Penyebab Durasi Haid Kadang Tak Selalu Sama. Bisa Seminggu Full atau Beberapa Hari Saja

Penyebab lama haid nggak sama

Kalian pasti sering bertemu dengan perempuan yang berubah sangat galak kalau sedang haid, kan? Apalagi di hari pertama sampai ketiga, karena rasa sakit yang dirasakan perempuan benar-benar luar biasa. Namun ada juga yang dinamakan gangguan haid. Gangguan haid ini pun bermacam-macam menurut siklus, lama dan jumlah darahnya, perdarahan di luar siklus haid dan gangguan lain yang berhubungan dengan haid. 

Ayo kita bahas satu persatu serta penyebabnya.

Advertisement

1. Menoragia (Hipermenorea)

Medlineplus.gov

Medlineplus.gov via https://medlineplus.gov

Menoragia adalah perdarahan haid dengan jumlah darah lebih banyak dengan durasi yang lebih lama dari normal. Secara klinis, menoragia didefinisikan dengan total jumlah darah lebih dari 80 ml per siklus dan durasi haid lebih lama dari 7 hari. Biasanya, hal ini dianggap menoragia bila mengganti pembalut lebih dari enam kali per hari.

Penyebab dari Menoragia terletak pada kondisi dalam rahim. Penyakit darah tertentu seperti von Willebrands dan trombositopenia juga dapat menyebabkan menoragia. Gangguan anatomi, seperti mioma uteri, polip dan hiperplasia endometrium pun dapat menyebabkan menoragia.

Advertisement

2. Hipomenorea

northshore.org

northshore.org via https://www.northshore.org

Hipomenorea adalah perdarahan haid dengan jumlah darah lebih sedikit dan durasinya lebih pendek dari normal. Penyebabnya yaitu gangguan organik, misalnya pascaoperasi rahim, miomektomi dan gangguan endokrin.

3. Polimenorea

instazu.com

instazu.com via https://www.instazu.com

Polimenorea adalah haid dengan siklus lebih pendek yaitu kurang dari 21 hari. Penyebabnya yaitu gangguan endokrin.

4. Oligomenorea

homehealthbeauty.in

homehealthbeauty.in via https://homehealthbeauty.in

Oligomenorea adalah haid dengan siklus lebih panjang yaitu lebih dari 35 hari. Oligomenorea dapat disebabkan oleh sindroma ovarium polikistik (peningkatan hormon androgen sehingga terjadi gangguan ovulasi). Penyebab lain yaitu stress fisik dan emosi, penyakit kronis serta gangguan nutrisi.

Advertisement

5. Dismenorea

medlife.com

medlife.com via https://www.medlife.com

Dismenorea adalah nyeri saat haid, biasanya dengan rasa kram dan terpusat di perut bawah. Dismenorea primer dapat disebabkan oleh kontraksi miometrium sedangkan dismenorea sekunder dapat disebabkan oleh endometriosis, mioma uteri, radang panggul, dll. 

6. Ada baiknya…

Medical News Today

Medical News Today via https://www.medicalnewstoday.com

Untuk menangani masalah tersebut di atas, ada baiknya anda datang mengunjungi dokter spesialis obstetri ginekologi. Hindari meminum minuman yang belum diketahui manfaatnya secara ilmiah, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE