#RamadanSeruGetPlus-5 Cara Menghemat Pengeluaran Uang Kamu di Bulan Ramadhan

Kawal pengeluaranmu ya!

Ngerasa pengeluaran malah makin banyak di Ramadhan? Yup, enggak cuma kamu yang ngerasa begitu, hampir semuanya merasa pengeluaran di saat ramadhan justru bertambah. Apalagi buat kamu yang dirantau dan berniat untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran. 

Nah karena itu penting bagi kita untuk mengelola keuangan dan menghemat pengeluaran saat ramadhan. Simak tips berikut yuk~

Advertisement

1. Buat Jadwal Menu untuk Berbuka dan Sahur

Photo by Doyan Resep

Photo by Doyan Resep via https://doyanresep.com

Dengan jadwal yang teratur dan sudah direncanakan minimal seminggu ke depan, kalian bisa membeli bahan-bahan seminimal mungkin dan disesuaikan dengan jadwal menu harian kalian. Begitu juga dengan takjilnya, dengan adanya jadwal menu kalian tidak akan membuat terlalu banyak makanan atau membeli terlalu banyak takjil karena nafsu sesaat.

2. Alokasikan pengeluaran untuk kebutuhan primer terlebih dahulu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kalian perlu merencanakan dan membuat daftar pengeluaran, terutama untuk hal yang menurut kalian penting dan merupakan kebutuhan primer, misalnya uang untuk orang tua, sedekah, dan zakat. Dengan begitu kalian bisa mengetahui seberapa besar sisa uang yang kalian punya untuk hal sekunder seperti misalnya buka puasa di luar, jalan-jalan saat ramadhan, dan kebutuhan sekunder lainnya.

Advertisement

3. Membuat daftar belanja untuk Ramadhan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ini perlu lho kalian lakukan! Agar kalian tidak membeli barang yang tidak kalian butuhkan dan terhindar dari godaan untuk membelinya. Dengan membuat daftar barang apa saja yang kalian butuhkan kalian akan lebih terkontrol. Kalian juga bisa membelinya dalam satu toko agar bisa mendapatkan potongan harga.

4. Rajin cek ecommerce untuk melihat adanya promo

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tidak bisa dipungkiri di era pandemi ini belanja online menjadi primadona. Selain meminimalisir kontak, belanja online juga memberikan banyak keuntungan lainnya seperti promo-promo di hari spesial, voucher diskon ataupun voucher gratis ongkir. Kalian bisa menghemat sedikit cuan dari promo dan voucher yang mereka berikan!

5. Manfaatkan aplikasi yang memberikan reward setiap transaksi seperti GetPlus!

Advertisement
Photo by Mygetplus

Photo by Mygetplus via http://mygetplus.id

Salah satu inovasi ecommerce adalah memberikan kalian poin setiap selesai transaksi, atau beberapa menyebutnya sebagai cashback. Dengan menggunakan poin tersebut, kamu bisa mendapat potongan dari jumlah poin yang kamu miliki saat berbelanja kembali! Dengan begitu kamu jadi lebih untung kan?

Selain itu beberapa aplikasi ecommerce memberikan promo untuk pengguna baru, dan kalian juga bisa mendapatkan poin ketika mengundang teman untuk bergabung! Itu semua ada di GetPlus! Jadi tunggu apalagi, yuk instal GetPlus, jelajahi aplikasinya dan berbelanja hemat di bulan Ramadhan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Everyone is fighting their own battle so be nice

CLOSE