Haiii, good people!

Sudah pernah menginjak tanah britania????

Kalau belum saya akan menceritakan hal hal menarik yang bisa kamu dapati di negara inggris raya ini. Sebelumnya kita bahas dulu ya tentang Britania. Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan dengan kursi pemerintahannya berada di ibu kota London. Terdapat 4 negara dalam kedaulatan Britania Raya yang masing masingnya berdiri sendiri. Negara mana aja sih? diantaranya ada Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

Banyak tokoh tokoh terkenal yang mendunia berasal dari Britain. Ada banyak hal yang unik dan menarik yang bisa kita temui disana. Apa aja sih?

Okay...all things about britain, let’s see...

1. Tarian Morris

tarian Morris

tarian Morris via https://keepo.me

Inggris punya tarian tradisional bernama tarian morris. Tarian ini mengandalkan kekuatan kaki dan dilakukan secara berkelompok dan berdekatan. Dengan diiringi dengan musik tradisional khas inggris tarian ini makin menarik perhatian dengan kelincahan kaki penarinya, dan biasanya mereka menggunakan peralatan seperti sapu tangan, tongkat atau pedang untuk melakukan tarian ini.

2. Bearskin Cap

Quebec-City-48989

Quebec-City-48989 via https://www.expedia.co.id

Advertisement

Smua pasti pernah liat kaleng kue monde kan…, nah kebudayaan inggris yang satu ini masih ada hubungannya sama gambar kaleng itu . Pria pria yang bertubuh gagah dan tegap berbaris rapi dengan topi panjang yang disebut BEARSKIN CAP. Topi ini dibuat dari kulit beruang asli dengan berat kurang lebih 1,5 kg, lumayan berat ya…Ada yang mau mencobanya??? Kamu akan melihat prajurit prajurit bertopi ini di buckingham palace.

3. Buckingham Palace

gettyimages-807070348

gettyimages-807070348 via https://travel.usnews.com

Istana Buckingham atau Buckingham palace adalah kediaman resmi Ratu Inggris di London. Selain itu Buckingham juga berfungsi sebagai pusat administrasi kerajaan Inggris. Istana Buckingham dibangun pada tahun 1705.dan dirancang oleh William Winde. Istana ini resmi menjadi istana kerajaan Inggris pada tahun 1837 saat Ratu Victoria naik tahta. Karena itu ratu Victoria menjadi ratu Inggris pertama yang mendiami istana Buckingham. Istana Buckingham memiliki 775 ruangan didalamnya. Wow megah sekali bukan… :o

Advertisement

4. Queen Victoria Memorial

Queen Victoria Memorial adalah monumen Queen Victoria dan terletak di ujung the Mall dari London. Ini adalah monumen yang mengesankan dengan ketinggian 25 meter. Indahnya karya seni pahat Edwardian yang mengesankan. Banyak koleksi patung perunggu di alegoris/marmer serta patung dan potret dari Victoria sendiri. Pastiin kamu melihat lebih dekat saat mengunjungi Buckingham Palace.

5. Big Ben

big-ben-elizabeth-tower-london_650x400_51461675266

big-ben-elizabeth-tower-london_650x400_51461675266 via https://www.ndtv.com

Big Ben atau Elizabeth Tower adalah nama sebuah menara jam yang terletak di istana westminster, London, Britania Raya. Big Ben menjadi tempat wisata terpopulerdi Ingris, dan menjadui destinasi utama para turis lokal maupun mancanegara. Big Ben dibangun pada tahun 1858. Jam dan lonceng Big Ben ini dirancang oleh Augustus Pugin. Yang unik dari jam ini adalah pada bagian bawah jam, di setiap sisi jam, terdapat tulisan “DOMINE SALVAM FAC REGINAM NOSTRAM VICTORIAM PRIMAM” yang jika diterjemahkan kurang lebih artinya “ Oh Tuhan, lindungi Ratu Victoria yang pertama”. Menara ini juga digunakan sebagai pusat perayaan tahun baru di setiap tahunnya oleh warga Inggris.

6. Kotak Telepon Merah

Bilik telepon warna merah yang melegenda ini adalah hal yang dapat kamu temui saat menginjakkan kaki di Britania. Dirancang oleh Sir Giles Gilbert Scott, warna merah dipilih supaya bilik ini mudah dikenali. Jumlahnya mengalami penurunan di beberapa tahun terakhir karena pesatnya perkembangan teknologi. Tetapi kotak telepon merah ini masih ada dan kini dialih fungsikan menjadi tempat untuk mengisi baterai ponsel, penyimpanan defibrillators (alat untuk membantu mereka yang terkena serangan jantung),perpustakaan mini dan galeri. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

7. London Eye

20adda9d08e8480c6dbbfcf30fbcabdb

20adda9d08e8480c6dbbfcf30fbcabdb via https://www.visitlondon.com

London Eye memiliki nama resmi EDF Energy London Eye adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Inggris. London Eye merupakan kincir ria tertinggi di dunia dengan tinggi 135 m. Namun posisinya tergeser setelah dibangun Singapore Flyer(165 m) dan star of nanchang Cina (160m). The London Eye terletak di tepian Sungai Thames, tepatnya berada di samping Gedung Parlemen dan menara jam Big Ben yang legendaris. Kita tidak boleh membawa makanan dan minuman saat menikmati pemandangan dari kapsul The London Eye. Bahkan, seandainya diperbolehkan untuk membawa makanan, kita mungkin tidak akan sempat untuk menyantapnya karena panorama kota metropolitan ini sangat indah dan membuat takjub.

8. Budaya Antri

181537_budaya-antri_663_382

181537_budaya-antri_663_382 via https://debydamay.wordpress.com

Masyarakat Inggris yang multikultural memilik kebiasaan mengantri untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu. Masyarakat menganggap oarang yang tidak mau mengantri adalah orang yang egois dan tidak memperdulikan orang yang ada disekitarnya. Budaya antri ini sudah seperti nilai dan norma yan berlaku di masyarakat. Jadi jangan coba coba nyerobot di antrian ya guys.

9. Stonehenge

hith-stonehenge-superhenge-iStock_000012937253Large-E

hith-stonehenge-superhenge-iStock_000012937253Large-E via https://www.history.com

Stonehenge yang terletak 13 km barat laut Salisbury, Wiltshire, Inggris, ini merupakan sebuah tempat bersejarah namun penuh dengan misteri. Bagaimana tidak, monument yang terdiri dari batu-batu besar bisa berdiri dengan sendirinya dan membentuk berjajar melingkar. Nama Stonehenge tersebut berasal dari bangunan itu sendiri, stone yang artinya batu dan henge artinya lingkaran, jadi memang monument batu tersebut berjajar membuat sebuah lingkaran. Adapun bukrti bahwa batu-batu raksasa yang menunjukkan Stonehenge ini dibangun pada sekitar tahun 2500 SM. Para ahli sejarah yang sudah menelitinya menyimpulkan bahwa batu-batu tersebut dibangun dari sejak jaman perunggu dan neolitikum. Meskipun belum dapat dipastikan apa sebenarnya tujuan dibangunnya Stonehenge ini, namun para peneliti yakin bahwa bangunan ini digunakan sebagai acara ritual, upacara, dan agama oleh penduduk saat itu.

10. Tower Bridge

Jembatan angkat Tower Bridge ini membentang melintasi sungai Thames, menghubungkan soutwark (di sisi utara) dan City of London (di sisi selatan). Tower Bridge terdiri dari jembatan sepanjang 244 m dan dua buah menara dengan tinggi 65 m. Jembatan ini secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 1894 oleh Prince of Wales (Raja Edward VII).

Hal yang menarik dan unik dari Tower Bridge adalah jembatan ini dipotong di bagian tengahnya sehingga menghasilkan dua sisi jembatan yang bisa diangkat. Kepopuleran London Bridge menjadikan jembatan ikonik ini sebagai lokasi utama tempat syuting film. Di antaranya adalah 'Terror on the London Bridge' dan 'Day of the Wolves'.

Nah sahabat hipwee, uda kebayang kan serunya jalan jalan di Britania. By the way nenek saya penggemar berat kerajaan Inggris loh maka dari itu saya diberi nama Victoria. :)

Untuk dapat menikmati paket wisata di Britania, kamu kamu harus menyiapkan dana kurang lebih 2200 euro. Harga yang cukup menguras kantong bukan atau kamu mau dapet hadiah trip ke Britain cuma cuma??? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya