Sebagai seorang mahasiswa atau pelajar, belajar sambil bekerja terkadang mejadi sebuah impian. Sembari menuntut ilmu juga melatih mandiri dengan cara mencari penghasilan sendiri. Namun tak jarang berbagai kendala dihadapi untuk mewujudkan impian tersebut, baik kendala karena faktor internal maupun eksternal. Contoh sederhana kendala yang dihadapi, tentang menejemen waktu, kemampuan untuk melakukan, atau jarak tempuh.

pada kesempatan kali ini aku akan membagi beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menekuni atau sekedar mencari pekerjaan sampingan. Selain bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dan membantu orang tua dalam masalah dana, bekerja sambil kuliah atau sekolah juga terdapat manfaat lainnya. Namun selain manfaat yang didapat, terdapat beberapa implikasi saat atau setelah kamu menekuni dua aktivitas ini secara bersamaan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ulasannya!

1. Pastikan Sudah Ada Pembagian Waktu yang Pasti

Perhatikan Waktumu via http://aiesec.org.mx

Ingatlah, bahwa tanggung jawab utama adalah belajar. Jadi jangan sampai kamu mengorbankan di antaranya, apalagi sampai mencuri waktu dari kewajiban utamamu itu demi sebuah pekerjaan. Pastikan waktu luang yang kamu miliki benar-benar sudah rutin dan dipastikan tidak ada kegiatan lain karena antar 2 kegiatan tersebut pastilah ada jam-jamnya sendiri dan bahkan tidak bisa ditinggalkan.

2. Pekerjaan Itu Tidak Menambah Tugas Harianmu

Fokuslah Pada tugas utama via http://aiesec.org.mx

Advertisement

Kita pasti sudah pernah mengalami masa-masa sekolah atau kuliah, ada saat di mana sekumpulan tugas mulai mengroyok kita. Tugas-tugas seperti itulah yang membuat kita semakin sibuk, banyak pikiran dan yang pasti membutuhkan energi tambahan. Maka dari itu, jika masih ada banyak dan sering dapat tugas, meskipun tetap punya waktu luang, pikirlah ulang untuk mencari pekerjaan sampingan. Semua itu pasti ada saatnya, lebih baik fokus pada satu hal dan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Jatah Waktumu Bersenang-senang Pasti Akan Berkurang

Liburan yuk via http://indohoy.com

Setiap dari kamu pasti punya hobi yang sering kamu jalani, entah itu jalan-jalan, nonton, olahraga atau hobi lainnya. Hobi memang selalu membawa kesenangan tersendiri, selain itu juga bisa sebagai penyembuh luka di hati cara untuk maningkatkan potensi. Saat kamu sudah mulai bekerja, waktu libur yang biasanya 4 sampai 6 kali dalam sebulan terkadang hanya 2 sampai 4 kali saja dalam sebulan. Itulah yang perlu dipertimbangkan juga.

4. Resiko Mudah Sakit dan Lelah juga Perlu Dipertimbangkan

Istirahatlah kawan via http://rifan-financindo.com

Jam 7 pagi – 1 siang sekolah, jam 2 siang – 10 malam bekerja, terkadang juga sepulang kerja harus mengerjakan tugas. Sehingga, tidur pun semakin larut, bangun pun sering kali telat dan tubuh jadi kurang fit. Yah, itulah kemungkinan yang akan terjadi jika melakukan 2 aktivitas tersebut dalam keseharianmu. Ini sangatlah beresiko bagi kamu yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang.

5. Menurunnya Intensitas Berkumpul dengan Orang-orang Tercinta

Advertisement

Don, nanti malam nongkrong di tempat biasa, yuk!

Waah sorry, gue gak bisa Lex.

Kenapa loe gak bisa, biasanya loe yang paling antusias

Sekarang gue ada kerjaan tiap malam

Mungkin seperti itulah percakapan yang akan terjadi jika kamu sudah dapatkan pekerjaan sampingan tersebut. Apakah kamu rela ditinggalkan teman-temanmu dan kamu sibuk bekerja? Silahkan di pikirkan.

6. Meningkatakan Potensi dalam Dirimu

Kembangkan Potensi dirimu via http://kompasiana.com

Dari sekian kemungkinan yang ada saat melakukan 2 kegiatan tersebut secara bersamaan, tetaplah ada sisi yang akan menguntungkan dirimu sendiri. Saat di tempat kerja mungkin kamu dapt kesempatan untuk meningkatkan kompetensi diri, seperti desain grafis, fotografi, atau menulis artikel. Itu masih mungkin dapat kamu lakukan saat bekerja nantinya, apalagi pekerjaan tersebut masih ada kaitanya dengan kompetensi atau hobimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya