1. Follow Your Imagination

Beef Coconut Foam

Beef Coconut Foam via http://ywcuisine.wix.com

Berimajinasi sangat penting saat membuat presentasi makanan yang bagus. Saat di tanya, Chef Yosi Warsa mengatakan bahwa imajinasi sangat diperlukan dalam proses food plating. Menurut Chef Warsa, Cooking atau memasak adalah sebuah seni yang tak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga imajinasi yang tinggi.

Saat ingin menyajikan sebuah makanan, coba membayangkan hasil akhir dalam menyajikan makanan. Kata Chef Warsa, “kuncinya adalah jangan pernah takut berimajinasi dan bereksperimen”.

2. Pilih Jenis Piring.

Memilih jenis piring yang berbeda-beda juga dapat menambah nilai artistik sebuah makanan. Tergantung dari jenis menu makanan yang disajikan, pastikan piring anda selalu lebih besar dibandingkan porsi yang akan disajikan. Sehingga ada ruang bagi anda untuk mendekorasi sajian makanan tersebut.

3. Keep it simple! Sederhana & Bersih.

Poached Lobster My Way

Poached Lobster My Way via http://ywcuisine.wix.com

Chef Yosi Warsa selalu menekankan kebersihan dalam menyajikan makanan. Saat melakukan Food Plating, design yang menarik tetap juga harus terlihat bersih. Jangan juga meng-overpower atau terlalu berlebihan dalam desain punyamu.

Pastikan saat menggunakan sauce atau garnish, jangan terlalu banyak hingga memberi kesan berantakan atau kotor. Selalu berprinsip bahwa biasanya Less is More.

4. Bermainlah dengan komposisi dan warna.

Komposisi & Warna

Komposisi & Warna via http://ywcuisine.wix.com

Komposisi seperti tekstur, bentuk dan juga warna perlu diperhatikan dengan baik. Bukan hanya rasa dari makanan, kita juga pun menikmati makanan melalui penglihatan. Warna yang kontras, terang dan cerah dapat membersi kesan yang segar dan menggoda.

Pastikan bahwa design komposisi dan warna yang ada, justru membuat makan utama yang disajikan tetap menjadi fokus dan pusat perhatian kita. Jangan sampai pusat perhatian lebih tertuju pada garnish atau makanan pendampingnya.

5. Harmoni & Keseimbangan.

Hal terakhir yang disampaikan oleh Chef Yosi Warsa adalah keseimbangan antara presentasi dan rasa. Jangan terlalu fokus pada garnish dan design hingga lupa pada rasa makanan. Make sure kalau garnish yang anda gunakan, justru menambah rasa kelezatan makanan.


Jadi untuk teman-teman yang ingin mencoba berkreasi dengan seni Food Plating di rumah, coba ikuti saja tips yang telah Chef Yosi Warsa berikan. Selamat berimajinasi dan berkreasi dalam dunia kuliner!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya