Perayaan tahun baru Cina atau biasa disebut Imlek ini tidak hanya dirayakan di negara tertentu saja. Berbagai negara pun turut memeriahkan hari besar satu ini. Dari negara China hingga Eropa pun ikut ambil andil menambah keseruan hari besar Imlek. Tentunya di setiap negara akan berbeda cara perayaannya. Mulai dari yang terbilang biasa hingga pesta besar-besaran pun dilakukan. Berikut beberapa negara yang memeriahkan pergelaran tahun baru China.

1. Hong Kong

Berbagai festival tentunya dirayakan di negara yang satu ini. Tahun baru yang dilengkapi dengan hari libur bersama selama tiga hingga 5 hari ini menjadikan kemeriahan hari Imlek lebih berkesan dan ramai. Pasar bunga memenuhi setiap sudut kota. Berbagai keperluan seperti bunga, jeruk, dan juga karakter-karakter cina turut menjadi dekorasi di dalam perayaannya. Tidak lupa di malam hari pun kembang api menjadi penutup hari yang spesial ini.

2. Singapura

Negara yang memiliki area Chinatown ini tentu menjadi tempat yang tepat merayakan tahun baru Cina. Penuh dengan berbagai warna dan cahaya. perayaan Imlek di negara ini meriah dan menarik perhatian. Tidak hanya adanya berbagai pertunjukkan dan bazar, dekorasinya yang fantastis pun turut memenuhi tempat satu ini seperti lentera berwarna ataupun dekorasi penghiasnya.

Advertisement

Tentunya perayaan ini tidak hanya dirayakan dalam satu hari saja namun dibuat serangkaian acara dari seminggu atau dua minggu sebelum hari tahun barunya. Adapun pertunjukkan dengan sinar ultraviolet di Garden by the bay yang bikin suasana makin menyenangkan.

3. Kanada

inside vancouver

inside vancouver via http://www.insidevancouver.ca

Vancouver dan Toronto menjadi kota yang meriah untuk merayakan tahun baru cina di Kanada. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduknya yang juga memiliki darah keturunan cina. Kemeriahan festival ini termasuk dalam parade, konser musik, pertunjukkan tradisional, pameran, dan pertunjukkan kembang api. Beberapa perusahaan dan toko pun libur sehingga semua orang dapat memeriahkan acara. Hiasan lentera pun juga memenuhi keramaian festival.

4. Australia

CNY in sidney

CNY in sidney via https://www.sydney.com

Chinatown di Sidney menjadi tempat seru untuk merayakan tahun baru Imlek. Parisipannya pun bisa mencapai ratus ribuan orang. Berbagai pertunjukkan dan juga pasar jalan pun diadakan memeriahkan hari ini. Bahkan lentera 12 shio pun turut hadir di sudut kota. Tentunya mereka mendekorasi setiap tahun barunya disesuaikan dengan shio pada tahun tersebut.

5. Vietnam

Advertisement

Di vietnam sendiri penanggalan kalender China masih sering digunakan. Waktu festival tahun baru Imleknya pun juga tidak jauh berbeda dari negara China. Di Vietnam sendiri perayaannya disebut sebagai hari Tet dan masuk dalam kalender libur nasional di negara ini. Salah satu perayaannya adalah festival Zongzi yaitu festival makanan utama di Vietnam.

Mereka pun memiliki tradisi yang diberi nama Xong Tet yang menunjukkan keberuntungan yang baik atau buruk dari tamu pertama yang datang ke rumah mereka. Kepribadian dan kehidupan tamu pertama menunjukkan keberuntungan mereka selama satu tahun kedepan.

6. Malaysia

Setiap area komersial di Malaysia akan dihiasi dengan berbagai macam kerlap-kerlip dekorasi imlek. Dari adanya lentera merah, bunga sakura dan berbagai suasana festival akan terasa di keseluruhan area. Kuala Lumpur pun menjadi kota utama untuk memeriahkan acara ini. Uniknya lagi hadiah yang diberikan pada tahun baru tersebut adalah buah, hal ini dikarenakan buah dipercaya membawa keberuntungan bagi penerimanya.

7. United Kingdom

London menyatakan bahwa kota ini merayakan acara tahun baru Cina secara meriah di area luar asia. Tentunya hal ini dikarenakan makin banyaknya populasi orang keturunan Cina di tempat yang satu ini. Hal tersebut dapat terlihat dari padatanya beberapa tempat seperti Chinatown di kota ini.

Berbagai parade dan festival juga menjadi bagian dari perayaan. Orang lokal pun juga tertarik dengan kemeriahan ini sehingga ikut serta meramaikan acara. Adapun acara musik tradisional, pameran budaya dan seni, pergelaran tari, dekorasi lentera, dan kembang api memberikan tampilan unik perpaduan bangunan ala Eropa dengan warna-warna khas China.

sumber: http://furnizing.com/article/perayaan-chinese-new-year-di-berbagai-negara

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya