Jika berbicara tentang kost, mungkin cuma anak kost yang mengerti segudang cerita pilu, seabrek cerita lucu, segunung cerita bahagia dan selautan kisah pelengkap kostan lainnya. Bagi yang masih ngekost, selamat menikmati setiap pahit dan manisnya jadi anak kost, dan bagi kami mantan anak kost, mungkin cuma bisa tersenyum sampai ngakak mengingat kenangan lalu. Ya, ini dia memori sekuntum rindunya...

1. Dag Dig Dug jantung kalau ngeliat ibu kost di awal bulan

ibu kost via https://i2.wp.com

Ini dia pemeran utamanya, kalau ada kost pasti ada ibu kost di belakang, di samping atau datang sesekali untuk ngecek kostan. Terus kamu tanya, kenapa harus ibu kost? Karena biasanya bapak kost selalu ikut saja bagaimana ibu kost.

Jangan tanya kapan dia muncul, karena dia selalu datang tak diundang pulang tak ada yang berani antar, tapi yang pasti dia akan datang di saat awal bulan atau masa pembayaran kost, ekspresinya juga unik bisa berubah sesuai banyak atau tidaknya anak kost yang menunggak, jadi kalau tiba-tiba makhluk Tuhan yang bernama ibu kost ini datang dengan muka masam dan mencari-cari kesalahan kamu terus, coba diingat-ingat deh, udah bayar uang kost belum? Kalau udah telat bayar, itu jantung pasti berdegub terus kalau liat ibu kost, kamu bisa langsung sujud syukur terus baca surat yasin habis sholat pas temanmu bilang ibu kost baru saja pergi 5 menit sebelum kamu pulang 😀

2. Tetap aja ada satu dua kamar yang menjadi basecamp tempat ngumpul kalau lagi libur.

Advertisement

Tanpa ada kesepakatan dan tanpa ada komando lebih dulu selalu ada aja salah satu kamar yang menjadi tempat ngumpul kalau lagi libur, momen ini adalah momen paling top untuk ngebahas apapun, tak terkecuali gosip paling hits tentang anak kost baru yang tajir abis, harga kosmetik promo, sampe kucing tetangga yang tadi siang buang air di taman belakang. Ada-ada saja ya…

3. Cuci baju dengan kekuatan 10 tangan tambah kaki, siap secepat kilat

cuci cantik via https://i2.wp.com

Cucian menumpuk?, siapa takut…

Ya, entah dari mana ilmunya, kamu menyulap cara nyuci baju yang sudah diajari ibu mu secara turun temurun berubah menjadi begitu unik, kamu bisa mencuci baju satu lemari hanya dalam 5 menit dan yang paling unik lagi kamu mencuci dengan cara menginjak-injak kain di dalam ember dan kamu beri diterjen. Eits tunggu! Jangan sekali-kali ilmu ini kamu bawa ke rumah, kalau kamu tidak mau mendengar siraman rohani dari ibumu.

4. Berebut jemuran

Setelah cerita cucianmu ada lagi cerita tak kalah uniknya, yaitu tentang rebutan jemuran belakang yang jadi mendadak digemari kalau hari minggu, kalau sudah gini, kamu bisa aja bela-belain bangun pagi bahkan subuh hanya untuk nyuci dan menguasai seluruh jemuran, hingga akhirnya kamu lega setelah berhasil berperang mencuci dan menjemur indah semua pakaianmu.

5. Oh awal bulan, aku rindu

Kalau rindu kekasih bisa kamu tahan belum tentu dengan rindu ini, kamu bisa saja mendadak galau tingkat provinsi sampai tingkat negara karenanya, ya, apa lagi kalau bukan rindu kiriman uang, dan menurut pengalaman kiriman ini akan datang di awal bulan jadi tidak heran jika awal bulan muka anak kost jadi cerah merona bahagia dan asem pahit plus kusut kalau akhir bulan.

6. Penghuni kost yang kaya pelangi, aneka warna terus mewarnai hari, hihi…

Kost itu selalu menjadi unik dengan keberagaman daerah penghuninya, ada si butet dengan logat bataknya, si upik dari padang, si anu, si ini, lengkap deh pokoknya, belum lagi dengan karakter yang tak kalah uniknya.

Ya, kamu sekarang pasti lagi mengenang teman-teman kostanmu, bukan? Kamu ingat yang suka bikin tertawa plus sedikit eneg dengan kentutnya yang gak peduli keadaan dan tempat? Atau yang suka jadi wartawan gosip ke sana ke mari cari berita terus kasih liputan gratis? Yang suka minjem barang terus gak balikin kalau belum diminta? Terus bagaimana dengan yang suka gandrungi kamar kamu bahkan tengah malam untuk curhat. Rindu kalian…

7. Cuma di kos kamu bisa nemuin papan pengumuman seluas dinding yang ada

pemberitahuan via http://2.bp.blogspot.com

Dari jadwal piket bersih-bersih sampe cara penggunaan kloset ada aturannya, jadi jangan heran kalau kamu nemuin tempelan-tempelan aneh di sepanjang dinding kos dan bagi kamu yang males baca, coba deh luangkan waktu berhargamu untuk baca itu pengumuman, karena gak cuma buat tahu sesuatu, terkadang kamu bisa senyum-senyum sendiri baca itu pengumuman.

Dan masih banyak lagi yang membuat masa kos itu menjadi masa yang dirindukan dan lekat di ingatan.