengetahui segala informasi di luar sana. Kita jadi tidak perlu lagi menonton televisi untuk mengetahui informasi dari acara berita, dan kita dapat mengakses informasi tersebut kapan serta dimana saja. Tak jarang di era digital seperti saat ini, informasi yang terdapat di media sosial jauh lebih cepat ter-update dibandingkan informasi yang beredar di televisi ataupun media cetak seperti koran dan majalah.

Advertisement

3. Media hiburan

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Media sosial saat ini juga memiliki berbagai platform yang bergerak di dunia entertainment atau hiburan. Platform hiburan ini dapat kalian manfaatkan sebagai reward ketika kalian menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan lainnya. Hiburan seperti ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari loh, untuk menenangkan pikiran setelah penat di dalam sebuah pekerjaan. Hiburan ini seperti mendengarkan musik, bermain games favorit, hingga berlangganan untuk bisa menonton film kesukaan.

 

4. Tempat untuk berekspresi dan berkreasi

Advertisement
Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana dan wadah untuk menuangkan segala karya yang kalian miliki. Kalian semua bebas berekspresi, berkreasi, dan mengeluarkan segala kreativitas yang ada dalam diri. Seperti contohnya platform youtube, disana kamu bisa mengekspresikan karyamu yang berbentuk video.

Atau juga Instagram yang bisa kamu jadikan tempat untuk mengabadikan foto maupun video, dan berbagai macam jenis media sosial lainnya. Tetapi yang perlu kalian ingat adalah, bebas berekspresi bukan berarti bebas melakukan apapun semaunya ya. Jangan sampai berlebihan dalam berekspresi, apalagi jika sampai merugikan orang lain. Jangan yaa.

Mulailah berkembang menuju #HidupSeutuhnya bersama Satu Persen

Klik di sini!

Author : Ade Chandra

5. Tempat untuk mencari uang

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Media sosial di situasi pandemi seperti saat ini sangat memudahkan kita untuk mendapatkan dan menghasilkan uang, bisa dengan berjualan online, membuat sebuah karya lalu dibagikan ke media sosial, dan masih banyak lagi caranya. Banyak juga yang memanfaatkan media sosial untuk membantu meringankan pekerjaan yang sekarang banyak dilakukan di dalam rumah, tak sedikit juga yang memanfaatkan media sosial di era digital seperti saat ini untuk mencari nafkah, contohnya saja ojek online dan pedagang UMKM.

Setiap tindakan pasti memiliki beragam kelebihan dan kekurangannya, contohnya saja penggunaan media sosial. Kita tidak bisa menyalahkan hadirnya media sosial di kehidupan kita karena kita tidak bisa mengontrol itu semua. Hal yang bisa kita kontrol adalah diri kita sendiri, ingin menggunakan media sosial yang seperti apa dan menggunakannya untuk apa. Jadi intinya penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya rasa insecure yang tinggi di dalam diri, yang akhirnya memicu kurangnya rasa percaya diri. Sedangkan menggunakan media sosial dengan cara yang tepat, akan membuat hidup mu lebih bermakna sehingga kamu lebih mudah untuk bersyukur setiap hari. Jadi, dengan media sosialmu saat ini. Kamu merasa lebih insecure, atau bersyukur?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Platform tempatmu berkembang menuju #HidupSeutuhnya

CLOSE