Mungkin sebagian besar orang yang berwisata ke Inggris hanya mengunjungi kota London, dengan wisatanya yang sudah sangat terkenal dan mainstream. Seperti London Eye, Big Ben, dan Istana Buckingham. Padahal jika kalian mau sedkit pergi ke wilayah pedesaan Inggris, kalian akan menemukan tempat yang sangat cantik dan kaya akan sejarahnya. Salah satunya adalah Desa Bibury. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Sejarah Desa Bibury

Rumah Pemintal Wol

Rumah Pemintal Wol via https://pixabay.com

Desa Bibury, yang terletak di Gloucestrshire, provinsi South West England. Desa ini memiliki pemandangan indah khas Inggris dengan rumah pondok dan cottage batunya yang berasal dari abad ke17. Dulu Bibury adalah desa penghasil wol pada abad pertengahan. Bibury dan industri wolnya pun berjaya pada abad 17 yang ditandai dengan dibangunnya banyak cottage di desa ini pada masa itu. Namun sayang pada akhir abad 18, industri wol di Bibury menghilang sepenuhnya dan diambil alih oleh industri penggilingan jagung yang bertahan hingga tahun 1920an.

Meskipun industri wol di Bibury sudah tidak ada, tetapi kita masih bisa melihat bangunan-bangunan yang dulu dipakai hingga sekarang. Meskipun tentunya, sudah tak sama lagi fungsinya. Kebanyakan cottage-cottage batu di Bibury dimiliki dan dikelola oleh National Trust UK untuk menjaga kelestariannya, selain bangunannya, area terbuka atau lanskap Bibury juga masih alami dan tak banyak berubah karena termasuk area yang dilindungi.

Advertisement

Dan untuk tetap mempertahankan karakter tradisional desa ini, kesempatan pembuatan bangunan baru di Bibury juga sangat terbatas, dan kalaupun ada harus mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu mengikuti gaya arsitektur tradisional khas Bibury dan juga menggunakan material tradisional.

2. Wisata Bibury

Jika kita berwisata ke desa Bibury, kita akan dimanjakan dengan pemandangan deretan rumah batu, dan landscape alam nya yang menawan. beberapa objek wisata seperti Arlington Row, Bibury Court, Rack Isle, dan Bibury Trout Farm. Tapi yang paling terkenal adalah Arlington Row dan menjadi spot yang paling sering di foto di desa indah ini. Arlington Row juga sering muncul di acara Televisi dan juga film, dua di antaranya film Stardust dan Bridget Jones’s Diary.

Kalau kalian anak 90'n yang hobi membaca buku-buku "Lima Sekawan", kalian akan senang berada di desa ini. Karena kita akan mendapat gambaran nyata desa yang sering muncul di buku-buku "Lima Sekawan". Dengan bangunan, alam, dan masyarakatnya. Membuat kita ingin berpetualang menjelajahi seluruh desa.

3. Cara Ke Bibury

Pemandangan Desa

Pemandangan Desa via http://commons.wikimedia.org

Advertisement

Yang tertarik untuk data ke desa ini tidak perlu cemas, karena aksesnya lumyan mudah. Kita bisa mulai naik bus dari Victoria Coach, pilih armada bus National Express, harga tiketnya cukup murah, sekitar £20 – £30 . Pilih tujuan ke kota Cirencester, karena Cirencester adalah kota terdekat dari Bibury.

Jika hendak menginap di sini, ada banyak cottage-cottage kuno disewakan, merasakan kehidupan desa di Inggris jaman dulu, persis seperti yang digambarkan dibuku "Lima Sekawan" tersebut. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke desa Bibury Inggris adalah bulan Juni – Oktober, saat musim panas atau semi, di waktu ini cuaca tidak terlalu dingin, suasana hijau dimana-mana dan bunga warna-warni tumbuh di berbagai sudut desa

4. Makanan Khas Bibury

Bubble and Squeak

Bubble and Squeak via http://www.bbcgoodfood.com

Bicara soal wisata tidak lengkap rasanya kalau kita tidak mencicipi makanan khas Bibury, salah satunya adalah bubble and squeak. Makanan ini sangat cocok bagi kalian pecinta sayuran yang biasanya bahan yang terbuat dari daging di ganti dengan tofu. Makanan dari Inggris ini berbahan dasar daging beku, kentang dan kubis, tetapi wortel, kacang polong, kecambah brussels, dan sayuran lainnya juga sering ditambahkan. Sayuran dan daging dingin dicincang dan kemudian digoreng. Ditambah pula kentang tumbuk dan dicampur sampai matang.

Mungkin kalau di Indonesia sendiri makanan ini seperti bakwan atau dadar telur.

5. Penginapan

Penginapan Old Farm Cottage

Penginapan Old Farm Cottage via https://www.booking.com

Untuk kalian yang ingin menginap, tidak usah khawatir. karna di desa ini disediakan penginapan yang cukup nyaman, biasanya adalah rumah-rumah penduduk sekitar yang sewakan.

Salah satu penginapan yang bisa kita temui adalah Old Farm Cottage. Penginapan ini terletak di pusat desa, jadi tidak jauh jika kita ingin berjalan jalan. Dengan kamar yang bersih dan nyaman dan suasana yang seperti rumah sendiri membuat kita betah menginap di sana.

Untuk kalian sahabat Hipwee yang sudah tidak sabar untuk berlibur ke desa Bibury, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya, dari mempelajari peta wilayah Bibury, akses di sana dan juga yang paling penting adalah tiket peswatnya. Hehehe…

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yaaa, selamat berlibur…..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya