Perawatan itu nggak perlu mahal-mahal. Kamu hanya perlu berfikir kreatif dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu girls 🙂

Memiliki wajah sehat dan terawat merupakan impian semua wanita. Semua itu tentu saja dapat kamu peroleh dengan melakukan perawatan yang teratur, salah satunya dengan rajin memakai skincare. Namun, menghabiskan uang dengan membeli skincare yang harganya kadang tidak ramah di kantong sungguh merupakan hal yang berat.

Apalagi jika kamu berstatus mahasiswa yang masih mengharapkan kiriman dari orang tua. Oleh karena itu, kamu harus memutar otak agar tetap dapat memiliki wajah yang sehat dan terawat tanpa harus menyusahkan orang tua.

Nah, salah satu solusinya yaitu memanfaatkan bahan-bahan yang selama ini ada di sekitar kamu. Mau tahu apa aja bahan-bahan murah meriah nan ramah di kantong ini? Cekidot girls!

1. Gula Pasir

Scrub Gula Pasir

Scrub Gula Pasir via https://gorontaloprov.go.id

Yup! Si manis satu ini selain sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman juga dapat digunakan sebagai scrub alami untuk bibir kering. Caranya kamu cukup mencampurkan gula pasir dan madu.

Advertisement

Setelah itu oleskan pada bibir lalu kemudian diamkan beberapa saat. Ketika sudah dirasa cukup, lakukan gerakan memijat di area bibir sampai kulit matinya terangkat. Cara ini cukup ampuh ketika bibir kamu pecah-pecah dan juga sangat bagus kamu terapkan sebelum memakai lipstik.


Oh ya, sedikit tips kalau mau mendapatkan sedikit warna pada bibir. Kamu bisa menambahkan Wardah Lip Balm yang varian Strawberry pada gula pasir dan madu tadi yah girls :)


2. Putih Telur

Masker Putih Telur

Masker Putih Telur via http://sajiansedap.grid.id

Mungkin di antara kamu tidak banyak yang mengetahui kalau telur dapat dijadikan masker wajah. Kandungan protein dan albuminnya yang tinggi ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah keriput. Selain itu juga dapat digunakan sebagai penghilang bekas jerawat.

Advertisement

Caranya juga gampang buat kamu coba kok, yaitu dengan memisahkan putih telur dari kuning telurnya. Abis itu, campurkan putih telur dengan jeruk nipis secukupnya kemudian aduk sampai merata. Setelah dirasa cukup, lalu oleskan pada wajah kamu dan diamkan sampai mengering.


Sambil menunggu masker kamu mengering, kamu bisa masak kuning telur yang tidak terpakai tadi girls. Lumayan buat ganjel perut kamu kalau lagi laper ;)


Setelah mengering jangan lupa basuh dengan air bersih yah..

3. Tomat

Bahan dapur satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu. Namun, tahukah kamu jika tomat mempunyai segudang manfaat jika diaplikasikan pada wajah? Beberapa diantaranya yaitu sebagai penangkal radikal bebas, membuat kulit lembab, dan mencerahkan kulit wajah. Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu menyiapkan satu buah tomat dan membelahnya menjadi dua bagian. Kemudian gosokan dengan gerakan melingkar keseluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit sampai kandungannya menyerap secara maksimal lalu basuh dengan air hingga bersih.


Selain buat jadi bahan sambel, tomat juga bisa bermanfaat buat wajah kamu girls..


4. Timun

Kamu pasti sudah tahu jika bahan yang satu ini bisa digunakan sebagai bahan skincare. Seringkali aktris dalam sinetron atau drama korea melakukan adegan di mana mereka memakai timun sebagai masker. Cara memakainya juga beragam, ada yang hanya memotong-motong kemudian langsung diaplikasikan ke wajah. Ada juga yang menghancurkannya terlebih dahulu sebelum kemudian dioleskan merata keseluruh wajah. Manfaat timun sendiri juga sangat banyak, di antaranya memutihkan, melembabkan dan mencerahkan wajah.


Abis ini, kamu bisa langsung praktekin maskeran pakai timun ala-ala drama korea :)


5. Teh

Ngeteh Cantik

Ngeteh Cantik via https://vulcanpost.com

Abis minum teh, kamu biasanya langsung buang ampasnya ga girls? kalau iya, mulai sekarang ada baiknya kamu simpan ampas tehnya deh girls.. karena ampas teh bisa kamu pakai lagi sebagai masker wajah. Ampas teh ternyata dapat mencerahkan wajah yang kusam dan mengatasi jerawat yang membandel. Kamu hanya perlu memakai ampasnya sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.


Defenisi dari 'ngeteh cantik' yang sesungguhnya :)


Selamat mencoba girls.. :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya