Pilihan Shade Make-Up Ini untuk Merayakan Keberagaman Kulitmu! Temukan yang Sesuai Denganmu!

Boys and girls, ingat ya, penggolongan ini bukan berarti kamu nggak bisa atau nggak boleh menggunakan warna lainnya. Hanya membantumu untuk menemukan rona terbaik dirimu. Kamu tetap cantik dengan caramu. Big smile!

Istilah flawless pasti sudah familiar di telinga dan umumnya sering kita dengar ketika sedang atau akan menggambarkan kulit wajah putih, mulus, sempurna, dan diimpikan oleh banyak orang. Namun, arti flawless lebih dari itu.

She wore Her flaws like wings. She looked flawless. -Az (Ali Zahid)

Kamu bisa tampil flawless dengan memahami kelebihan dan kekurangan wajahmu. Baik wanita maupun pria diciptakan dengan warna kulit (skintone) dan rona di bawah permukaan kulit (undertone) yang beragam. Tapi tahukah kamu? Warna kulit dan undertone itu beda banget.

Warna yang dapat kamu lihat secara jelas, seperti putih pucat, putih (beige), kekuningan, medium, hingga gelap, merupakan warna permukaan kulit. Sedangkan undertone adalah warna dasar kulitmu. Bisa saja warna kulitmu senada dengan orang lain, namun undertone kulit belum tentu sama. Undertone juga nggak bakal berubah meskipun warna permukaan kulitmu berubah setelah liburan berjemur di pantai.

Oleh karena beragamnya kulit cantik kita, mari rangkul dan rayakan semua serta definisikan kembali apa arti sempurna itu dengan versi masing-masing! Yuk kupas lebih dalam tentang undertone dan pilihan warna atau shade make-up yang tepat untuk tiap jenisnya!

Advertisement

1. Tentang undertone, yang tidak terlihat dipermukaan, tetapi memengaruhi dari dalam.

Screen shot from: Youtube Channel of Haley Kim

Screen shot from: Youtube Channel of Haley Kim via https://www.youtube.com

Seperti yang sudah disebutkan di awal, warna permukaan kulit dan undertone itu nggak sama. Secara garis besar, terdapat tiga undertone yang dikenal luas, yaitu cool, warm, dan neutral. Namun, ada juga undertone yang disebut olive. Baru pertama kali dengar, ya?

Penting untuk dicatat bahwa seseorang yang memiliki warna permukaan kulit yang terang nggak melulu termasuk cool undertone. Seseorang yang memiliki permukaan kulit yang gelap juga nggak melulu termasuk warm undertone. Oleh sebab inilah terkadang sulit bagi kita untuk mencocokkan warna atau shade makeup dengan kulit –biasanya nggak menyatu dengan rona yang berada tepat di bawah permukaan kulit kita.

Advertisement

2. Bersambung dari atas, lanjut bahas cool undertone yuk!

Photo by Monstera from Pexels

Photo by Monstera from Pexels via https://www.pexels.com

Biasanya, kamu yang punya undertone ini, rona permukaan kulitnya sedikit pink atau merah. Kamu bakalan cocok dengan warna-warna seperti biru, biru-hijau, ungu, atau pink.

Untuk pilihan lipstik, kamu cocok dengan cool-toned yang memiliki warna dasar biru dan ungu. Untuk itu, carilah lipstik dengan rona biru seperti plum, blue-red, sheerberry, roseberry, atau magenta. Kamu yang suka nuansa (shade) coklat, bisa mencoba warna nude yang ringan.

Advertisement

Dari laman C&F Store, kamu yang ingin membeli foundation disarankan untuk memilih produk yang memiliki awalan nama shade porcelain, rose, sable, dan cool. Atau, shade pink, ivory, dan bronze.

Hindari foundation yang berwarna kekuningan. Warna ini cenderung membuat warna kulit yang dingin (cool) terlihat lebih pucat. Foundation cool undertone bakalan tampak sedikit berwarna pink di dalam botol. Beberapa produk foundation juga sudah mempunyai kode huruf dan angka tertera. Untuk kamu dengan undertone ini, cari kode dengan huruf C, ya!

3. Udah dingin ngebahas cool undertone? Lanjut ke undertone yang warm dong!

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Nah, biasanya warna kulit orang Indonesia memiliki undertone ini. Kamu dengan warm undertone memiliki rona kulit yang peach ke kuning dan keemasan. Kamu juga akan cocok dengan warna-warna serumpunnya.

Lipstik di bibirmu bakal cantik to the fullest kalau kamu memilih warna-warna seperti samon, peachy, nude orange, oranye kemerahan, dan warna lain dengan hint oranye dan cokelat hangat.

Untuk foundation, kulitmu cocok dengan shade yang memiliki warna emas atau kekuningan. Contohnya, shade honey, golden, tan, beige, dan caramel. Produk foundation juga biasanya mencantumkan awalan warm di depannya. Seperti warm honey, warm ivory dan sebagainya. Hati-hati salah warna ya, bisa-bisa kulitmu malah terlihat pink atau merah. Untuk produk yang sudah memiliki kode, pilih yang ada kode huruf W-nya, ya!

4. Si netral, neutral undertone juga mau dibahas.

Photo by Monstera from Pexels

Photo by Monstera from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk kamu si neutral undertone, jangkauan warna yang dapat dipilih cukup luas. Baik warna terang maupun gelap.

Orang dengan nada ini cenderung terlihat lebih baik dengan foundation yang nggak terlalu kuning ataupun pink. Sebagai gantinya, cari kombinasi keduanya.

Laman Female Daily memberi tips buat kamu yang memiliki kulit terang untuk memilih warna seperti caramel. Sedangkan untuk yang berkulit gelap, cobalah warna seperti espresso. Kamu juga bisa mencoba shade buff beige, natural buff, nude, atau praline. Pilihlah shade yang nggak bakal membuat kulitmu terlihat keputihan, ashy, pink, atau kekuningan.

5. Yang paling bikin penasaran, ladies and gentlemen, sambutlah pembahasan olive undertone!

Screen shot from: Youtube Channel of DAS 다스

Screen shot from: Youtube Channel of DAS 다스 via https://www.youtube.com

Jika kamu menyadari seri hijau atau abu-abu pada kulitmu, bisa saja tipemu adalah olive. Tipe ini nggak seumum ketiga undertone yang lain, tetapi lebih kepada kombinasi nada. Olive undertone memiliki nada warm dan cool bersama dengan hijau. Kalau kata Healthline, kamu bisa menemukan kulitmu cocok dengan beberapa warna tertentu dari ketiga undertone yang lain. Itulah mengapa rona kulit ini unik. Namun, warna-warna ‘earthy’ dan emas akan sangat cocok untukmu.

Sementara, laman Stylecraze menyarankan pilihan warna lipstik yang dapat mempercantik kulitmu. Rona coral dan shades pink, seperti di antaranya pink kemerahan, warm peach, burnt orange, dan deep plum bakal membuatmu terlihat glowing bling bling! Namun, sama seperti neutral undertone, kamu bisa cocok dengan warna apapun di sini.

Selanjutnya, mencari foundation untuk undertone ini bisa jadi sulit. Foundation umumnya akan terlihat terlalu kuning, terlalu pink, atau terlalu oranye pada kulitmu. JD Institute of Fashion Technology punya solusinya untukmu. Mereka bilang, akan lebih baik jika kamu membandingkannya dengan shade rona yang lain sebelum membeli. Foundation dengan nuansa olive cenderung tampak lebih keabu-abuan atau kehijauan dibandingkan dengan warna lain dengan ‘depth’ yang sama

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang anak perempuan pertama, kakak dari seorang adik. Seorang Third Culture Kid (Anak Budaya Ketiga) yang lahir, tumbuh, dan berkembang jauh dari pelukan Ibu Pertiwi. Akar multikultural yang aku genggam terhubung ke dalam setiap penceritaanku, baik yang melalui verbal, tulisan, atau lensa kamera.

CLOSE