Traveler, traveling memang rasanya tidak lengkap jika tidak mengabadikan momen-momennya. Oleh karena itu, membawa kamera saat traveling sudah menjadi perlengkapan wajib yang harus dibawa.

Bahkan, zaman sekarang juga sudah banyak orang yang traveling itu tujuannya untuk foto-foto saja, bukan untuk jalan-jalan atau refreshing. Mungkin kalau dahulu konsepnya jalan-jalan sambil foto, kalau sekarang terbalik! Foto sambil jalan-jalan! Tidak heran jika sekarang produsen kamera berlomba-lomba menciptakan produk terbaiknya.

Mulai dari kamera DSLR hingga Mirrorless dan tidak mau kalah juga kamera HP Traveler. Smartphone zaman sekarang juga sudah dibekali dengan kamera yang sangat canggih. Semua itu memang selaras dengan konsep traveling yang seperti disebutkan di atas.

Tapi, secara kualitas, kamera HP memang belum bisa disandingkan dengan kamera Mirrorless atau DSLR Traveler. Jadi, kalau anda ingin hasil foto yang maksimal, maka harus punya kamera tersebut. Selain itu, ada juga perlengkapan kamera untuk traveling yang wajib anda bawa.

Perlengkapan Kamera Untuk Traveling

Kamera DSLR atau Mirrorless, memang memiliki kelebihan kualitas dan juga built in body kameranya. Baterai juga tentu lebih baik jika dibandingkan dengan HP yang memang kadang kita pakai untuk keperluan selain foto.

Selain itu, ketahanan suhu dan cuaca juga sangat kentara traveler. Apabila suhu HP kita panas, maka kemungkinan fungsinya tidak akan maksimal. Berbeda dengan kamera DSLR atau Mirrorless yang memang sudah dirancang khusus untuk menghadapi berbagai macam situasi dan kondisi cuaca yang ekstrim sekalipun.

Bukan tetapi tidak rentan rusak juga, anda tetap harus menjaga kebersihan dan mesinnya. Jangan pernah paksa dalam kondisi yang memang tidak memungkinkan. Namun, untuk urusan traveling, beberapa alat ini perlu sekali untuk anda bawa agar foto Anda maksimal! Simak ulasannya ya!

 

1. Cleaning kit kamera

Advertisement

Perlengkapan kamera untuk traveling yang pertama adalah membawa cleaning kit satu set untuk kamera. Ini sangat penting traveler!

Saat anda sudah selesai menggunakan kamera, langsung bersihkan bagian lensa dan juga body atau optik lensa anda dengan cleaning kit ini. Fungsinya untuk mengeluarkan debu yang menempel pada lensa yang dapat menyebabkan lensa anda jamuran.

Kalau lensa sudah jamuran, wah ongkos untuk cuci lensanya itu mahal sekali! Jadi jangan sepelekan benda yang satu ini ya.

Advertisement

Cleaning kit biasanya terdiri dari blower untuk meniupkan debu-debu yang menempel, lalu ada kuas untuk membersihkan bagian sela-sela lensa atau body kamera, lalu ada cairan pembersih dan kain untuk bagian sensitif seperti lensa dan juga optik.

Jadi jangan lupakan untuk membawa barang yang satu ini ya traveler. Dimuat-muatin saja di dalam tas kamera anda!

2. Strap

Strap kamera

Strap kamera via https://id.pinterest.com

Perlengkapan kamera untuk traveling yang selanjutnya adalah strap untuk kamera. Tentunya ini tidak boleh tertinggal, traveler. Jangan lupa untuk selalu kaitkan di leher anda ya, agar anda tidak lupa dengan kamera anda!

Benda yang satu ini memang banyak modelnya, anda bisa cari yang berkualitas dan ikatan talinya kuat agar tidak mudah putus.

Biasanya, saat membeli kamera, sudah disertakan dengan strap original dari produsen. Kualitasnya sudah jelas baik, namun jika anda ingin model yang lain juga tidak apa-apa, namun pastikan bahannya kuat dan ikatannya kencang ya, traveler!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya