Pertama Kalinya Naik Pesawat? 5 Hal Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Tips naik pesawat bagi pemula

Siapa nih yang masih newbie soal bepergian dengan pesawat? dalam melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, kita tentu harus pay attention atau menaruh perhatian pada ketentuan-ketentuan yang sudah ada. Bepergian dengan pesawat sebenarnya sangat gampang kalau kamu sudah terbiasa.

Omong-omong soal bepergian dengan pesawat, tentu saja sangat berbeda dengan moda darat seperti bus. Kamu bisa datang beberapa menit sebelum bus berangkat, bahkan bisa menyetopnya di pinggir jalan. Mudah, kan? Eitss! Jangan sampai kamu melakukan hal serupa ketika ingin bepergian dengan pesawat meskipun sudah membeli tiket karena kamu bisa saja tertinggal. Tentu saja kamu sama sekali tidak bisa menyetop pesawat di tengah jalan, haha!. Agar tidak salah kaprah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar tidak bingung dan linglung ketika pertama kalinya bepergian dengan pesawat.

Advertisement

1. Pastikan barang bawaan tidak melebihi batas timbangan

Troli barang/Photo by veerasak Piyawatanakul

Troli barang/Photo by veerasak Piyawatanakul via https://www.pexels.com

Bawa barang seperlunya saja. Pastikan kamu membawa barang-barang penting dan krusial. Setiap maskapai biasanya menentukan berat maksimal bagasi per orang. Barang bawaan dibagi menjadi dua tipe: bagasi dan kabin. Umumnya, bagasi per orang adalah 20 kg. Tipe barang ini akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Untuk kabin biasanya maksimal 7 kg. Tipe barang ini bisa kamu bawa ke kursi penumpang atau meletakkannya di kabin atas yang sudah disediakan.

Untuk tipe barang bagasi, pastikan tidak melebihi batas timbangan. Karena kalau lebih, kamu diharuskan mengurangi isi koper kamu saat itu juga. Jadi, kamu harus benar-benar membawa barang seperlunya saja. Kamu bisa saja tetap membawa barang yang kelebihan timbangan tersebut dengan catatan harus membayar dengan jumlah yang ditentukan oleh maskapai.

Advertisement

2. Benda-benda penting seperti elektronik jangan sampai masuk bagasi

Electronic/Photo by Jessica Lewis Creative

Electronic/Photo by Jessica Lewis Creative via https://www.pexels.com

Jangan menaruh benda-benda tidak tahan banting ke dalam bagasi. Ini berbahaya sebab dapat merusak barang kamu. Petugas akan menanyakan apakah kamu memasukkan benda-benda tidak tahan banting seperti elektronik dan mengingatkan kamu agar segera memisahkannya.

Daripada repot-repot memindahkannya di bandara, lebih baik kamu pisahkan sejak dari rumah. Benda-benda seperti laptop, smartphone, dan oleh-oleh ada baiknya kamu bawa ke kursi penumpang atau simpan di kabin agar terhindar dari kerusakan.

3. Kartu Identitas, Jangan Sampai Lupa!

Passport/Photo by Porapak Apichodilok

Passport/Photo by Porapak Apichodilok via https://www.pexels.com

Kartu Identitas sangat penting untuk dibawa kemanapun kamu pergi, terutama ketika bepergian dengan pesawat. Hampir dalam setiap tahap sebelum keberangkaatan kamu akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas. Setelah melakukan check-in mandiri dan pendaftaran bagasi, petugas perlu memeriksa kartu identitas untuk memastikan bahwa itu adalah kartu identitas kamu.

Advertisement

4. Waktu ideal tiba di bandara

Airport/Photo by Anna Shvets

Airport/Photo by Anna Shvets via https://www.pexels.com

Waktu ideal untuk tiba di bandara adalah dua jam sebelum keberangkatan. Waktu dua jam itu bisa kamu gunakan untuk check-in, pendaftaran bagasi, dan menunggu di gate yang telah ditentukan. Jangan sampai kamu datang ke bandara ketika bagasi pesawat sudah ditutup dan kamu terpaksa membawa barang bawaan kamu yang beratnya lebih dari 7 kg ke kursi penumpang.

Kamu akan diminta untuk membayar dengan jumlah harga yang ditentukan. Waktu ideal ini juga sudah disesuaikan dengan kemungkinan pemajuan jadwal keberangkatan. So, kamu benar-benar harus memperhatikan waktu.

 

5. Stay tune dengan panggilan atau SMS dari nomor baru atau tidak dikenal

Phone/Photo by Oleg Magni

Phone/Photo by Oleg Magni via https://www.pexels.com

Stay tune dengan panggilan atau SMS dari nomor yang tidak terdaftar di kontak kamu beberapa hari sebelum keberangkatan. Karena itu bisa saja petugas maskapai yang ingin memberitahu kamu soal pemajuan atau pemunduran jadwal keberangkatan.

Maskapai biasanya akan memberitahu kamu kebijakan terbaru melalui SMS atau panggilan telepon. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi dan malah membuat kamu tidak jadi berangkat karena ketinggalan pesawat. Tiket kamu hangus! Duh, sayang sekali.

Itu dia 5 hal yang perlu kalian perhatikan agar tidak bingung dalam persiapan atau proses keberangkatan dengan pesawat terbang. Persiapkan sebaik mungkin dan hindari membuat masalah agar keberangkatanmu lancar tanpa kendala.

Budayakan bertanya atau mencari informasi terlebih dahulu ketika akan melakukan sesuatu yang baru agar kamu tidak salah kaprah dan kebingungan. Tetap jaga jarak, jaga kesehatan, dan semoga perjalananmu menyenangkan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi Ilmu Sejarah UNY

CLOSE