United Kingdom, rasanya nama itu sama sekali tidak asing di telinga masyarakat dunia. Dikenal dari keindahan barisan bangunan dengan formasi arsitekturnya, panorama alam di setiap kota, hingga setiap sudut kota yang terlihat indah. Tidak hanya keindahannya, barisan nama universitas yang masuk kedalam urutan universitas terbaik di seluruh dunia pun berada di United Kingdom. Anyway, negara ini selalu jadi harapan utamaku untuk berlibur suatu hari nanti, dan akhirnya setelah 21 tahun penantian itu tercapai.

1. London

Big Ben, London (dokumen pribadi)

Big Ben, London (dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Dua minggu mungkin bukan waktu yang lama, namun 2 minggu itu dimana aku berdiri di United Kingdom disitulah pikiranku terbuka. Berawal dari menginjakkan kaki di kota London yang dikenal akan bangunan ikonik seperti Big Ben, London Eye, London Bridge, Buckingham Palace, hingga hal-hal yang menjadi ikon London seperti bus merah bertingkat dan telepon umum berwarna merah yang berada di setiap deret jalanan kota.

Selain menikmati keindahan bangunan-bangunan, tentu perlu mencari makanan yang lezat selagi berada di London, tak lupa untuk berkunjung ke Borough Market, Camden Market, dan Broadway Market yang menjual berbagai jenis makanan dari berbagai penjuru dunia seperti Indian curry, Scotch egg, French pastry, German sausage, dan lain-lain.

Advertisement

Rasanya segala kebutuhan pasti dapat ditemukan di kota London ini, selain bangunan-bangunan yang ikonik, adapun tempat wisata yang selalu dikunjungi. Madame Tussauds merupakan museum yang memamerkan berbagai patung lilin yang dibentuk serupa dengan bentuk dan ukuran asli figur-figur dan selebriti ternama di dunia, sedangkan ada pula SEA Aquarium yang merupakan akuarium raksasa dengan berbagai jenis hewan laut, serta adapun London Dungeon yang menyediakan atraksi mengenai berbagai sejarah kota London.

Tidak hanya itu, selagi berada di London dan aku sangat menghargai seni, maka setiap hari aku mengunjungi berbagai museum yang berbeda seperti Victoria & Albert Museum, Tate Modern, British Museum, Natural History, National Portrait Gallery, Tate Gallery dan lain-lain.

2. Warner Bros Studio: The Making of Harry Potter

Hogwarts Castle (Dokumen pribadi)

Hogwarts Castle (Dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Tidak begitu jauh dari kota London, terdapat kota Watford dimana terdapat Warner Bros Studio Tour: The Making of Harry Potter. Untuk para pecinta Harry Potter, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat ini, disini kamu akan merasakan bagaimana menjadi penyihir di Hogwarts. Dimulai dari rumah Harry, Hogwarts Hall, Dumbledore's Office, Snape's Laboratory, Chamber of Secret, Weasley's House, Department of Mystery, Diagon Alley, hingga merasakan naik sapu terbang secara langsung. Pada akhir tour tentu diberi kesempatan untuk membeli merchandise dan menikmati Butter Beer ataupun Butter Beer Ice Cream.

Advertisement

3. Edinburgh

The Old Town (Dokumen pribadi)

The Old Town (Dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Setelah menikmati segala keindahan kota London, aku melangkah ke kota selanjutnya yang tak kalah indahnya yaitu Edinburgh. Walaupun Edinburgh tidak seluas kota London, namun justru disinilah akhirnya memahami makna dari jatuh cinta pada pandangan pertama, yaitu pertama kali menginjakkan kaki dan memandang kota Edinburgh.

Tidak heran bahwa nama kota ini sering disebut-sebut sebagai salah satu kota terindah, walaupun terlihat tua namun kota ini sangat unik dan dengan keunikan itu kota ini terlihat seperti kota impian yang hanya ada di film-film. Setiap bangunan yang berbaris di Edinburgh bagaikan ukiran-ukiran artistik yang menyelimuti susunan fondasi kota ini, setiap sudut kota terlihat sangat indah dan memukau. Selagi berada di Edinburgh, aku berkunjung ke Edinburgh Castle, National Museum of Scotland, Edinburgh Old Town, Palace of Holyroodhouse, Princes Street Gardens, hingga ke tempat atraksi yaitu Camera Obscura and World of Illusions.

4. Manchester

Museum of Manchester (dokumen pribadi)

Museum of Manchester (dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Beralih ke Manchester, walaupun hanya menginjakkan kaki beberapa jam disana, namun kami sempat berkeliling dan mengunjungi Museum of Manchester, John Rylands Library, dan University of Manchester. Museumnya sangat lengkap mencakup pengetahuan alam, pengetahuan umum, hingga seni dan penemuan dunia. Tidak kalah, Library atau perpustakaan John Rylands sangat luas dan didekorasi dengan gaya Victorian neo-gothic yang sangat detail dan menawan.

5. Stratfor Upon Avon – Warwick – Oxford

Warwick Castle (dokumen pribadi)

Warwick Castle (dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Pada minggu ke-2, aku mengikuti 1 day trip dua kali, trip pertama mengantarkan aku pada Stratford Upon Avon (tempat lahir Shakespeare), Warwick Castle, dan Oxford. Pada trip pertama ini, aku mengunjungi rumah Shakespeare hingga sekolahnya saat ia masih kecil, kemudian berlanjut ke Warwick Castle mengelilingi seluruh kastilnya dengan banyaknya patung lilin yang diberikan oleh Madame Tussauds, dan berlanjut ke kota Oxford yang memiliki salah satu universitas terbaik di dunia, Oxford University.

6. Stonehenge & Bath

Stonehenge (dokumen pribadi)

Stonehenge (dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Pada trip yang kedua, aku mengunjungi Stonehenge dan Bath. Stonehenge merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada zaman sekitar 3100 sebelum masehi, tempat ini menjadi salah satu objek turis yang paling banyak dikunjungi.

Sedangkan Bath adalah kota terbesar di Somerset yang terkenal akan tempat pemandian Romawi atau disebut dengan Romans Bath, di sekitarnya terdapat sebuah gereja yang indah yaitu Bath Abbey, anyway kalau lapar kamu dapat menemukan banyak penjual es krim yang sangat enak di sekitar kota Bath ini.

7. The Experience

Bath (dokumen pribadi)

Bath (dokumen pribadi) via https://photos.app.goo.gl

Setelah berkesempatan mengelilingi beberapa kota di UK, aku berjanji pada diriku sendiri untuk pasti akan kembali lagi suatu hari nanti. Dari kekagumanku akan keindahan alam serta bangunannya, kualitas edukasi yang luar biasa, kesukaanku pada salju serta cuaca yang selalu dingin, perilaku masyarakat sekitar yang sangat ramah, makanan sehat yang terdapat dimanapun, keamanan yang terjamin, dapat berjaan kaki kemana saja tanpa transportasi pribadi, hingga kecintaanku terhadap seni yang dapat aku salurkan dengan mengunjungi seluruh museum yang ada.

Perjalanan ini mengubah hidupku dan diriku menjadi lebih baik. Tepat setelah kembali ke Jakarta, aku melakukan survey pribadi mengenai UK selama beberapa bulan, hingga memantapkan aku pada sebuah visi masa depan yang baru. Ketekunan mengantarkanku pada sebuah mimpi yaitu meneruskan pendidikanku di UK setelah aku lulus nanti, sehingga aku berkuliah dengan lebih serius untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan dapat mengantarkanku kembali ke UK.

Harapanku dengan menimba ilmu di UK nanti, aku dapat kembali ke Indonesia dan dapat ikut berperan membangun Indonesia yang lebih baik dan menginspirasi anak-anak Indonesia untuk terus menimba ilmu.

Ini adalah sebuah perjalanan yang mengantarkanku pada masa depan,

Ini ceritaku, mana ceritamu? :)

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya