1. Hindari konflik, Ciptakan perdamaian

Saat kamu dan sahabatmu mulai berselisih pendapat, alangkah baiknya jika kamu menciptakan perdamaian lebih awal. Untuk menciptakan rasa perdamaian, kamu harus sedikit mengalah dan mengajak temanmu untuk berdiskusi dengan hati dan pikiran yang tenang. Pahami kesalahanmu dan akui padanya sampai kalian saling memaafkan satu sama lain. Memang sedikit sulit, apalagi jika sahabatmu tidak mau melakukan hal yang sama itu akan lebih memperkeruh suasana. Meskipun demikian, kamu tetap harus mencobanya agar persahabatan kalian tetap terjaga.

2. Hindari meledek yang keterlaluan

Kadang-kadang karena merasa sudah sangat dekat, ledekan yang keluar dari mulut kitapun lupa untuk diberi rem pengaman. Ketika sedang berkumpul dan berbicara, ledekan-ledekan kecil terucap dari mulut kita. Hanya saja, jika terus berlanjut ledekan itu akan berubah menjadi sesuatu yang dapat menimbulkan pertengkaran. Karena, bisa saja ledekan itu menyebabkan sahabat kita kecewa dan tersakiti. Jadi, sebelum terjadi gesekan panas kurangi ledekan yang dapat menyinggung hati sahabatmu. Berpikirlah sebelum kamu mengucapkannya!

3. Hindari membongkar rahasia sahabatmu kepada orang lain

google image via https://www.grammarly.com

Menyimpan rahasia itu adalah hal yang sangat sulit, biasanya ketika kita mengetahui suatu hal yang tidak orang lain ketahui ingin sekali rasanya untuk memberitahunya agar memiliki topik pembicaraan ketika sedang berkumpul atau malah terkadang kita tidak sengaja menceritakannya. Tahukah kamu rahasia itu sangat berharga untuk orang yang memilikinya? itu memang tidak selalu luar biasa akan tetapi selalu menarik untuk diperbincangkan. Jagalah rahasia sahabatmu rapat-rapat, jaga lisanmu! dia memberitahumu karena kamu orang yang dianggapnya layak untuk tahu, jangan kecewakan sahabatmu yaa

4. Saling mendukung satu sama lain

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Sebagai sahabat yang baik kamu dan sahabat harus saling mendukung dan mengisi kekurangan satu sama lain. Jika kamu unggul dalam satu hal sementara sahabatmu tidak, kamu bisa dengan senang hati untuk mengajari sahabatmu begitu pula sebaliknya. Kamu dan sahabat memang bukan saudara kandung, akan tetapi kalian pasti banyak menghabiskan waktu bersama sehingga banyak cara dan waktu untuk terus mendukung sahabatmu. Berbagi sedikit dari apa yang kamu tahu tidak akan mengurangi kemampuanmu bukan?

5. Menikmati setiap momen bersama sahabatmu

Doc. pribadi via https://id.pinterest.com

Apapun yang kamu dan sahabat lakukan, nikmatilah setiap prosesnya. Berbagilah kebahagiaan satu sama lain, jaga perasaan sahabat-sahabatmu, jangan kecewakan mereka, dan jaga rahasia yang telah mereka bagikan padamu. Jagalah persahabatanmu, agar kebahagiaan itu berlangsung selamanya! *AK*