Persiapkan 8 Hal Ini Sebelum Melakukan Interview agar Kamu Lebih Percaya Diri!

Agar lebih percaya diri dan tidak gugup

Sesudah membuat CV untuk dikirimkan ke perusahaan yang dituju, maka hal selanjutnya yang tidak kalah menantang adalah melakukan sebuah interview pekerjaan. Jika sebelumnya kamu menulis CV masih dapat memiliki waktu yang leluasa dan hanya perlu memfokuskan dengan apa yang kamu tulis, maka interview bisa dikatakan memiliki level yang berbeda.  Pada tahapan interview, kamu akan berhadapan langsung dengan HRD dan kamu dituntut untuk menjawab segala pertanyaan HRD dengan baik. Karena pada tahapan ini, kamu akan dinilai oleh HRD dan ditentukan apakah posisi yang kamu lamar sesuai dengan yang perusahaan cari.

Karena itulah, kamu perlu mempersiapkan bermacam hal sebelum melakukan interview agar kamu mendapatkan posisi yang kamu inginkan. Berikut ini adalah 8 tips yang dapat kamu ikuti, ya!

Advertisement

1. Periksa kembali deskripsi pekerjaan untuk posisi yang dilamar

Photo by Sebastian Hermann on Unsplash

Photo by Sebastian Hermann on Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum melakukan interview, kamu harus memeriksa kembali deskripsi pekerjaan dan menjadikannya sebagai panduan. Melalui deskripsi pekerjaan, kamu akan dapat menganalisis kualifikasi, kualitas, dan latar belakang yang dicari oleh perusahaan. Jika kamu dapat menyelaraskan hal tersebut dengan dirimu, maka HRD akan melihat nahwa kamu merupakan kandidat yang ideal. Deskripsi pekerjaan juga dapat memberimu ide tentang pertanyaan yang mungkin diajukan HRD selama interview.

2. Pastikan kamu tahu alasan mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini dan cocok untuk posisi yang di lamar

Photo by AbsolutVision on Unsplash

Photo by AbsolutVision on Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu yang cukup penting sebelum kamu interview adalah mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan diatas. Kamu harus memiliki jawaban yang baik tentang mengapa kamu menginginkan pekerjaan itu dan mengapa kamu memenuhi kualifikasi. Kamu harus siap untuk menjelaskan ketertarikanmu pada posisi tersebut dan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk peran itu.

Advertisement

Untuk menjawab pertanyaan dari HRD, jangan benar-benar menghafal jawaban kamu. Cobalah untuk memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang akan kamu katakan, agar jawaban yang keluar terdenger alami dan bukan dihafalkan.

3. Mencari informasi tentang perusahaan yang dilamar

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash via https://unsplash.com

Umumnya HRD akan menanyakan mengenai pengetahuanmu mengenai perusahaan yang kamu lamar. Karena itu, memiliki pengetahuan tersebut dapat menjadikan interview kamu menjadi lebih mengalir dan kamu akan disukai oleh HRD. Dengan mengetahui bagaimana visi/misi perusahaan dan budaya perusahaan, kamu akan dinilai memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

4. Baca kembali dan kuasai CV-mu

Photo by Sebastian Hermann on Unsplash

Photo by Sebastian Hermann on Unsplash via https://unsplash.com

Pengalaman kerja dan keterampilan yang kamu cantumkan di CV-mu akan menjadi materi yang banyak dibicarakan selama interview. CV yang kamu buat merupakan data bagi HRD untuk mengenalmu secara keseluruhan. HRD bisa saja menanyakan hal lebih rinci mengenai pengalaman kerjamu ataupun keterampilan yang kamu miliki sehingga kamu perlu menguraikannya. Contohnya, HRD dapat saja menanyakan pengalaman kerjamu sebelumnya dan menanyakan kontribusi yang kamu berikan terhadap perusahaan terdahulu atau permasalahan apa yang kamu hadapi pada perusahaan sebelumnya. Maka dari itu, menguasai apa yang kamu tulis pada CV-mu akan sangat membantumu dalam menjawab pertanyaan dari HRD.

Advertisement

5. Mempersiapkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan

Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Photo by Cathryn Lavery on Unsplash via https://unsplash.com

Pada saat kamu melakukan interview, HRD umumnya akan memperbolehkan kamu untuk bertanya. Ketika HRD mempersilakan dirimu untuk bertanya, manfaatkanlah kesempatan ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai posisi yang dilamar ataupun mengenai perusahaan. Contoh pertanyaan yang dapat kamu ajukan untuk HRD adalah apa ekspektasi perusahaan tersebut pada dirimu dan posisi yang kamu lamar? Atau kamu dapat menanyakan mengenai tahapan selanjutnya setelah proses interview ini selesai.

6. Persiapkan pakaian yang rapih dan sopan

Photo by Nimble Made on Unsplash

Photo by Nimble Made on Unsplash via https://unsplash.com

Satu hal yang tidak boleh terlewat sebelum kamu melakukan interview, nih! Memilih pakaian yang rapih dan sopan untuk interview adalah hal penting. Kamu pastinya tidak mau datang dengan pakaian yang kusut, bernoda, ataupun robek bukan? Karena itu kamu perlu mempersiapkan pakaian apa akan kamu kenakan. Selain itu, memakai pakaian yang sesuai juga dapat membentuk kesan dan penilaian pertama yang baik untuk HRD.

Ketika melakukan interview, kamu bisa memilih warna pakaian yang netral ataupun kalem, seperti coklat, putih, atau biru. Hindarilah pakaian yang terlalu santai dan terbuka, seperti kaos dan baju off-shoulder. Kalau seandaiannya dari perusahaan tersebut sudah menentukan dresscode seperti apa, maka kamu dapat mengikuti pakaian sesuai dresscode. Dan satu hal lagi, tampilah percaya diri dan buat kesan positif ketika melakukan interview.

7. Latihan Interview

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash via https://unsplash.com

Melatih dirimu seolah-olah kamu sedang melakukan interview adalah cara yang terbaik untuk menyempurnakan kepercayaan dirimu dan menghilangkan kecemasanmu. Kamu dapat berlatih sendiri dengan mencoba untuk menjawab pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh HRD atau kamu dapat meminta salah satu temanmu untuk membantumu dalam memperlancar jawabanmu ataupun pembawaanmu.  Setelah latihan interview, kamu dapat meminta temanmu untuk menilai dirimu dan memberikan saran agar kamu dapat menjadi lebih baik lagi.

8. Tepat Waktu

Photo by Luke Chesser on Unsplash

Photo by Luke Chesser on Unsplash via https://unsplash.com

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan interview yaitu jangan sampai kamu datang terlambat. Hal ini juga dapat mempengaruhi penilaian dan kesan pertama HRD kepadamu. Sebelum hari H Interview, ada baiknya jika kamu mencari informasi mengenai tempat yang akan kamu datangi, lalu mencari transportasi apa yang bisa dipakai hingga sampai tujuan. Dan yang terakhir adalah berangkat lebih awal jika kamu masih asing dengan wilayah yang ingin kamu datangi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE