Pertimbangkan 7 Hal ini Sebelum Melamar Pekerjaan!

Jangan asal lamar pekerjaan, pertimbangkan juga hal ini ya

Bekerja di sebuah perusahaan impian yang kamu idamkan merupakan suatu pencapaian yang dapat kamu banggakan. Namun, sebelum itu, pernahkah terpikirkan olehmu kalau perusahaan impianmu itu cocok dengan dirimu? Dari segi cara bekerja maupun sistem yang dimiliki oleh perusahaan.

Sebelum mengirimkan CV-mu ke berbagai perusahaan, kamu perlu untuk memipertimbangkan beberapa hal selain kualifikasi diri, lho! Dengan memanfaatkan waktu untuk mempertimbangkan hal tersebut dapat menentukan apakah kamu benar-benar cocok dengan pekerjaan itu. Karena ini dapat berpengaruh pada karirmu di masa depan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum melamar pekerjaan:

Advertisement

1. Jarak antara rumah dan kantor

Photo by Bram Naus from Unsplash

Photo by Bram Naus from Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan untuk sebuah pekerjaan adalah jarak. Kamu perlu mempertimbangkan seberapa banyak pengeluaran yang kamu butuhkan untuk sampai ke tempat kerjamu nanti dan seberapa lama perjalanan tersebut memakan waktumu. Hal ini penting karena bagaimanapun jika jaraknya terlalu jauh dari rumahmu, kamu perlu untuk berpindah tempat dan hal tersebut membutuhkan persiapan yang besar. 

Namun jika kamu ingin tetap tinggal di rumahmu, kamu harus memperkirakan jarak yang sesuai agar tidak mengganggu waktu istirahatmu nanti.

Advertisement

2. Jangka waktu

Photo by bruce mars from Unsplash

Photo by bruce mars from Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum menaruh CV-mu pada sebuah perusahaan, pikirkanlah kembali apakah pekerjaan ini sesuai dengan tujuan karirmu dalam jangka panjang. Contohnya jika kamu ingin bekerja sebagai penulis, kamu dapat melamar ke perusahaan penerbitan buku dibandingkan kamu mengambil pekerjaan di luar industri tersebut. Karena jika kamu mencari peluang di luar industri yang kamu inginkan, kamu akan kesulitan untuk mencapai tujuan karirmu.

Mencari pekerjaan sesuai yang diharapkan memang bukanlah hal yang mudah, karena itu carilah peluang sebanyak-banyaknya dan tidak apa-apa untuk mengambil pekerjaan lain sebelum kamu dapat mencapai ke tujuan karirmu.

3. Company culture

Advertisement
Photo by Campaign Creators from Unsplash

Photo by Campaign Creators from Unsplash via https://unsplash.com

Budaya perusahaan merupakan faktor penting untuk menentukan apakah kamu dapat bertahan di perusahaan yang kamu lamar. Dari budaya sebuah perusahaan, kamu akan dapat mengenali seperti apa lingkungan kerja yang akan kamu jalani setiap harinya.

Untuk mencari informasi mengenai budaya perusahaan, kamu dapat melihatnya pada situs perusahaan tersebut, biasanya mereka akan mencantumkannya pada halaman About Us. Jika kamu sudah mengidentifikasi nilai dan etos kerja sebuah perusahaan, maka kamu dapat membandingkan dengan nilai yang kamu pegang.

4. Jenjang karir

Photo by Hunters Race from Unsplash

Photo by Hunters Race from Unsplash via https://unsplash.com

Ketika mengejar karir, jenjang karir merupakan hal yang penting sebagai salah satu hasil dari perkembangan dirimu selama di perusahaan. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan sebuah posisi dalam perusahaan tersebut apakah bisa meningkatkan karirmu atau tidak. Jenjang karir dapat juga kamu lihat pada situs perusahaan ataupun bertanya langsung pada saat proses wawancara. Kamu juga dapat mencoba untuk melihat profil LinkedIn karyawan dari perusahaan tersebut.

5. Pengembangan diri

Photo by Mars from Unsplash

Photo by Mars from Unsplash via https://unsplash.com

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan kursus online untuk karyawannya agar mereka dapat lebih berkembang dan menjadi lebih termotivasi untuk menjadi ahli di bidangnya. Sebelum kamu melamar, kamu dapat melihat benefit apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut untukmu. Biasanya perusahaan akan mencantumkannya bersamaan dengan iklan lowongan yang mereka sebarkan ataupun di dalam situs perusahan.

6. Isi CV

Photo by Bram Naus from Unsplash

Photo by Bram Naus from Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum kamu melamar sebuah perusahaan, pastikan kamu telah membaca kualifikasi yang dicari oleh perusahaan tersebut dan telah mencocokannya pada kemampuanmu, latar belakang pendidikan, dan juga pengalaman yang telah kamu cantumkan di CV. Jangan sampai kemampuan yang kamu tawarkan, tidak ada dalam daftar yang mereka cari. Jika kamu memiliki lebih banyak kemampuan yang kurang dicari, sebaiknya kamu mencari posisi lainnya.

7. Gaji

Photo by Alexander Mils from Unsplash

Photo by Alexander Mils from Unsplash via https://unsplash.com

Hal yang tidak boleh terlupakan sebelum melamar pekerjaan adalah gaji. Kamu perlu membandingkan gajimu sebelumnya dengan gaji pada posisi yang ingin dilamar (apabila dicantumkan). Namun jika tidak dicantumkan, kamu dapat mencarinya di internet, beberapa platform memiliki data terkait dengan gaji rata-rata dalam posisi tertentu pada sebuah perusahaan.  Pastikan nilai gaji yang ditawarkan dapat memenuhi standar hidupmu, seperti makan, ongkos transportasi, menabung, dan lainnya.

Demikianlah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu melamar pekerjaan. Mencari pekerjaan bukan dilihat dari satu sisi saja, seperti besarnya perusahaan ataupun seberapa bagusnya fasilitas yang diberikan, namun kamu perlu mempertimbangkan hal lainnya. Sebelum melamar pekerjaan, pastikan kamu telah membuat CV yang professional di Kinzaa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE