Prospek Bisnis Sampingan untuk Kamu yang Hobi Banget Baca Buku!

Kamu yang kutu buku bisa menghasilkan cuan nih~

Kamu kutu buku atau sekedar hobi baca buku? kalau iya, jangan sekedar ngumpulin buku, yuk coba mulai kumpulin cuan dari hobimu. Cek 5 caranya disini ya!

Advertisement

1. Perangkum buku

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels via https://www.pexels.com

Ngerangkum buku doang dibayar? Ah masa iya?

Iya! Klien kamu adalah orang-orang super sibuk yang jarang punya waktu untuk baca buku tapi perlu baca buku untuk meningkatkan skill seperti CEO perusahaan. Orang-orang ini, yang waktunya nggak banyak buat baca buku bakal rela bayar mahal untuk orang-orang yang mampu meringkas buku menjadi bacaan yang bisa mereka baca secara cepat tanpa menghilangkan poin pentingnya. 

Advertisement

Banyak asisten menteri yang kerjanya merangkumkan buku untuk mereka, atau meng-highlight poin-poin penting pada berita untuk mereka baca agar mereka tetap update dan tidak ketinggalan info dengan segudang aktivitas mereka! Apalagi buat kamu yang jago bahasa asing, kamu bisa menjadi perangkum buku berbahasa asing!

Kalau kamu dikenal sebagai orang yang suka membaca buku ataupun merekomendasikan buku, orang pasti akan mencarimu ketika membutuhkan skill seperti ini. 

2. Book Reviewer

Advertisement
Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels

Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels via https://www.pexels.com

Sedikit beda dengan pembuat summary dari buku, book reviewer mengulas kelebihan dan kekurangan suatu buku beserta sinopsis singkat. Biasanya penulis buku akan meminta book reviewer untuk membantunya memasarkan bukunya. Kamu bisa memulai mereview buku kesayanganmu di platform seperti instagram ataupun youtube untuk membangun nama.

Saya sendiri pernah mendapatkan buku gratis untuk minta tolong dibuatkan review. Yah tidak sampai menghasilkan cuan sih tapi setidaknya saya tidak perlu membayar untuk mendapatkan buku kan?

Selain menjadi marketer untuk penulis, book reviewer juga bisa lho menghasilkan cuan dengan merangkumkan buku ataupun mendapatkan adsense jika kamu membuat konten di Youtube! Kunci nya tentu saja konsisten agar nama kamu dikenal 🙂

3. Penulis

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu yang suka buku, biasanya akan suka menulis. Nah kamu bisa nih coba menjadi penulis, mulai dari ghost writer, menulis untuk cerita yang dibuat orang lain, content writer atau copy writer, menulis untuk memarketkan produk, dan sebagainya. Hasilnya lumayan lho, coba deh mulai kirimkan hasil tulisan kamu ke media! Kalau nggak di muat anggap saja latihan~

Kamu bisa juga mengirimkan ke Hipwee lho, memang kamu tidak akan mendapatkan cuan tetapi prospek kamu akan terbuka dengan banyaknya artikel dan share yang kamu terima nantinya. Cuan akan datang dengan sendirinya ketika tulisanmu sudah semakin mumpuni 🙂

4. Membuka layanan sewa atau jual beli buku bekas

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu yang memiliki banyak buku, daripada dianggurin mending disewakan aja! Lumayan menghasilkan cuan. Kalau bukumu masih bagus-bagus kamu bisa juga menjualnya kembali.

Apalagi buku bahasa Inggris yang harganya cukup mahal ya, kamu bisa menyewakannya ataupun menjualnya kembali. Kalau menyewakan pastikan kamu punya peraturan yang jelas mengenai waktu penyewaan dan tracking penyewaan agar buku yang kamu sewakan tetap kembali dengan keadaan baik.

5. Berjualan pernak-pernik dengan quote

Foto oleh Sam Lion dari Pexels

Foto oleh Sam Lion dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa lho meletakkan quote-quote favorit dari buku yang kamu baca menjadi pernak-pernik dan menjualnya, misalnya dalam bentuk pin, sticker, gantungan kunci ataupun bookmark yang lucu dan unik. Kamu tentu perlu font yang menarik juga untuk ini sehingga mungkin kamu bisa bekerja sama dengan design grafis. Tapi untuk desain yang simple seperti kata-kata quote kamu bisa kok membuatnya sendiri.

Tentu saja kamu perlu buku yang booming dan disukai banyak orang agar pernak-pernik yang kamu buat bisa menarik banyak orang. Bahkan mungkin kamu bisa merambah membuat mug ataupun kaos dengan quote yang akan menarik untuk bookworm membelinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE