#RamadanSeruGetPlus-Bulan Puasa Bikin Kantong Kering? Simak 5 Tips Berikut!

Tips Anti Kantong Kering Saat Bulan Puasa

Bulan ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim. Bulan yang menjadi bulan suci dan penuh keberkahan ini tak jarang membuat dompet kamu semakin menipis. Hal ini disebabkan oleh pengeluaran yang terus meningkat tanpa kamu sadari.

Nah, pasti kamu nggak mau dong mengalami kantong kering disaat Hari Raya? Maka dari itu kamu perlu meningkatkan kesadaran untuk menjaga ketat keuangan kamu. Sebenarnya apa aja sih pengeluaran yang membuat kamu boros dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

Advertisement

1. Terlalu Sering Buka Puasa Bersama

Photo by Kawaii Beauty Japan

Photo by Kawaii Beauty Japan via https://kawaiibeautyjapan.com

Bulan puasa sering dimanfaatkan sebagai momen berkumpul atau reuni bersama. Memang wajar halnya berkumpul setelah sekian lama tidak bertemu. Tetapi apakah kamu pernah terpikirkan jika kamu mengiyakan semua ajakan buka puasa bersama hampir setiap hari? Tentu hal ini menjadi penyebab utama pengeluaran lebih boros. Bayangkan saja kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk berbuka bersama padahal kamu bisa lebih hemat dengan berbuka di rumah.

2. Lapar Mata Jajan Takjil

Photo by Wikipedia

Photo by Wikipedia via https://id.wikipedia.org

Menunggu waktu berbuka puasa paling enak ngabuburit sambil melihat makanan di sepinggir jalan. Pada saat bulan Ramadan biasanya banyak sekali takjil untuk berbuka puasa mulai dari gorengan, kolak pisang, dan juga minuman-minuman segar lainnya.

Advertisement

Nah, sering kali kita lapar mata menginginkan semua jajanan takjil tersebut tapi nyatanya yang dimakan hanya lah sedikit. Jika kebiasaan ini terus berulang jangan heran deh kalau uang kamu semakin menipis.

3. Membeli Kue Lebaran

Photo by Tokopedia

Photo by Tokopedia via https://www.tokopedia.com

Kue lebaran memang menjadi tradisi saat bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Tapi sebenernya kamu sadar gak sih membeli kue lebaran itu merupakan suatu pemborosan? Mulai dari harganya yang cukup menguras kantong dengan porsi yang juga cukup sedikit.

Bayangkan jika biasanya harga kue lebaran Rp. 100.000 kamu sudah bisa mendapatkan beras untuk kamu makan satu bulan tuh! Apalagi kebanyakan orang tidak cukup hanya memiliki satu jenis kue lebaran. Akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah, bahkan kamu juga bisa menjualnya ke tetangga, kerabat, atau teman-teman kamu untuk mendapatkan uang tambahan!

4. Bagi-bagi Hampers dan THR

Photo by I Love Life

Photo by I Love Life via https://ilovelife.co.id

Selain dengan tradisi kue lebaran, hari raya Idul Fitri juga dikenal dengan tradisi bagi-bagi hampers dan THR. Biasanya seseorang akan memberikan hampers kepada orang terdekatnya sebagai bentuk hadiah lebaran. Tetapi harga dari hampers biasanya tergolong cukup mahal. Jika kamu mau lebih hemat, kamu bisa membuat hampers buatan kamu sendiri. Kamu hanya perlu menyiapkan barang-barang yang kamu ingin jadikan hadiah lalu dikemas di satu kotak yang sama. Hampers buatan sendiri ini sangat ramah di kantong dan hasilnya menyesuaikan sesuai dengan keingingan kamu juga lho!

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan biasanya kamu akan menjadi pemberi THR ke saudara atau orang-orang yang lebih muda dari mu. Jika sudah begini kamu gak perlu sedih uang kamu akan langsung habis sesaat, kamu bisa mencatat daftar nama orang yang akan kamu berikan THR dan menghitung budget yang akan kamu keluarkan. Dengan begini pengeluaran untuk THR kamu menjadi lebih efektif deh!

5. Belanja Berlebihan

Photo by Okezone

Photo by Okezone via https://economy.okezone.com

Hayoo, siapa sih yang nggak suka belanja? Apalagi saat Idul Fitri banyak orang yang menginginkan pakaian serba baru. Mindset seperti ini yang membuat pengeluaran kamu membengkak. Padahal sebenernya jika kamu pikir ulang dan mengulik kembali lemari kamu masih banyak lho baju, celana, sepatu yang masih bagus dan bahkan belum sempat kamu pakai. Nah, sebelum berbelanja sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu apakah kamu memang membutuhkan barang tersebut atau kamu hanya ingin semata.

Tapi bagi kamu yang lagi butuh banget buat beli baju, sepatu, celana ataupun keperluan lainnya sekarang ada aplikasi GetPlus dengan berbagai macam diskon dan rewards lho! Hanya dengan menjadi member GetPlus dan memasukkan kode referral “GETPLUSHIPWEE” kamu bisa menikmati bonus sebesar 30.000 poin. (Promo khusus untuk 5000 member pertama yang berlaku pada 17 April – 1 Mei 2021). Kalau ada GetPlus kamu nggak perlu deh takut kantong kering lagi buat belanja di saat bulan Ramadan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE