Untukmu yang Merasa Nggak Punya Teman, Coba Refleksi Diri Dulu. Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya!

nggak punya teman

Manusia pada dasarnya makhluk sosial dan membutuhkan orang lain disekitarnya, manusia nggak bisa hidup sendiri,  dengan berteman mereka akan mempunyai banyak relasi dengan orang sekitar. Untuk membangun hubungan pertemanan dibutuhkan kepercayaan satu sama lain. Di samping itu, disukai oleh orang lain penting lho karena dengan membangun rasa ini membuktikan bahwa kita pantas untuk dianggap sebagai teman. 

Tapi, pernah nggak sih kamu merasa nggak punya teman? Atau kamu merasa teman kamu menghindari kamu? Mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alasan yang membuatmu tidak disukai oleh teman. 

Advertisement

1. Tidak bisa mengendalikan mulut alias ceplas-ceplos

Tanpa kamu sadari cara berbicara seperti ini bisa membuat temanmu tersinggung dengan ucapanmu, walaupun kamu hanya menganggap sekedar candaan biasa saja. Sebab, tidak semua orang bisa menerima sikapmu yang ceplas-ceplos. Jadi, perbaikilah cara berbicaramu mulai sekarang agar tidak menyakiti hati orang lain. 

 

Advertisement

2. Mementingkan kepentingan sendiri

Egois juga faktor yang membuatmu tidak disukai oleh teman di sekitarmu, mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan orang lain membuatmu terlihat buruk di mata temanmu. Yuk, belajar untuk tidak egois! 

3. Sifat pelitmu yang melampaui pelit

Sifatmu yang satu ini banyak tidak disukai oleh orang, sifatmu yang satu ini juga membawa dampak negatif bagi tubuhmu (cari sendiri ya apa itu) tapi bukan berarti kamu tidak boleh berhemat, karena berhemat dengan pelit itu berbeda lohh.

4. Kamu terlalu memilih-milih teman

Photo by Tim Gouw from Pexels

Photo by Tim Gouw from Pexels via https://www.pexels.com

Terlalu memilih-milih teman juga faktor mengapa kamu tidak disukai oleh teman. Sebab, manusia tidak ada yang sempurna dan dirimu juga belum tentu sempurna. Setiap orang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda dan tidak bisa disamakan.

Advertisement

5. Dikit-dikit ngamuk, dikit-dikit marah

Sifatmu yang seperti ini bisa membuat temanmu jengkel denganmu dan takut untuk berteman denganmu. Jadi bersikaplah untuk lebih mengendalikan emosimu.

6. Munafik, sifat yang paling dibenci oleh temanmu

Munafik termasuk salah satu hal yang paling dibenci oleh siapa saja. Sifat inilah yang sering membuat rusaknya hubungan pertemanan maupun persahabatan. Oleh karena itu kamu perlu menghindari sifat ini.

Well, itu merupakan beberapa sifat yang perlu dihindari, bersikap cuek, acuh tak acuh membuatmu seperti orang yang tidak peduli apa-apa tentang hal yang menurutmu sepele bisa membuatmu dikucilkan oleh temanmu, bersikaplah semestinya karena apapun itu kita membutuhkan teman dan orang lain.

Kita bukan makhluk individualis yang bisa hidup sendiri-sendiri, karena hakikat manusia adalah makhluk sosial dimana pun berada hingga meninggal pun kita masih membutuhkan orang lain. Pekalah terhadap hal-hal di sekitarmu, banyak hal yang terjadi disekitarmu jika kamu peka terhadap lingkunganmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE