Ayo, Jelajahi Britania Raya

Britania Raya (Great Britain) adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Atlantik dan dekat dengan Laut Utara. Negara yang memiliki nama lengkap United Kingdom of Great Britain atau disingkat dengan United Kingdom (UK) ini pada dasarnya terdiri dari empat negara yang berada di dalam kedaulatan Britania Raya. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia. Jadi,sebenarnya Inggris hanyalah salah satu negara di dalam kedaulatan Britania Raya atau UK (United Kingdom) dengan London sebagai ibukotanya.

Negara dengan luas wilayah 243.610 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 64.430.428 jiwa ini mayoritas penduduknya adalah etnis kulit putih yaitu sekitar 87,2% dan beragama Kristen (59,5%). Britania Raya menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dan sejarah menyatakan bahwa Britania Raya merupakan Imperium terbesar di dunia dengan menguasai seperempat wilayah di muka bumi ini.

Kepala Negara Britania Raya di pimpin oleh seorang Ratu, yaitu Ratu Elizabeth II yang berkuasa sejak tahun 1952. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang dipilih oleh rakyatnya setiap lima tahun melalui pemilihan umum legislatif. Britania Raya juga menguasai beberapa industri penting dunia diantaranya adalah permesinan, peralatan listrik, perangkat elektronik dan komunikasi, industri otomotif, perkapalan, pesawat terbang, perminyakan dan pengolahan makanan.

Merek-merek Internasional yang terkenal seperti perusahaan perminyakan BP, perusahaan Otomotif Roll Royce dan perusahaan perbankan HSBC merupakan perusahaan-perusahaan dari Inggris yang juga bagian dari Britania Raya.

Jika suatu hari anda mengunjungi Britania Raya, jangan lupa mampir ke satu kotanya yang cukup menarik perhatian, yakni Edinburgh. Beberapa referensi yang saya baca, Edinburgh merupakan salah satu kota yang memikat. Ibu kota Skotlandia ini memang tidak sepopuler Glasgow, yang terkenal dengan klub sepakbola Glasgow Rangers. Namun ketika singgah di kota ini, kita disuguhkan dengan pemandangan indah berbagai macam bangunan peninggalan model Victorian seperti Edinburgh Castle yang berusia lebih dari 1 abad memancarkan energi dan pesona mitos.

Di bagian selatan Inggris adalah salah satu kota universitas paling terkenal di negara itu - Oxford. Tidak hanya rumah bagi Universitas Oxford dan 38 perguruan tinggi, yang tertua berusia di atas 700 tahun. Kota ini juga merupakan tempat yang semarak dengan nuansa universitas dan banyak acara yang sedang berlangsung.

Penduduk yang ramah, sering tersenyum dan selalu menyapa menambah kesan betah tinggal disini. Selain sopan santun dan tata krama yang masih terjaga, kesan lainnya tentang kota ini adalah teratur, rapi dan tidak ada yang berjualan sembarangan di pinggir jalan. Jarang sekali terdengar suara klakson dan kebisingan laiknya kota besar. Sungguh, kota ini sungguh peaceful.

Secara keseluruhan, masyarakat Britania Raya sangat toleran terhadap keyakinan seseorang. Di negeri ini, walaupun mayoritas beragama Kristen, namun populasi muslim cukup berkembang. Hal ini dapat terlihat dari adanya masjid besar yang mampu menampung ribuan jamaah. Selain itu, makanan halal juga semakin mudah didapatkan karena banyak restoran dan kafe yang menjual masakan khas seperti kari ayam atau kambing.

So, bagi kalian yang ingin menikmati liburan yang tak terlupakan, tak perlu ragu untuk datang ke UK as soon as possible. Sederet tempat wisata seperti Jam Raksasa Big Ben, Prior Park Landscape Garden, Royal Pavilion dan tentunya keindahan kota Edinburgh siap menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB.

1. Edinburgh Castle

sejarah kota edinburgh

sejarah kota edinburgh via http://darisejarah.blogspot.co.id

Edinburgh Castle adalah benteng bersejarah yang mendominasi cakrawala kota Edinburgh, Skotlandia, dari posisinya di Castle Rock. Arkeolog memperkirakan benteng ini didirikan sejak Zaman Besi (abad ke 2 Masehi), walaupun sifat permukiman awal tidak diketahui dengan pasti. Istana kerajaan didirikan di atas batu karang tersebut sejak setidaknya pemerintahan David I pada abad ke-12, dan terus menjadi tempat tinggal kerajaan sampai tahun 1633

2. Peta Negara Britania Raya dan Persebarannya

Peta Britania Raya dan persebarannya

3. Big Ben, London

BIG BEN LONDON

BIG BEN LONDON via https://www.interrail.eu

Advertisement

Big Ben adalah nama sebuah menara jam yang terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya.Secara resmi menara ini diberi nama Elizabeth Tower, bertepatan dengan pesta 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Big Ben selesai dibangun pada tahun 1858, dan pada tanggal 31 Mei 2009 menara ini tepat berusia 150 tahun.

4. Prior Park Landscape Garden, Bath

Prior Park Landscape Garden, terletak di selatan Bath, Somerset, Inggris, dirancang pada abad ke-18 oleh penyair Alexander Pope dan ia memiliki seorang tukang kebun yang ahli dalam lanscaping.

5. Royal Pavilion

the royal pavilion

the royal pavilion via https://www.interrail.eu

Royal Pavilion adalah istana eksotis di pusat kota Brighton dengan sejarah yang penuh warna. Dibangun sebagai istana tempat peristiahatan di tepi pantai untuk Raja George IV, rumah bersejarah ini menggabungkan keagungan sebuah kediaman dengan gaya visual India dan China.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya