Teruntuk kamu yang sudah menjalani hubunganmu dengan dia yang sudah bertahun-tahun lamanya, banyak hal yang sudah kamu lalui, dimulai dari fase kalian sebelum kenal, sampai berhadapan dengan titik jenuh dalam hubungan kalian. Lalu pernah sempat terfikir untuk mengakhiri hubungan yang telh di jalani bertahun-tahun karena sudah terlalu banyak hal yang di perdebatkan, kalau sudah seperti ini untuk apa masih di pertahankan?

Tunggu,

Sebelum kamu mantap dengan semua keputusanmu, sebaiknya kamu memikirkan beberapa hal ini.

1. Kamu & Dia sudah berjuang bersama

telah berjuang bersama

telah berjuang bersama via https://www.rd.com

Suatu hubungan bukan di jalani hanya dengan satu orang, tapi di jalani oleh kamu dan dia. Menjalani hubungan pacaran bertahun-tahun memang susah untuk di pertahankan, tapi semua itu tergantung bagaimana diri sendiri yang menjalani nya, bertengkar dalam hubungan suatu hal yang biasa. Kadang kamu suka terpikir untuk putus dari pasanganmu yang sudah di jalani bertahun-tahun, kamu berpikir kalau putus cara yang paling tepat untuk hubungan kalian.

Sebaiknya, kamu harus pikirkan lagi setelah kamu dan dia menjalani semua hal bersama. Dan ingat, kamu dan dia sudah berjuang bersama selama ini, meskipun akhir-akhir ini kamu dan dia sering sekali bertengkar karena masalah spele.

Advertisement

Banyak waktu yang telah kamu dan dia jalani bersama, kalian bisa saling menerima kekurangan, saling memaklumi, memotivasi, memberi semangat, menjaga, membantu. Coba kamu pikirkan lagi, rasa sayang yang telah di bangun dan dijalani selama bertahun-tahun akan kamu akhiri saja dengan kata putus?

2. Keluarga kalian sudah saling mengenal

keluarga kalian sudah saling kenal

keluarga kalian sudah saling kenal via https://o.aolcdn.com

Tentu senang, jika kamu sudah bisa mengenal dengan keluarganya. Untuk wanita, sangat senang jika bisa mengambil hati ibu pacarnya, apalagi bisa sampai dekat dan sampai ibu si pacar bilang

"neng kemana aja?"

Advertisement

"Sini main kerumah"

"Kangen neng"

Karena lamanya hubungan yang kalian jalani, membuat keluarga kamu dan keluarga dia saling kenal. Dan kalau harus hubungan di akhiri, memulai dengan yang baru apa kamu tidak keberetan untuk memulai semuanya dari awal lagi? Memulai berkenalan dengan orangtuanya, mencoba ramah dengan keluarga nya, kamu harus melalui fasa itu semua dari awal.

Kamu harus ingat, tidak semua orangtua pacarmu bisa di ambil hatinya, dan bisa ramah dengan cepatnya dengan dirimu, masih banyak diluar sana orangtua yang tidak setuju dengan hubungan pacaran kalian.

Kamu harus bersyukur, jika kamu sudah bisa kenal dekat dengan keluarga nya, karena kamu sudah di restui oleh orangtua pacarmu. Dan jangan sampai jika kamu dan dia putus setelah bertahun-tahun pacaran tanpa alasan yang jelas, orangtua dan keluarga pacarmu pasti bertanya-tanya kenapa.

3. kamu & dia sudah melalui berbagai hal

kamu dan dia sudah melalui banyak hal

kamu dan dia sudah melalui banyak hal via https://www.bolde.com

Bukan hanya seminggu, dua minggu atau sebulan dua bulan kamu menjalani hubungan dengan pacarmu. Kamu dan dia telah mengenal dan menghabiskan waktu bersama bertahun-tahun. Kamu sudah tau sifat dia, dan sebaliknya. Kalian sudah bisa saling menerima kekurangan, dan saling memaklumi satu sama lain. Hal yang kalian alami bersama bukan hanya sekedar pergi nge-date, nonton film, makan dan photobox saja.

Mulai dari kamu sedang mengalami masalah, dia sedang jenuh, kamu sedang susah, dia sedang senang, kalian melewati itu bersama. Kalian pernah saling menjaga, saling memberi solusi, mendengarkan, menemani.

Memangnya, kalau kamu akhiri hubungan ini kamu bisa mendapatkan orang yang jauh lebih baik yang bisa menerima dan menjalani semua itu bersama? dari awal?

4. Bayangkan jika memang benar tidak ada dia di hidupmu lagi

jika tidak ada dia dihidupmu

jika tidak ada dia dihidupmu via http://cdn-img.health.com

Bertengkar setiap hari, jangan dulu di akhiri.

Jika benar putus, bayangkan hal apa yang terjadi? Mungkin hari-hari yang kamu jalani setelah itu tidak akan sama seperti sebelumnya pas dijalani dengan dia, mungkin awalnya kamu memang biasa saja tapi dengan bergantinya waktu kamu akan merasa kalau dia memang berharga di hidupmu.

Mungkin pundak yang biasanya ada saat kamu sedih dan sedang ada masalah tidak ada lagi setelah kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan itu, atau tidak ada lagi seseorang yang bisa mengubah badmood mu jadi moodboster.

Jangan pernah mengambil keputusan saat kamu emosi dan marah, mungkin itu bisa membuat dirimu menyesal setelahnya. Kamu harus bisa mengambil keputusan dan memang tahu kalau pasanganmu itu layak untuk dipertahankan atau tidak.

5. Bersyukur telah dipertemukan dengan dia

bersyukur telah di pertemukan

bersyukur telah di pertemukan via https://dq1eylutsoz4u.cloudfront.net

Selalu bersyukur karena telah di pertemukan dengan pasanganmu sekarang, jangan pernah membandingkan apa yang kalian sudah dapat dengan yang lain. Kurang atau lebih, dia yang selalu menemani dirimu selama ini. Sebelum kalian kenal, kamu pasti menganggumi kelebihan dari dirinya, tapi setelah kalian menjalani hubungan selama bertahun-tahun kamu harus mulai menerima segala kekurangannya dan saling melengkapi. Pasanganmu pun pasti melakukan sebaliknya kepadamu.

Tapi, kalau memang karena alasan yang sudah tidak bisa di toleransi kamu patut untuk mengakhiri hubunganmu, buatlah keputusan dengan baik dan dewasa untuk hubunganmu dengan si dia ya!

Advertisement