Jika kamu selama ini hanya mengetahui bahwa jerawat disebabkan oleh kebiasaan makan kacang atau begadang, maka pengetahuanmu tersebut perlu diupgrade. Dunia kesehatan menemukan bahwa munculnya jerawat di wajah disebabkan oleh hewan mikroskopis bernama bakteri. Nama spesiesnya adalah Propionibacterium Acnes. Fakta apa saja yang perlu kamu tahu tentang bakteri tersebut? Yuk kita cari tau!

1. Bakteri apa yang menyebabkan jerawat?

Propionibacterium Acnes

Propionibacterium Acnes via https://www.youtube.com

Propionibacterium Acnes adalah mikroba kecil yang hidup pada area pori-pori kulit yang berminyak. Bakteri tersebut menyerang sistem imunitas yang menyebabkan munculnya kulit kemerahan, bengkak kecil yang membentuk jerawat di kulit.

2. Apa ciri munculnya bakteri Propionibacterium Acnes?

Tahapan munculnya jerawat

Tahapan munculnya jerawat via http://www.mycanadianpharmacyrx.com

Sebenarnya, gejala awal sebagai ciri-ciri munculnya Propionibacterium Acnes agak susah dikenali. Beberapa gangguan seperti meningkatnya tekanan intrakranial yang dicirikan dengan sakit kepala, mual, muntah, lesu, dan atau perubahan status mental bisa terjadi akibat bakteri ini.

3. Apakah jerawat karena bakteri Propionibacterium Acnes bisa menular? Dan bagaimana menanganinya?

Jerawat tidak menular

Jerawat tidak menular via http://iahealth.net

Advertisement

Jawabannya adalah tidak. Jerawat tidak menular. Meskipun jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes, namun jerawat tidak menyebar seperti infeksi oleh bakteri lainnya, seperti bakteri Vibrio Cholerae. Fakta yang pelu anda tahu adalah hampir setiap orang memiliki bakteri Propionibacterium Acnes di kulit mereka, tetapi kombinasi dengan faktor lain menyebabkan terbentuknya jerawat.

4. Bagaimana menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium Acnes?

Rawat jerawat

Rawat jerawat via https://adevnatural.com

Untuk mencegah munculnya bekas jerawat, jangan pernah menjepit dan memencet jerawat. Lakukan perawatan pada area kulit berjerawat secara rutin, seperti membersihkan kulit dengan kain pembersih lembut, air hangat dan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Lakukan setidaknya dua kali sehari. Hanya gunakan produk kulit perawatan yang bebas minyak (oil free).

5. Jenis antibiotik apa yang tepat untuk bakteri Propionibacterium Acnes?

Antibiotik biasa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes. Acne Vulgaris merupakan penyakit yang paling sering dikaitkan dengan infeksi yang disebabkan oleh Propionibacterium Acnes. Beberapa jenis antibiotik yang digunakan untuk mengobati Acne Vulgaris adalah: eritromisin, klindamisin, doksisiklin, dan minocycline.

Advertisement

Gimana? Udah tau kan sekarang bakteri yang menyebabkan jerawat di wajah kalian. Mulai sekarang, yuk terapkan hidup bersih dan sehat, agar jerawat nggak datang lagi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya